Jepang Menciptakan Hard Disk dan Flash Drive Lapis Emas Untuk Menyimpan Data Pentingmu

February 17, 2016 14:43
Jepang Menciptakan Hard Disk dan Flash Drive Lapis Emas Untuk Menyimpan Data Pentingmu

Di era modern ini, sudah banyak sekali perubahan terjadi dalam metode penyimpanan data. Kalau kamu sudah setua saya mungkin masih ingat dengan floppy drive, disket, CD, DVD, dan bila kamu tipe yang mengikuti perkembangan zaman maka kini kamu menyimpan data di micro SDflash drive, atau layanan cloud. Yang paling terkenal dan banyak digunakan tentu Hard Disk Portable dan Flash Drive atau yang biasa kalian sebut dengan USB drive, dan Jepang baru saja membuat mungkin HDD dan flash drive paling nyentrik sedunia.

I-O DATA adalah sebuah perusahaan aksesoris digital yang berbasis di kota Kanazawa dan baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka baru saja merilis 2 produk yang sangat unik untuk merayakan ulang tahun ke 40-nya. Sebuah HDD eksternal dan flash drive lapis emas!

JOI - HDD dan FD lapis emas (2)

Menggabungkan komoditas utama Kanazawa, lembaran emas yang mensuplai lebih dari 98% lembaran emas di Jepang, I-O DATA mencoba menginkorporasikan lembaran emas tersebut ke dalam produknya. Menjadikannya jauh lebih elegan dan memang terasa sangat spesial bila dibandingkan dengan flash drive atau HDD eksternal biasa. Mereka bekerja sama dengan Katani Sangyo, perusahaan lokal yang bergerak di bidang produksi lembaran emas tersebut.

HDD eksternalnya memiliki kapasitas sampai 1 TB data walaupun dengan ukuran yang cukup ringkas, mungkin sekitar 2,5″. Kamu tidak membutuhkan power supply untuk menggunakannya, dan dia memiliki fasilitas USB 3.0 sembari tetap kompatibel dengan USB 2.0. Lampu LED akan menyala biru bila kamu hubungkan dengan port USB 3.0 dan menyala hijau bila kamu hubungkan dengan port USB 2.0.

JOI - HDD dan FD lapis emas (4) JOI - HDD dan FD lapis emas (3)

Saya berharap flash drive-nya dapat memuat lebih banyak lagi data, namun sayang mereka hanya bisa memuat sampai 8 GB data saja. Namun mereka memiliki 2 konektor USB, 1 USB 3.0 untuk menghubungkannya kepada komputer atau laptop, dan 1 konektor USB on-the-go untuk menghubungkannya ke mobile device seperti smartphone.

JOI - HDD dan FD lapis emas (5) JOI - HDD dan FD lapis emas (6)

Lembaran emas dari setiap produk dikerjakan dengan tangan oleh para pengrajin di Kanazawa sehingga kamu tidak perlu meragukan kualitasnya. Masing-masing produk akan dibuat sebanyak 1,000 buah saja dan dapat kamu beli di ioPLAZA, toko online milik I-O DATA. HDD eksternalnya akan diberi harga 13,824 JPY dan flash drive-nya akan diberi harga 5,400 JPY. Sayangnya toko tersebut tidak menjual produknya ke luar Jepang jadi kamu harus terbang ke sana untuk mendapatkannya.

Walaupun rasanya agak sayang mengeluarkan uang lebih dari 500,000 IDR untuk sesuatu yang ujung-ujungnya akan hilang ditelan bumi.

sumber: Rocketnews
*Kamu dapat melihat proses pelapisan emas produk ini di link sumber.

Sorry. No data so far.