Banyak Orang Jepang Kini Memulai Pekerjaannya Sebelum Jam 8 Pagi

February 19, 2016 7:33 pm
Banyak Orang Jepang Kini Memulai Pekerjaannya Sebelum Jam 8 Pagi

Apakah kamu termasuk orang yang suka bangun pagi, atau kamu termasuk kalong yang tidak bisa diam di malam hari? Saya rasa menonton anime, membaca manga, bermain game, dan masih banyak aktivitas ekstra lain memang menyita banyak waktu kita di malam hari. Termasuk saya. Sehingga untuk tidur dengan cepat rasanya menjadi sebuah tantangan tersendiri, yang mungkin lebih susah dari menyelesaikan skripsi.

Namun menurut survei di Jepang, sekarang lebih banyak orang yang bangun lebih pagi dan memulai pekerjaannya di bawah jam 8 pagi. Terjadi peningkatan dari 13% di tahun 2000 menjadi 20% orang yang bekerja lebih pagi di tahun 2015. Survei ini dilakukan oleh unit peneliti stasiun TV NHK dan ditunjukkan kepada publik pada hari Rabu lalu.

JOI - ayo bangun pagi (3) Sumber

Institut riset budaya NHK mengatakan kalau banyak orang di usia prima bekerjanya seperti di umur 40an, tidur lebih awal di hari biasa. Banyak juga orang-orang di berbagai usia, termasuk generasi muda yang bangun lebih awal. Sepertinya masyarakat kini menjadi lebih aktif di pagi hari dibanding beberapa tahun lalu. Selain itu persentasi orang-orang yang bekerja antara siang sampai malam hari juga sudah berkurang menurut survei tersebut.

Survei tersebut juga mengatakan kalau rata-rata waktu bekerja orang Jepang kini menjadi 7 jam 28 menit setiap harinya, sedikit berbeda dari tahun 2010. Hanya 23% orang yang bekerja lebih dari 10 jam dibandingkan seluruh respondennya. Persentasi orang-orang yang ikut minum-minum bersama bos dan teman-temannya setelah bekerja pun turun menjadi 6%, dari 7% di tahun 2010.

Kenapa bangun pagi?

Memang bagi beberapa orang sedikit susah rasanya untuk bangun pagi, saya juga sadar beberapa orang juga bekerja di malam hari dan mungkin konsep ini tidak akan berlaku bagi mereka. Tapi untuk kamu yang masih di bangku sekolah, kuliah, atau bekerja di siang hari, bangun pagi mungkin akan menjadi titik balik yang akan membuatmu produktif sepanjang hari.

JOI - ayo bangun pagi (2) pixiv/reign

Apa saja keutungan dari bangun pagi? Menurut beberapa artikel di internet bangun pagi akan mendorong produktivitasmu lebih baik lagi. Di antaranya:

  • Lebih banyak waktu: Bangun pagi-pagi artinya kamu memiliki waktu ekstra untuk berbagai macam hal, mulai dari olah raga, mandi, sarapan, mengecek email, bahkan bila perlu kamu bisa menggunakannya untuk menjadwalkan kegiatanmu hari itu.
  • Lebih sehat: Tentu saja dengan waktu ekstra kamu bisa mendapat tidak hanya waktu ekstra untuk berolah raga, kamu juga akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Dengan asumsi kamu tidak tidur setelah jam 12 malam ya.
  • Start awal dibanding rekan kerja: Tentu memulai pekerjaan lebih awal dibandingkan kolegamu menjadi sebuah nilai tambah untuk bangun di pagi hari. Lebih banyak waktu untuk bekerja juga artinya pekerjaan tersebut akan lebih cepat selesai, kecuali memang kamu disiksa sama si bos.

Saya yakin juga masih banyak keuntungan lain yang bisa didapat dari bangun lebih pagi yang belum saya tuliskan di atas. Kalau kamu punya pengalaman lain bangun pagi, jangan lupa untuk menuliskannya di kolom komentar ya.

sumber: Mainichi
gambar: sumber