[Bro Friday] Mwu La Flaga

February 19, 2016 6:53 pm
[Bro Friday] Mwu La Flaga

Kembali lagi di hari Jumat dalam rubrik Bro Friday. Kali ini kami pindah dari Fate/Zero ke seri “agak” klasik yang termasuk dalam sebuah franchise besar, Gundam SEED. Siapa karakternya? Yah, kamu sudah baca judulnya dan lihat gambar di atas kan? Di minggu ini kita akan membahas Mwu La Flaga.

Mwu La Flaga adalah salah satu pasukan dari OMNI Enforcer (Earth Alliance) yang tidak sengaja menaiki Archangel saat berperang melawan ZAFT di dekat Heliopolis. Sejak itu ia menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kru Archangel. Pengalamannya di medan perang menjadikannya sebagai pembimbing kru Archangel yang kurang pengalaman dan masih muda. Bahkan ketika ia harusnya berpisah dari Archangel dan mengambil karir lain sebagai pelatih, ia memutuskan untuk kembali ke Archangel dan keputusannya itu justru menjadi salah satu alasan mengapa Archangel dan krunya berhasil selamat di pertarungan berikutnya.

why_mwu

Apa sih yang membuat saya (dan juga teman-teman penulis lainnya) menetapkan Mwu sebagai Bro minggu ini?

+ “Pria yang dapat membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin”

Moto dari Mwu ini bukan hanya sekedar kata-kata sombong, tapi Mwu memang bisa berhasil di berbagai situasi di mana orang lain pada umumnya akan gagal. Di jaman sebelum pasukan bumi mendapat OS baru yang memperbolehkan Natural mengendalikan Mobile Suit sebaik Coordinator, Mwu adalah satu dari sedikit Natural yang bisa bertarung setingkat (atau malah lebih jago) dengan para Coordinator. Perkataan ini tidak hanya berlaku dalam kemampuan bertarungnya, tapi juga dalam tindakan yang dipilihnya, seperti ketika ia mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Archangel dari serangan Dominion sebelum kematiannya di-retcon oleh Fukuda.

MuLaFlaga1

Mau mati aja ganteng banget rasanya

+ Role model yang baik bagi bawahannya dan rendah hati

Sebagai orang dengan pengalaman paling banyak, bisa dibilang kalau Mwu adalah kru Archangel yang paling berguna. Ia menjadi penengah antara Murrue dan Natarle yang sering berdebat, dan juga pembimbing para remaja yang menjadi kru Archangel, terutama Kira. Mwu tidak pernah menganggap rendah Kira yang merupakan seorang Coordinator, dan bahkan mengajarinya banyak hal. Kira juga diperingatkan oleh Mwu agar berhati-hati dengan petinggi militer yang korup dan ingin mendapatkan Strike sebagai komoditi perang. Selain itu Mwu seharusnya merupakan orang yang paling tinggi jabatannya dibanding awak Archangel lainnya, akan tetapi ia menolak tawaran itu dan membuat Murrue menerima pangkat sebagai kapten dari Archangel.

+ The charismatic bro you’d want/want to be

Meskipun agak sombong, Mwu sendiri sangatlah kalem dan mudah akrab dengan orang lain. Sifatnya ini tidak hanya membuat karakter lain mudah menyukainya, tetapi juga membuat para penonton menyukai Mwu. Sebagai karakter yang menaiki Mobile Suit di seri Gundam, meski Mwu hanyalah karakter sampingan dan MS-MS yang dinaikinya kebanyakan adalah “bekas punya orang lain” seperti Strike dan Akatsuki, keberadaannya selalu tampil lebih mencolok dibanding karakter-karakter sampingan lain berkat karismanya.

Selain sifatnya, salah satu sumber karisma Mwu adalah suaranya yang diisikan oleh Takehito Koyasu. Mwu adalah karakter ketiga dalam seri Gundam yang diisi suaranya oleh Koyasu. Setelah membawakan Zechs yang kalem dan Gym yang maniak peperangan, kali ini ia membawakan karakter dengan sifat yang berbeda juga. Pembawaan Koyasu sebagai Mwu yang dalam tapi santai menjadikannya salah satu karakter memorable di seri ini.

– Mendorong anak-anak di bawah umur untuk bertarung sampai mati sebagai Neo

Ketika Mwu dicuci otak dan hilang ingatan di SEED Destiny, ia memimpin pasukan Phantom Pain yang menggunakan Extended (anak-anak yang dilatih keras dan didorong dengan obat-obatan dan juga memiliki mental yang tidak stabil). Berbeda dengan ketika Archangel merekrut Kira dkk yang masih di bawah umur karena kekurangan awak dan kondisi darurat, Phantom Pain adalah pasukan yang dibuat khusus untuk mengeksploitasi kemampuan dari para Extended. Meski sifat kalem dan santai Mwu masih tetap muncul ketika ia menjadi Neo Roanoke, Neo tidak ragu dalam menghapus ingatan para Extended dan juga mendorong mereka ke medan pertempuran hingga mereka mati di sana.

Neo_Roanoke

Entah apakah perubahan karakter ini murni karena “cuci otak”,
atau memang karena writing SEED Destiny itu kacau.

– Mungkin bakalan merebut cewek yang sedang kau taksir

Karisma Mwu memang tidak perlu ditanyakan lagi, tapi karisma itu juga berarti dia mudah menarik hati para perempuan. Meski ia menjadi kekasih dari Murrue, Natarle juga menyimpan perasaan suka terhadap Mwu. Di pertengahan awal SEED Destiny, beberapa fans mengira kalau Murrue akan jadian dengan Andrew Waltfeld karena mereka sama-sama kehilangan kekasih di SEED dan kini tinggal bersama. Tapi di akhirnya, tetap saja Mwu kembali ke Murrue. Kasihan Waltfeld, udah kehilangan mata dan lengan kiri, kehilangan kekasih dua kali pula.

mwumurrue

Bros before hoes sayangnya tidak berlaku untuk Mwu
Tinggi, tampan, anak bangsawan, pilot yang handal (dan susah mati), serta charm point lainnya membuat saya menetapkan Mwu sebagai Bro pada minggu ini. Perangainya yang cukup santai juga membuat bawahannya yang terbilang masih sangat muda merasa nyaman bersama dengannya. Dia juga dihormati oleh awak kapal Archangel sendiri sebagai senior dalam militer. Akan tetapi bayang-bayang musuh bebuyutannya akan selalu menghantui Mwu dalam setiap peperangan.

LeCreuset

Aku ini bapakmu, nak.

“Menulis soal Gundam SEED, ada kemungkinan karakter utama-nya dibikin juga gak?” Saya cuma bisa bilang ditunggu saja ya. Yang belum menonton versi Remastered-nya, kalian bisa segera ke kanal Youtube resmi GundamInfo, ya! See you next week!