[Bro Friday] Kamina

February 26, 2016 7:12 pm
[Bro Friday] Kamina

Bila kita berbicara mengenai seorang bro, saya yakin kita tidak bisa berpikir jauh-jauh dari pria yang satu ini, Kamina. tampil dalam seri Tengen Toppa Gurren Lagann, tentu kamu sudah bisa menebak akan seperti apa bro yang satu ini, luar biasa kepedean dan tidak bisa dikontrol adalah beberapa contoh cirinya. Sepertinya tidak perlu ditanyakan lagi kenapa kami akan membahasnya kali ini.

JOI - bro friday kamina (3)

Kamina, menurut saya adalah salah satu simbol bro paling tepat bila kita membicarakan tentang seorang bro. Dia adalah simbol kakak bagi Simon, bahkan hampir menyerupai ayah baginya yang sudah tidak memiliki keluarga lagi. Walaupun tidak memiliki hubungan darah, hubungan keduanya hampir inseparable, tidak bisa dipisahkan. Bahkan mereka berdua bisa membentuk Gurren Lagann untuk pertama kalinya hanya berbekal kekuatan spiral dalam diri masing-masing.

Kenapa JOI menganggap dia sebagai kandidat bro yang tepat, mari kita bicarakan di bawah ini.

+ You will depend on him

Kamina, adalah seorang yang sangat haus akan perhatian, dia memiliki harga diri yang tinggi sampai memanggil dirinya dengan “Ore-sama” dan beberapa orang akan menganggapnya arogan. Dia juga adalah seseorang yang sangat idealis, tidak ingin mengikuti apa kata orang lain dan mendobrak apapun yang dirasa tidak pantas untuknya. Sepertinya adalah orang yang ingin kamu jauhi bukan? Tapi nyatanya tidak.

JOI - bro friday kamina (2)

Di balik semua itu, Kamina juga adalah seseorang yang sangat karismatik, orang-orang akan berkumpul di sekitarnya dan menganggapnya dependable setelah melihatnya beraksi. Dengan keinginannya yang kuat untuk melindungi teman-teman dan orang-orang yang disayanginya, Kamina membentuk tim Dai Gurren bersama Simon dan Yoko. Dengan karisma yang seperti itu, saya yakin kamu pasti ingin bergantung kepadanya, much like Simon and everyone.

+ Overconfident strategist

Kamina memang sering kali terlihat arogan dan serampangan di medan perang, gaya bertarungnya tidak biasa dan “semau gue” karena dia sering improvisasi nama jurus-jurusnya sendiri. Untungnya, gaya bertarungnya yang serampangan tersebut sebenarnya dibarengi dengan kemampuan bertarung yang baik. Kita sudah melihat Kamina memiliki kemampuan fisik melebihi manusia biasa setelah bertarung hampir seimbang dengan Viral, namun dia juga memiliki kemampuan yang baik sebagai seorang pilot Gunmen.

JOI - bro friday kamina (4)

Kepiawaian Kamina sebagai seorang strategis ditunjukkan sebelum peperangan dengan Dai Gunzan untuk merebut kapal induk mereka, strategi yang Kamina pikirkan seharusnya bisa berjalan dengan baik. Dia bahkan berani melawan Viral hanya dengan menggunakan Gurren supaya Simon bisa mengambil alih Dai Gunzan dengan Lagann, sayangnya saat itu Simon sedikit galau.

+ A pervert

JOI - bro friday kamina (8)

Apa jadinya seorang bro kalau dia tidak mesum? Kamina tidak takut untuk menunjukkan hasrat mesumnya dan bahkan mengatakan kalau untuk menatap bagian tubuh wanita cantik adalah definisi dari lelaki. Jadi kamu tidak perlu takut kalau kamu ketahuan ngintip Yoko mandi atau tidak sengaja menjebol dinding pemandian wanita dengan kekuatan spiral, Kamina akan selalu ada bersamamu.

+ A great motivator

Tidak diragukan lagi Kamina adalah orang yang mendorong Simon untuk berani menembus batasan dan melakukannya dengan percaya diri. Sebagai seorang motivator, Kamina melakukannya dengan baik, dia bahkan mengakui kalau Simon adalah alasan baginya untuk tetap kuat, melihat Simon yang tetap kuat di medan perang menjadi kekuatan baginya untuk tetap bertahan.

JOI - bro friday kamina (6)

Salah satu catchphrase Kamina juga menjadi kata-kata favorit dari tim Dai Gurren dan membawa mereka jauh sampai ke perang melawan anti spiral. 俺を誰と思ってやがる/Kau pikir aku ini siapa, pernyataan yang penuh kesombongan tapi menunjukkan betapa tingginya harga diri mereka itu sering kali menyelamatkan mereka dari situasi sulit.

Sayangnya Kamina memiliki satu kelemahan yang sangat vital, sesuatu yang tidak dapat digantikan oleh apapun di dunia, saya pun merasa kehilangan saat hal tersebut terjadi. Apakah kelemahan Kamina sebagai seorang bro?

– Forever in our heart

Ya, mungkin satu-satunya kelemahan Kamina sebagai seorang bro adalah dia sudah tidak ada lagi di dunia ini. Episode 8 menjadi turning point terbesar di anime tersebut, membuat saya dan banyak penggemarnya berkabung atas kematiannya. Also it has been 9 years so it’s not really a spoiler now. Kamina terlahir sebagai seorang bro, hidup layaknya bro harus hidup, dan mati dengan cara yang paling bro.

JOI - bro friday kamina (7)

Demi menyelamatkan teman-temannya, Kamina bangkit dari kematian hanya dengan kekuatan spiral, dia bahkan masih bisa membentuk Gurren Lagann bersama Simon dan mereparasi kerusakan Gurren Lagann dengan kekuatan spiralnya. Setelah itu dia bersama Simon memperlihatkan kekuatan terakhirnya dengan melakukan Giga Drill Breaker pertama mereka dalam seri tersebut, dan sayangnya juga yang terakhir.

Setelah sudah tidak di dunia pun Kamina tidak berhenti men-support teman-temannya. Kamina kembali saat mereka terjebak di Extradimensional Labyrinth yang diciptakan oleh anti-spiral, dialah yang menolong mereka; terutama Yoko dan Shimon. Kekuatan spiral Kamina sangat besar sampai-sampai dia masih bisa menembus batas dimensi untuk menyelamatkan mereka, entah siapa yang lebih kuat kekuatan spiralnya, Simon atau Kamina.

Kamina adalah seorang bro yang kita butuhkan, seseorang yang terlihat dapat diandalkan, berani mengemban tanggung jawab tinggi, harga diri selangit namun di balik semua itu tetap percaya kepada kita. Sebagai seorang bro juga dia akan menyokong kita sepenuhnya apapun jalan yang akan kita pilih. Walaupun terkadang kita akan sering terserap dalam pace miliknya, but it’s still fun nonetheless.

JOI - bro friday kamina (5)

It’s great to know that someone will got your back any time you ever need it, dan Kamina adalah contoh yang tepat untuk menggambarkan hal tersebut.