Lagu Hatsune Miku Terpilih Sebagai Lagu Paling Cocok Untuk Memperingati Kelulusan

March 2, 2016 3:54 pm
Lagu Hatsune Miku Terpilih Sebagai Lagu Paling Cocok Untuk Memperingati Kelulusan

Di Jepang, upacara kelulusan biasanya akan ditemani dengan lagu tema kelulusan yang dipilih. Tidak harus lagu nasional atau satu lagu khusus yang ditetapkan negara, sekolah bisa dengan bebas memilih lagu tema kelulusannya sendiri. Karena itu salah satu aplikasi musik Jepang, Nana mengadakan poling untuk menanyakan para calon wisudawan lagu apa yang pantas menjadi lagu tema favorit mereka. Hasilnya seperti yang bisa dibaca di judul di atas.

Dari 320 responden, dipilihlah 10 lagu favorit yang ingin mereka dengar dan nyanyikan saat akhirnya mereka akan terjun ke masyarakat:

“Sakura no Ame” oleh halyosy feat. Hatsune Miku 26.3%
“Tabidachi no Hi ni” oleh Choir Music 17.8%
“March 9th” oleh Remioromen 15.3%
“YELL” oleh Ikimono-gakari 3.4%
“Sayonara Memories” oleh supercell 3.1%
“Akashi” oleh flumpool 2.8%
“Michi” oleh EXILE 2.5%
“Sakura” (Solo) oleh Naotarō Moriyama 2.2%
“Tegami ~Haikei Jū Go no Kimi e~” oleh Angela Aki 1.6%
“Eikō no Kakehashi” oleh YUZU 1.6%

Kalau Anda sudah mengikuti musik-musik Hatsune Miku dari lama, mungkin Anda tidak akan heran lagi dengan hasilnya. Musik “Sakura no Ame” yang dibuat oleh halyosy di tahun 2008 tersebut memiliki lirik yang bertema tentang kelulusan yang sangat menyentuh. Di tahun 2012 saja, sudah tercatat ada lebih dari 100 sekolah di Jepang yang menggunakan “Sakura no Ame” sebagai lagu kelulusannya.

Lagu “Sakura no Ame” sendiri juga diadaptasi menjadi sebuah novel yang kemudian akan diadaptasi menjadi film live action. Lagu ini mengalahkan lagu tradisional yang dibuat oleh salah satu sekolah di Saitama untuk menjadi lagu kelulusan berbagai sekolah di Jepang, “Tabidachi no Hi ni” dengan margin yang cukup besar. Lagu lainnya gak bisa saya komentarin karena cuma tahu “Sayonara Memories” saja.

Beberapa minggu lagi akhirnya sekolah Jepang akan meluluskan para seniornya. Mana dari kamu yang juga (harusnya/mungkin/semoga) akan lulus tahun ini? Semangat!

Sumber: ANN