Doraemon Dilarang Beredar di Perancis Karena Dianggap Membuat Anak-anak Tidak Mandiri

March 3, 2016 4:09 pm
Doraemon Dilarang Beredar di Perancis Karena Dianggap Membuat Anak-anak Tidak Mandiri

Sepertinya kebanyakan dari kita bisa setuju kalau Doraemon merupakan cerita masa kecil yang tidak bisa kita lupakan. Sepak terjang Doraemon bersama Nobita di dunia buatan Fujiko F. Fujio tersebut sudah menemani masa kecil kita dan memenuhinya dengan mimpi. Jujur, saya pun masih ingin punya Pintu Kemana Saja supaya saya tidak perlu berkutat dengan macetnya Jakarta, tapi sayang, itupun hanya mimpi.

Dalam acara “JUNK Bakushou Mondai Cowboy” yang ditayangkan pada tanggal 1 Maret lalu di Jepang, mereka membicarakan mengenai kenapa acara Doraemon bisa dilarang tayang di Perancis. Normalnya, kita bisa mengerti bila acara-acara yang sedikit kontroversial seperti Crayon Shin-chan dilarang tayang, karena memang bocah TK tersebut punya mulut om-om 30 tahun. Namun bukankah Doraemon itu acara semua umur yang memenuhi mimpi anak-anak?

Mereka berbincang-bincang dengan Hitonari Tsuji, seorang penulis, komposer, dan sutradara film Jepang yang pindah ke Perancis pada tahun 2003. Dalam bincang-bincang tersebut, salah satunya adalah mengenai larangan tayang Doraemon di Perancis. Tsuji berkata, “Doraemon dilarang tayang di PerancisMenurut departemen pendidikan, kalau anak-anak menonton Doraemon, mereka tidak akan bisa menjadi dewasa.

Tsuji juga mengekspresikan kekecewaannya selama berada di Perancis, karena itu Youtube menjadi teman baiknya saat tinggal di sana. Namun ternyata, anak-anak muda di Perancis masih suka dengan anime, Tsuji juga mengatakan kalau mereka juga suka dengan Tokyo.

Salah satu yang menjadi masalah dari Doraemon adalah karena Nobita selalu dibantu saat dia terjebak masalah. “Kalau anak-anak sedang ada masalah, mereka akan selalu meminta kepada Doraemon, dan akan terus dibantu,” lanjut Tsuji. Hal ini menandakan kalau mereka tidak ingin anak-anak untuk selalu bergantung kepada seseorang agar nantinya bisa jadi mandiri.

JOI - doraemon dilarang ditayangkan di perancis (2)

Walaupun sebenarnya, bila mengikuti cerita Doraemon sejak awal sampai akhir, inti cerita Doraemon bukanlah untuk menjadikan anak-anak berharap Doraemon akan selalu membantu mereka. Doraemon juga bisa mengajarkan pentingnya hidup mandiri bagi Nobita bila dia tidak dibantu oleh Doraemon. Namun Tsuji juga menegaskan kalau ternyata di balik tema membawa mimpi tersebut, ada juga cara pandang lain untuk melihat tema lain Doraemon dari sisi negatif.

sumber: Yaraon!