Hiroshi Nishikori, “Kami ingin membuat Index season 3, tapi menunggu kesempatannya.”

March 12, 2016 13:08
Hiroshi Nishikori, “Kami ingin membuat Index season 3, tapi menunggu kesempatannya.”

Para penggemar seri To Aru Majutsu no Index pasti sudah kenal dengan nama yang satu ini, Hiroshi Nishikori yang juga merupakan sutradara dari seri anime tersebut baru-baru ini menggelar AMA di situs Reddit. AMA adalah kependekean dari Ask Me Anything, artinya para penggemar dapat bertanya apapun kepada sang sutradara. Hal ini menjadi sebuah medium yang baik bagi para staf untuk mengetahui aspirasi penggemar, atau sekedar menjawab pertanyaan-pertanyaan konyol mereka.

Walaupun mungkin ada beberapa pertanyaan konyol, tentu ada pertanyaan serius yang sangat baik dan bahkan dipuji Nishikori sebagai pertanyaan yang baik. Misalnya seseorang bertanya apakah pendapat Nishikori tentang film Predator yang ternyata itu adalah film favoritnya. Dia juga mengatakan kalau dia sangat suka dengan makanan India seperti kare dan tandoori chicken.

JOI - index season 3 masih menunggu kesempatan (3)

Beberapa pertanyaan cukup menarik dan penting pun bermunculan, misalnya:

Q: Ada pertanyaan yang sangat ingin aku tanyakan kepada seorang sutradara anime, saat kamu mengadaptasi cerita dari manga atau light novel, apakah kamu lebih suka mengikuti ceritanya atau menambahkan twist milikmu sendiri?

A: Seberapa banyak perubahan dari cerita yang terjadi, itu tergantung kepada sang penulis naskah. Namun aku selalu berusaha untuk memberikan feeling yang sama dengan yang ada di source material-nya.

Q: Aku baru saja membaca artikel kalau banyak sekali animator yang dibebani terlalu banyak pekerjaan tapi tidak dibayar sepantasnya. Kenapa hal ini bisa terjadi dan kenapa para animator diberlakukan seperti itu?

A: Memang keadaan sangat sulit bagi para kreator untuk mendapatkan bayaran penuh atas kerja keras mereka. Masalah utama adalah karena tidak ada sistem yang membuat kompensasi dari para penggemar langsung kepada para kreatornya. Ada pemilik lisensi yang harus diberikan bagian dulu sebelum mereka harus dibayar. Untuk memecahkan masalah ini, kami memilih untuk membiayai proyek berikut kami dengan sistem crowdfunding.

Q: Siapa waifu-mu

A: Misaka Mikoto dari seri To Aru Majutsu no Index.

JOI - misaka index 3

Q: Sebagai seorang sutradara, bagaimana pendapatmu mengenai anime Shirobako?

A: Mulai dari studionya, betapa simpelnya animasi tersebut, cara mereka menggambarnya, semua itu membuat Shirobako menjadi salah satu anime favoritku.

Membuat anime memang sangat susah, tapi sebenarnya itu pekerjaan yang menyenangkan.

Saat ini kebanyakan anime dikerjakan oleh banyak orang dan akan seterusnya seperti itu. Namun aku rasa, di masa depan akan ada masa dimana anime hanya dikerjakan oleh beberapa orang saja. Aku rasa karya seperti itu akan menemukan jalannya sendiri ke panggung dunia. Seperti yang kami lakukan dengan Chika Chika Idol, tim animasinya sangat kecil.

Q: Adegan apa yang paling menyusahkanmu sebagai seorang sutradara?

A: Adegan yang menggambarkan para karakter sedang mandi selalu paling menyenangkan, tapi juga paling menantang. Adegan-adegan tersebut selalu memberi masalah bagiku. Misalnya bagaimana membuat supaya airnya terlihat normal, atau kalau mereka sedang mandi, bagaimana seorang gadis telanjang bisa terlihat imut.

JOI - index season 3 masih menunggu kesempatan (1)

Q: Hiroshi, apakah ada kesulitan untuk membuat lanjutan dari seri To Aru Majutsu no Index? Apakah kami bisa melihat Index season tiga di masa mendatang?

A: Kami yang sudah mengerjakan proyek tersebut pun sebenarnya ingin melanjutkan. Saat ini kami sedang berharap ada kesempatan untuk membuatnya.

Jadi bagi para penggemar seri To Aru Majutsu no Index, ada baiknya kamu bersabar dan perbanyak berdoa supaya kesempatan tersebut akan datang. Saat ini Nishikori sepertinya juga sudah menutup sesi AMA bersamanya, namun kamu bisa membaca keseluruhan dari AMA tersebut lewat tautan ini. Ada ratusan komentar yang akan kamu baca, bahkan mungkin ribuan, sebaiknya kamu bersiap-siap saja.