[Waifu Wednesday] Sonoda Umi

March 16, 2016 4:02 pm
[Waifu Wednesday] Sonoda Umi

Kembali lagi ke hari Rabu, dan kalian sudah pasti bisa menebak siapa waifu yang akan saya bahas untuk kali ini. Ya, seorang school idol yang baru saja merayakan ulang tahunnya kemarin sekaligus juga merupakan satu-satunya school idol dari grup μ’s yang belum dibahas pada rubrik ini yaitu Sonoda Umi!

Umi-chan adalah seorang gadis kelas dua Otonokizaka yang tumbuh besar di keluarga yang menjalankan sekolah tarian tradisional Jepang. Sebagai penerus keluarga Sonoda, Umi sama sekali tidak terpikir untuk terjun ke dunia school idol, namun akibat rayuan ajakan teman kecilnya yaitu Honoka dan Kotori demi menyelamatkan sekolah dari pembubaran, Umi pun akhirnya turut berpartisipasi sebagai school idol. Menurut saya, Umi merupakan salah satu kandidat waifu yang cukup unggul dibandingkan dengan teman-temannya. Apa saja keunggulan Umi?

+ Cantik, anggun, dan disiplin

UMI ww02

Sebagai seorang penerus dari keluarga tradisional, Umi selalu diajarkan untuk berperilaku dan bertutur kata sopan, disiplin pada waktu, dan latihan-latihan yang harus ia lakukan setiap harinya demi menjadi penerus yang layak oleh keluarganya. Oleh karenanya, Umi bisa menjadi seseorang yang dapat mengatur jadwal kehidupanmu yang berantakan dan ikut membangun dirimu menjadi seorang yang disiplin.

UMI WW09

Meskipun dalam prosesnya, siap-siap digembleng oleh Umi karena ia tidak akan memberikan belas kasihan dalam mencapai tujuannya, sama seperti pada saat ia menetapkan metode-metode latihan yang berat pada saat mereka pergi ke pantai ataupun pada saat memaksa Honoka dan Hanayo untuk diet.

Rambutnya yang panjang dan indah juga merupakan salah satu daya tariknya, serta sesuai dengan image-nya sebagai seorang gadis yang anggun.

+ Sangat pemalu (terutama yang berkaitan dengan asmara)

UMI WW03

Di luar dirinya yang terlihat sempurna tersebut, Umi sebenarnya adalah seorang gadis yang penakut sekaligus pemalu. Pada saat pertama kali akan pentas, butuh usaha keras dari kawan-kawannya untuk membujuk Umi agar bisa tampil di panggung. Ini karena ia sangat malu untuk tampil di hadapan orang banyak sambil mengenakan pakaian-pakaian yang imut-imut tersebut. Selain itu, ia juga sangat malu pada hal-hal yang berkaitan dengan cinta, sampai tidak kuat untuk menonton film romansa.

Umi tumbuh besar di lingkungan keluarga yang disiplin tanpa ada waktu untuk memikirkan tentang cinta. Ditambah lagi pengaruh sekolahnya yang merupakan sekolah khusus wanita, mengakibatkannya tumbuh menjadi seorang gadis yang sangat pemalu karena belum mengerti tentang cinta. Bisakah kalian menjadi seorang laki-laki yang mengajarkan Umi tentang cinta?

+ Suka bergaya imut dan memiliki pribadi yang berbeda di atas panggung

Lagi-lagi karena pengaruh keluarganya yang keras, Umi sebenarnya sangat memimpikan untuk bisa mengenakan pakaian yang imut meskipun ia adalah seorang yang sangat pemalu. Terbukti dengan delusinya yang menggambarkan dirinya di atas panggung sambil meneriakkan kalimat trademark-nya, “love arrow shoot“, yang juga berhasil menembus hati para penggemar di layar kaca.

UMI WW01

Angan-angannya tersebut itu juga yang membuatnya menjadi seorang pribadi yang berbeda pada saat sedang berada di atas panggung. Setelah berhasil mengatasi rasa malu, Umi bisa menjadi seseorang yang sangat berbeda dengan dirinya yang sehari-hari. Ia bisa menjadi figur yang ia idamkan, seorang gadis yang pintar menari dan bernyanyi di atas panggung, sambil memberikan senyuman dan lemparan ciuman bagi para penggemar.

– Memiliki “setan” di dalam dirinya pada saat tidurnya terganggu

UMI WW04

Satu hal yang perlu kalian hindari adalah membangunkan Umi secara paksa pada saat ia tertidur lelap atau menjahili dirinya pada saat ia sedang berusaha untuk tidur. Waktu tidur baginya merupakan salah satu waktu yang paling berharga, karena ia dibiasakan untuk tidur tepat waktu dan bangun pada saat subuh untuk latihan. Berani mengganggu waktu tidur Umi? Siap-siap rasakan lemparan bantal supersonik dengan akurasi tinggi.

– Panik dan penakut

UMI WW 08

Karena terbiasa dengan segala sesuatu yang sudah terkontrol dan terjadwal, saat dihadapkan dengan situasi di luar kontrol, ia amat mudah panik. Seperti sejak awal pergi ke New York, Umi selalu cemas dengan segala hal, mulai dari taksi yang mereka naiki dan sempat tersesat, sampai hal kecil seperti latihan lari di taman. Jangan lupa dengan ekspresi yang paling familiar di mata kita ketika dia bermain poker.

UMIUMIUMI

Meskipun begitu, ekspresi-ekspresi Umi pada saat inilah yang paling lucu dan mengundang tawa. Jadi jangan lupa untuk menakut-nakuti Umi, ya!

UMI WW

Singkat kata, tampak luar Umi bagaikan gambaran seorang Yamato Nadeshiko atau wanita Jepang yang ideal. Gadis berambut panjang, kalem, anggun, dan pintar menari serta memiliki kemampuan-kemampuan dasar seperti merangkai bunga dan menyajikan teh. Di baliknya, Umi adalah seorang gadis biasa, pemalu, penakut, terkadang bisa marah, serta tidak tahu apa-apa tentang cinta. Tekadnya yang kuat dan kesetiaannya kepada teman-temannya merupakan salah satu daya tariknya yang paling menarik yang telah membuat banyak orang jatuh cinta kepadanya.

Dengan ini, Umi mengakhiri rubrik Waifu Wednesday untuk para anggota μ’s. Tidak disangka kalau akhirnya akan sampai juga pada saat ini. Saya ucapkan terima kasih kepada kalian yang telah setia membaca pembahasan karakter-karakter μ’s melalui rubrik ini. Harapan saya hanyalah semoga μ’s Final Love Live! yang akan dilangsungkan pada tanggal 31 Maret dan 1 April bisa berjalan dengan lancar dan bisa menjadi suatu hadiah perpisahan yang dapat dikenang dalam hati kita semua.

PS: Untuk rubrik Umi kali ini, saya mendapatkan bantuan dari teman saya, minamixdrops, yang juga merupakan salah satu oshi Umi yang paling setia. Untuk kesempatan ini, ia juga ikut menyumbangkan gambarnya, demi mengucapkan selamat ulang tahun kepada Umi.

Sekali lagi, happy birthday Umi!