Emerson dan Anna Ajarkan Sistem Pertarungan ‘Star Ocean 5’

March 18, 2016 8:00 pm
Emerson dan Anna Ajarkan Sistem Pertarungan ‘Star Ocean 5’

Square Enix telah merilis dua buah video baru untuk “Star Ocean 5: Integrity and Faithlessness.” Dalam dua video ini, karakter Emerson dan Anna akan mengajarkan kalian sistem pertarungan di game RPG ini.

Video pertama menjelaskan fitur-fitur dasar dari sistem pertarungannya:

  • Advantage Attack: Aktif ketika menyerang musuh yang tidak sadar. Kekuatan serangan fisik dan sihir meningkat.
  • Surprise Attack: Aktif ketika musuh menyerang duluan. Kekuatan pertahanan fisik dan sihir berkurang.
  • Escape: Lari ke batas arena pertarungan, escape gauge akan muncul dan kalian bisa kabur dari pertarungan kalau gauge sudah penuh (Tidak berfungsi apabila garis berwarna merah).
  • Light Attack: Serangan cepat tapi damage tidak dapat menghancurkan guard lawan.
  • Heavy Attack: Serangan lambat tapi damage dapat menghancurkan guard lawan.
  • Guard: Dapat menangkis light attack. Ketika menangkis, bisa bergerak mengitari musuh.
  • Character Change: Mengganti karakter yang dikendalikan secara bebas.
  • Battle Menu: Untuk menggunakan item atau sihir. Pertarungan akan di-pause.

Sedangkan video di bawah menjelaskan bagaimana cara yang efektif untuk menggunakan fitur-fitur yang sudah dijelaskan di atas.

Light attack, heavy attack, dan guard adalah segitiga senjata. Light attack bisa menghentikan serangan heavy attack, heavy attack bisa menghancurkan guard, dan guard bisa menghentikan light attack. Kalian bisa melakukan guard counter apabila menekan tombol tepat setelah serangan lawan selesai.

Battle skill adalah serangan dahsyat yang memakan MP. Kalian bisa mengaktifkannya dengan cara menahan tombol. Battle skill dibagi menjadi dua yaitu untuk jarak dekat dan jarak jauh. Masing-masing kategori terdapat battle skill serangan lemah dan serangan kuat.

Miki dan Fiore bisa menggunakan spellmark magic. Cara kerjanya mirip dengan battle skill tapi berupa sihir, tetapi sihir yang bisa dipasang ke tombol hanyalah sihir yang menyerang musuh. Untuk sihir yang tipe menyembuhkan, harus diakses dari battle menu.

Kalian bisa mengisi Reserve Gauge dengan cara menyerang musuh dan melakukan kombo. Kalian bisa mengisi hingga lima poin, tetapi apabila kalian gagal menangkis serangan lawan (contoh: guard hancur karena heavy attack lawan), maka poin kalian akan berkurang. Kalau kalian mengisi reserve gauge cukup banyak ketika pertarungan berakhir, kalian akan mendapatkan banyak bonus. Kalian akan bisa menggunakan poin di reserve gauge untuk melakuan serangan reserve rush yang mematikan.

Kalian akan bisa menentukan role karakter dari menu. Kalian bisa menentukan hingga empat role untuk masing-masing karakter. Dengan mengatur role ini, gaya bertarung karakter akan berubah. Role akan bisa naik level dan akan memberikan keuntungan. Kalian juga bisa menggunakan skill point untuk mempelajari role baru atau menaikkan level role.

Star Ocean 5 akan rilis di Jepang pada tanggal 31 Maret untuk versi PlayStation 4 dan 28 April untuk versi PlayStation 3. Versi Inggrisnya akan rilis tahun ini, tetapi untuk PlayStation 4 saja.

Sumber: Gematsu