Episode 11 ‘BokuMachi’ Banyak Diubah Membuat Netizen Jepang Kecewa

March 18, 2016 3:46 pm
Episode 11 ‘BokuMachi’ Banyak Diubah Membuat Netizen Jepang Kecewa

Perhatian: Artikel ini akan memiliki spoiler bagi kamu yang belum menonton episode ke 11 BokuMachi atau belum membaca manganya, harap melanjutkan membaca dengan kesadaran akan informasi ini.

Boku Dake ga Inai Machi baru saja selesai menayangkan episode ke-11 dan banyak penggemar yang dibuat kaget oleh A-1 Pictures. Studio yang memang terkenal dengan adaptasi ‘original‘ anime-nya ini sekali lagi mengubah cerita dengan memangkas beberapa bagian yang cukup penting dalam manga-nya. JOI - bokumachi ep 11 diubah hebat (2)

Memang, saya bisa mengerti memampatkan 8 volume manga ke dalam 12 episode memang bukan tugas yang mudah, beberapa pemotongan yang bisa saya mengerti pun harus A-1 lakukan selama masa tayang film ini. Namun saya dan kru JOI lain sebenarnya sudah mendiskusikan mengenai nasib seri ini. Kami rasa memang 12 episode terlalu pendek untuk mencakup semua cerita, dan kami berharap A-1 akan menyiarkan OVA atau mungkin movie sebagai konklusi cerita BokuMachi.

Tapi pemangkasan hebat terjadi di akhir cerita, dan karena pemangkasan tersebut banyak penggemar yang kecewa. Berikut adalah komentar para netizen mengenai episode 11 ini:

  • “Ooooooiiiiiiii, kok kaya begini!!”
  • “Ini anime paling cepat yang pernah aku lihat.”
  • “Dipotongnya di sini toh, tapi apa boleh buat…”
  • “Apanya yang original…”
  • “Terlalu banyak yang diubah jadi mengecewakan!”
  • “Kalau begini Airi tidak akan jadi heroine dong, hanya sekedar mob chara saja kalau begitu.”

JOI - bokumachi ep 11 diubah hebat (4)

Walaupun banyak juga yang berpendapat kalau perubahan skenario ini membuat mereka menjadi lebih tertarik mengikuti akhir dari anime-nya.

  • “Aku sudah baca manga-nya tapi anime-nya membuatnya jadi menarik!”
  • “Inovasi mereka sampai akhir membuatnya sangat menarik!”

Memang bila kita melihat dari sisi anime-nya saja, adaptasi BokuMachi tidak bisa dianggap remeh. Anime ini masih cukup menyenangkan untuk diikuti, dan twist di episode 11 ini memang pedang bermata dua. Kamu bisa membuat pembaca manga-nya marah karena tidak mengikuti cerita original, atau membuat mereka terkejut karena tidak disangka-sangka.

Entah kamu ada di bagian yang mana, tapi saya tidak begitu puas dengan perkembangan yang menghapus Airi dari masa depan Satoru. Bahkan trailer live action-nya, yang jauh lebih pendek dari 12 episode milik A-1 Pictures masih bisa menggambarkan lebih banyak dari apa yang A-1 telah ceritakan.

JOI - bokumachi ep 11 diubah hebat (3)

A-1 tolonglah.

sumber: Yaraon!