Crowdfunding Untuk Anime Singkat Tentang Subway Girl’s Kyoto Telah Tercapai

March 22, 2016 7:15 pm
Crowdfunding Untuk Anime Singkat Tentang Subway Girl’s Kyoto Telah Tercapai

Crowdfunding untuk anime singkat tentang kampanye promosi sistem transportasi subway milik Kyoto, Chikatetsu ni Noru, telah tercapai sebanyak 1,84 juta Yen (sekitar 220 juta Rupiah) yang didapat dari situs Makuake. Ini adalah dana yang cukup untuk membuat anime yang berdurasi kurang lebih 90 detik. Durasi tersebut dapat ditingkatkan menjadi 2 menit apabila 2 juta Yen (sekitar 240 juta Rupiah) tersedia. Sponsor dari crowdfunding, yaitu Gyorai Eizō mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan durasi yang lebih lama apabila 3 juta Yen (sekitar 360 juta Rupiah) telah dicapai, walaupun belum ada ide lebih lanjut dalam pencapaiannya.

JOI_ChikatetsuNiNoru_01

Chikatetsu ni Noru akan memperkenalkan tiga orang siswi yang menjadi maskot subway dari Kyoto yang menjadi karakter utama. Mereka adalah:

  • Moe Uzumasa (Nana Hasegawa) adalah seorang gadis yang gembira dan berkepala dingin.
  • Saki Matsuga (Yui Tsukada) adalah seorang gadis yang sporty dan straightforward.
  • Misa Ono (Mimori Tanigake) adalah seorang gadis yang suka bermain gitar dan memiliki aura cool.

Rei Uzumasa, kakak dari Moe Uzumasa bekerja sebagai kurator, dia yang sangat suka acar dan minum ini akan diperkenalkan apabila target 2 juta yen telah tercapai.

JOI_ChikatetsuNiNoru_00

Maskot dengan gaya anime ini muncul sejak tahun 2011 sebagai upaya dari Kyoto Municipal Transportation Bureau untuk meningkatkan jumlah penumpang dan mengimbangi kerugian anggaran. Anggaran yang besar ini disebabkan Kyoto harus terus memelihara terowongan keretanya secara rutin untuk mempertahankan nilai sejarah.

Kyoto melakukan pembaharuan gambar di tahun 2013 dengan bantuan artis lokal bernama Kamogawa. Setelah itu, gadis-gadis tersebut menjadi terkenal di Kyoto, bahkan ketenarannya menyebar ke seluruh Jepang dalam bentuk poster, video, kartu tarif, dan papan cutout. Mereka pun bekerjasama dengan Kyoto International Manga Anime Fair dan Kyoto Gakuen University sebagai upaya untuk menaikkan daya tarik wisatawan. 

Sayangnya, subway Kyoto terus mengalami kerugian dan proyek animasinya terpaksa dialihkan ke crowdfunding untuk mendapat tambahan dana. Crowdfunding ini akan berlangsung sampai tanggal 25 April mendatang. Hadiah bagi para pendukung proyek ini berupa surat terima kasih, file QuickTime dari animenya, DVD wawancara dengan para seiyuu, dan lencana sebagai tanda terima kasih. Rencananya, anime ini akan ditampilkan di dalam acara Subway Day, di saat yang bersamaan dengan ulang tahun ke-35 Kyoto. Anime ini juga nantinya akan ditayangkan di Tokyo.

Sumber: ANN