Love Live! School Idol Movie dan Shirobako Dinobatkan Sebagai Anime of The Year

March 22, 2016 2:45 pm
Love Live! School Idol Movie dan Shirobako Dinobatkan Sebagai Anime of The Year

Tokyo Anime Award Festival 2016 adalah acara penghargaan anime yang diadakan setiap tahunnya dengan mengumumkan anime TV dan anime layar lebar yang meraih penghargaan Anime of the Year. Nominasi dari seri-seri yang menjadi kandidat anime terbaik tahun ini diumumkan pada akhir bulan Februari lalu. Ping Pong: The Animation berhasil menjadi salah satu pemenang penghargaan ini di tahun lalu.

Acara ini diadakan di bioskop Toho Cinemas Nihonbashi pada tanggal 18-21 Maret 2016 kemarin. Dari sekian banyak anime yang tampil dari periode 1 November 2014 sampai 31 Oktober 2015, berikut adalah anime-anime yang memenangkan penghargaan:

Anime Bioskop – Love Live! The School Idol Movie

Love Live! memenangkan penghargaan Anime of the Year untuk kategori film bioskop, cukup wajar karena penjualan tiketnya yang menembus seri-seri anime malam yang diputar di bioskop, bahkan diputar di berbagai negara lainnya seperti Amerika, Taiwan, Singapore bahkan Indonesia. Love Live! The School Idol Movie menceritakan tentang akhir kisah dari sembilan anak perempuan yang ingin menjadi school idol demi menyelamatkan sekolahnya dari kehancuran.

Anime TV – Shirobako

Untuk seri TV, Shirobako berhasil memenangkan penghargaan Anime of the Year. Shirobako adalah anime yang menceritakan tentang suka duka dalam studio anime ini membuat beberapa penulis JOI juga setuju kalau anime ini cocok dinobatkan sebagai anime of the year. Penceritaannya yang menarik serta animasi dan konten ceritanya yang membuat penasaran berhasil memberikannya penghargaan tertinggi di tahun 2015. Shirobako berhasil mengalahkan One Punch Man, Osomatsu-san, dan Shigatsu wa Kimi no Uso.

Anime Fan Award – Gintama

Sedangkan untuk seri yang mendapatkan penghargaan dari para penggemar, seeprtinya wajar bila Gintama yang berhasil meraih penghargaan ini. Cerita Gintama yang immersive dan dapat membuat perasaan para penggemarnya campur aduk antara nangis dan bahagia memang menjadi salah satu poin terkuat dari seri ini. Walaupun mereka sering membohongi penggemarnya sendiri, namun mendapatkan penghargaan ini sepertinya menunjukkan kalau penggemar mereka akan terus setia. Atau maso.

Penghargaan lainnya

Sutradara Terbaik – Yoichi Fujita
Naskah Terbaik – Shu Matsubara
Animator Terbaik – Chikashi Kubota
Desainer Karakter/Mecha Terbaik – Naoyuki Asano

Penghargaan Seumur Hidup

Desainer Karakter – Toyoo Ashida (Cyborg 009, Space Battleship Yamato, Vampire Hunter D)
Sutradara Suara – Yasuo Urakami (Doraemon,Mobile Suit Gundam)
Pengisi Suara – Yoshiko Ohta
Produser – Tatsuo Shimamura (Full Metal Panic!, Gate Keepers 21, Antique Bakery)
Animator – Shinichi Suzuki (P-man, The Legend of the Galactic Heroes, One Piece)
Komposisi Seni- Kiyoshi Hashimoto (Hakujaden/Panda and the Magic Serpent)
Animasi – Norio Hikone (Alakazam the Great, Kimba the White Lion, Animal Treasure Island)
Penyanyi – Ichiro Mizuki (Mazinger Z, Combattler V, Voltes V)
Kreator – Shigeru Mizuki (Kitaro, Hitler, Onward Towards Our Noble Deaths)
Penulis – Yoshiaki Yoshida (Dog of Flanders, Kyojin no Hoshi, Galaxy Express 999)

Pada tahun 2014, Shingeki no Kyojin dan Kaze Tachinu buatan produksi Ghibli memenangkan penghargaan tersebut, sedangkan tahun 2015 dimenangkan oleh Ping Pong the Animation dan Frozen. Selamat kepada para pemenang penghargaan!

Sumber : ANN