[Celebrity Sunday] Shigeru Miyamoto

March 27, 2016 18:45
[Celebrity Sunday] Shigeru Miyamoto

Setelah tidak ada kabar selama beberapa minggu, Celebrity Sunday sekarang kembali hadir lagi. Kali ini, JOI akan membahas seseorang yang sudah menjadi legenda di dunia game: Shigeru Miyamoto. Developer asal Nintendo ini terkenal sebagai kreator Mario dan The Legend of Zelda yang membuat masa kecil kalian bahagia.

Pria asal Kyoto ini waktu masa SMP sempat bergabung dengan klub basket, bahkan sempat menjadi anggota reguler. Tetapi kemudian dia sempat berpikir untuk membuat klub manga dan menjalani kedua klub tersebut. Tetapi sayangnya kakak kelasnya di klub basket tidak setuju dengan hal ini. Miyamoto akhirnya memutuskan untuk keluar dari klub basket dan mendirikan klub manga. Karena dia gemar manga, Miyamoto pada saat kuliah masuk ke Kanazawa College of Art.

celeb-sunday-shigeru-miyamoto-4

Setelah lulus kuliah, Miyamoto langsung bergabung dengan Nintendo. Dia mengenal Nintendo karena mereka sering membuat produk yang unik, dan dia merasa dia bisa menjalankan proyek pribadi dia di sana. Pada saat itu, Nintendo tidak membuka lowongan untuk desainer produk, tetapi ternyata ayah Miyamoto adalah sahabat Hiroshi Yamauchi, direktur Nintendo pada saat itu. Jadi sebagai “kasus khusus,” Miyamoto boleh ikut wawancara dengan Yamauchi.

Ternyata Miyamoto berhasil menarik perhatian Yamauchi dengan memperlihatkan berbagai produk yang dia desain dan presentasinya yang sangat aktif. Karena itu, Yamauchi akhirnya menerimanya dan mengatakan bahwa dia menginginkan karyawan yang bisa mendesain produk. Pada awalnya Miyamoto kesulitan mencari pekerjaan dan sempat memutuskan utnuk menjadi mangaka profesional sebelum diterima di Nintendo.

celeb-sunday-shigeru-miyamoto-2

Setelah masuk, Miyamoto sering mendapatkan pekerjaan-pekerjaan sederhana seperti manggambar kartu karuta dan juga mendesain gambar yang ada di blok mahjong. Tetapi mulai tahun 1979, Miyamoto mulai mendapatkan banyak tugas untuk mendesain kabinet arcade. Mulai saat ini, karir Miyamoto mulai berubah dari desainer produk menjadi desainer game.

Titik penting karir Miyamoto adalah tiga tahun setelah dia bergabung dengan Nintendo, yaitu pada tahun 1980. Pada saat itu, Nintendo of America sedang kesulitan karena kabinet mereka tidak laku. Karena itu, mereka minta ke pusat untuk dibuatkan game-nya saja dan nanti dikirim ke Amerika. Di kantor pusat, Nintendo mengadakan sayembara siapa yang ingin mengambil proyek tersebut. Mengingat perkataan Gunpei Yokoi, “Apakah akan ada game baru yang berbeda, bukan dibuat oleh orang-orang yang dekat dengan hardware tetapi oleh orang-orang yang dekat software,” Miyamoto memutuskan untuk mengambil proyek tersebut.

celeb-sunday-shigeru-miyamoto-3

Awalnya dia ingin membuat game Popeye, tetapi karena ada masalah hak cipta, Miyamoto akhirnya mengganti karakternya. Pada saat ini, Miyamoto terus memberikan berbagai macam ide untuk game-nya. Bahkan di luar programming, game ini bisa dibilang dikerjakan oleh Miyamoto sendirian. Game tersebut akhirnya selesai dan berjudul Donkey Kong yang sukses di seluruh dunia. Pada saat ini, Mario pun lahir dengan nama awal Jumpman.

Setelah itu, Miyamoto terus membuat berbagai macam game sambil belajar banyak ilmu dari Yokoi. Bahkan Miyamoto menganggap Yokoi sebagai gurunya. Salah satu ilmu yang masih dia pegang hingga kini adalah “memikirkan cara lain yang kreatif dan unik dari teknologi-teknologi yang sudah tua.” Miyamoto juga terlihat sangat pintar, bahkan Yamauchi menyebut Miyamoto sebagai “seorang jenius di antara 100 orang biasa saja.”

celeb-sunday-shigeru-miyamoto-6

Setelah sukses membuat Super Mario Bros., Donkey Kong, The Legend of Zelda, Miyamoto sekarang sudah jarang menangani game secara langsung dan dikenal sebagai legenda. Dia lebih banyak bertugas sebagai supervisor, mengawasi dan memberi arahan kepada para karyawan muda di Nintendo. Sekarang,Miyamoto bertugas sebagai Creative Fellow di Nintendo. Tugasnya adalah memberi petunjuk berdasarkan keahlian dan pengalamannya kepada Tatsumi Kimishima yang sekarang menjadi CEO Nintendo setelah Satoru Iwata wafat.

Meski begitu, Miyamoto masih tidak lepas dari pembuatan game. Saat ini game terbarunya yang akan rilis adalah Star Fox Zero yang pengerjaannya ditangani oleh Platinum Games dan akan rilis untuk Wii U pada tanggal 22 April 2016.