Tidak Perlu Belajar, Youtuber Menjadi Salah Satu Karir Paling Diminati Anak SD Jepang

March 27, 2016 12:15 pm
Tidak Perlu Belajar, Youtuber Menjadi Salah Satu Karir Paling Diminati Anak SD Jepang

“Raihlah cita-citamu setinggi langit,” menjadi salah satu kutipan paling terkenal dan motivasi terbaik dari guru dan orang tua kepada anak-anaknya. Namun sayang, mungkin anak-anak tersebut terlalu lelah untuk terbang ke langit dan malah terlalu banyak berselancar di dunia Internet. Karena menjadi seorang Youtuber telah menjadi salah satu karir paling top di antara anak-anak Jepang.

JOI - minat anak sekayarng jadi youtuber (2)

Saat sebuah survei dilaksanakan oleh sebuah situs berita di Jepang kepada sekelompok anak-anak yang duduk di bangku SD, ternyata ada jalur karir yang cukup menarik. Menjadi Youtuber merupakan cita-cita paling diminati ketiga setelah dokter dan pemain bola. Berikut adalah hasil tes tersebut:

  1. Pemain bola
  2. Dokter
  3. Youtuber
  4. Pegawai sipil

Akhir-akhir ini memang saya lebih senang mengikuti sepak terjang beberapa artis Youtube Jepang dibandingkan artis barat. Sebut saja HikakinHajime SyachouKinoshita Yuuka, dan akhir-akhir ini juga saya dijebloskan ke jurang bernama Begiragos dan Megwin TV oleh NanaMiku. I am proud to say that I can’t stop watching them now instead of my animes.

Saat ditanya oleh guru mereka, anak-anak menjelaskan kalau seorang Youtuber dapat membuat 100 juta Yen dengan mudah. Mereka tidak harus belajar dan bisa mendapatkan banyak view dari video-video yang mereka buat. Memang iming-iming uang dengan usaha yang mudah ini dapat menggoyahkan iman banyak orang, bahkan anak-anak sekalipun.

Menjadi Youtuber memang pekerjaan yang cukup menyenangkan, dengan bermodal video-video menarik, kita dapat membuat sejumlah uang yang sepertinya dianggap sampai ratusan juta Yen. Berikut adalah reaksi netizen kepada fenomena baru ini.

  • “Anakku juga terus-terusan berkata ingin menjadi Youtuber, ini sepertinya menular…”
  • “Salah satu cara termudah bagi para guru untuk meyakinkan mereka adalah dengan memberi tahu anak-anak bahwa sebenarnya Youtuber tidak menghasilkan apa-apa.”
  • “Untukku, menjadi pegawai sipil bisa ada di nomor 4 lebih membuatku takut.”
  • “Sepertinya mimpi telah menjadi, “Bagaimana caranya mendapatkan banyak uang dalam waktu singkat dan dengan usaha minimal.'”

JOI - minat anak sekayarng jadi youtuber (1)

Memang saat masih anak-anak adalah saat terbaik untuk memupuk mimpi dan bermimpi seluas-luasnya. Menjadi Youtuber juga adalah mimpi yang cukup baik, hanya saja mereka harus berani melewati jalan terjal memasarkan channel baru sebelum menjadi terkenal. Setidaknya dengan adanya berita ini saya jadi memikirkan pendapat saya mengenai orang-orang Jepang yang begitu kaku dan disiplin menjadi lebih santai dan periang.

Sumber: Rocketnews