Rumor Baru PS4,5 Dikatakan Memiliki GPU Dua Kali Lebih Kuat

March 31, 2016 19:30
Rumor Baru PS4,5 Dikatakan Memiliki GPU Dua Kali Lebih Kuat

Rumor mengenai “PlayStation 4,5 atau PlayStation 4K” kembali beredar. Rumor kali ini didapatkan dari pengguna NeoGAF bernama OsirisBlack yang mengatakan dia mendapatkan banyak informasi mengenai PlayStation 4 dengan kemampuan baru melalui meeting yang baru dilakukannya belum lama ini.

Sumber-sumber yang OsirisBlack dapatkan informasi sudah diverifikasi oleh moderator NeoGAF. Ini artinya mereka sudah memastikan sumber-sumber tersebut memiliki akses ke informasinya, tetapi informasi yang didapatkan belum tentu benar. Berikut adalah detil-detil yang diungkapkannya.

Harga dan Tukar-tambah

Harga saat ini adalah 399 Dolar. Sempat ada diskusi untuk menggunakan CPU yang lebih baik, tetapi hal tersebut akan membuat harganya menjadi 499 Dolar. Harga tersebut dikatakan adalah perkiraan harga maksimum yang diterima konsumen untuk meng-upgrade konsolnya.

Saat ini belum ada rencana mengenai program tukar-tambah untuk pemilik PS4, tetapi mungkin kedepannya akan berubah.

GPU dan Blu-ray Player

GPU yang digunakan dua kali lipat lebih kuat dan lebih cepat dari GPU yang ada di PS4 saat ini. GPU-nya memiliki clock speed yang lebih tinggi dan ukurannya lebih kecil dari sebelumnya.

PlayStation 4K ini juga memiliki Blu-ray player yang sudah 4K dan bisa meng-upscale game-game yang tidak berjalan di 4K. Ini bukan berarti game-game baru akan berjalan di 4K.

Aplikasi Media Player

Ada pembicaraan mengenai “VR Lounge” untuk aplikasi Media Player, yang dikatakan akan mendapatkan upgrade besar-besaran.

Dev Kit dan Game yang Sudah Rilis

Developer sudah mendapatkan development kit untuk PS4 baru dan sudah membuat game-game yang langsung memanfaatkan tambahan kemampuan mesinnya. Game-game tersebut akan bisa berjalan di PS4 yang ada saat ini, tetapi ada banyak fitur yang harus dikorbankan.

Game yang sudah rilis tidak akan mendapatkan peningkatan performa apabila dimainkan dengan PlayStation 4K. Peningkatan apa pun hanya bisa dilakukan melalui patch untuk masing-masing game yang dibuat oleh developer. Ketika ditanya apakah ini mungkin terjadi, balasannya adalah, “Mungkin saja, tetapi diragukan akan dilakukan secara menyeluruh.”

playstation-4k-rumor-lagi

Launch Game

Berikut adalah game-game yang akan menggunakan kemampuan PlayStation 4K yang baru pada saat dirilis:

  • EVE: Valkyrie (PlayStation VR)
  • Robinson: The Journey (PlayStation VR)
  • Gran Turismo Sport (PS4, PlayStation VR)
  • Deep Down (PS4)
  • GOW4 (kemungkinan God of War 4) (PS4)

Ada juga game lainnya, tetapi OsirisBlack merasa itulah game-game yang menonjol.

Rumor ini semakin memperkuat keberadaan PlayStation 4 model baru yang lebih kuat. Kalau memang benar, ada kemungkinan besar Sony akan mengumumkannya di E3 tahun ini yang berlangsung pada tanggal 14-16 Juni 2016.

Sumber: Gematsu

Sorry. No data so far.