[Update] Server ‘Final Fantasy XI’ Ditutup, PlayStation 2 Mengakhiri Masa Baktinya

April 1, 2016 14:45
[Update] Server ‘Final Fantasy XI’ Ditutup, PlayStation 2 Mengakhiri Masa Baktinya

Memang, saat ini konsol PlayStation sudah sampai ke PlayStation 4. Bahkan sudah ada rumor-rumor yang beredar mengenai kelanjutannya, PlayStation 4,5. Namun bagi banyak generasi tua, tidak akan ada konsol yang lebih memorable dalam hidup kami selain PlayStation 2. Memang dia bukanlah pelopor dari masuknya Sony ke dalam industri konsol game, namun sukses dari PlayStation 2 adalah apa yang membentuk kesuksesan besar Sony.

PlayStation 2 adalah konsol yang paling banyak terjual di seluruh dunia sampai saat ini dengan angka penjualan mencapai 155 juta unit. Peringkat kedua dipegang oleh konsol PlayStation yang terjual sebanyak 102 juta unit, sedangkan konsol Xbox yang dijual setahun setelahnya hanya terjual sebanyak 24 juta unit. Hal ini mengukuhkan Play Station 2 sebagai konsol tersukses sampai saat ini.

Alasan kenapa berita ini diangkat walaupun jelas, PlayStation 2 sudah tidak memiliki game baru sejak bertahun-tahun lalu adalah karena ditutupnya server game Final Fantasy XI yang akhirnya menutup tirai terakhir dari era fungsionalitas konsol PlayStation 2. Tentu kamu masih bisa bermain game-game lama di konsolmu sendiri, namun artinya sudah tidak ada lagi perusahaan game lain yang akan menggunakan konsol ini untuk mengembangkan gamenya.

JOI - playstation 2 selesai bertugas (2)

Tidak terhitung banyaknya game hebat dan perusahaan yang berkembang setelah game mereka dimuat dalam konsol tersebut. Tidak terhitung juga banyak perusahaan yang game terakhirnya hanya dapat bersinar dalam PlayStation 2 dan menutup lembaran kehidupan mereka setelahnya. Kali ini giliran konsol legendaris tersebut yang menutup lembar kehidupannya.

JOI - playstation 2 selesai bertugas (3)

Ada banyak game yang sudah saya mainkan dalam konsol PlayStation 2, namun favorit saya di antaranya adalah Persona 4Way of the Samurai 2, dan above allOkami yang sangat mengagumkan dengan grafik cell shading-nya yang terhitung luar biasa untuk ukuran PlayStation 2. Game PlayStation 2 apakah yang menjadi favoritmu?

Sayangnya berita ini bukanlah berita April Mop.

[Updated] Server yang ditutup adalah port untuk PlayStation 2 dan Xboxnya, bagi pemain yang masih ingin bermain Final Fantasy XI dapat mengakses versi Windowsnya.

sumber: Fraghero