Spotify Buka di Indonesia, Membuka Jendela Baru Untuk Mendengar Lagu Wibu

April 2, 2016 6:00 pm
Spotify Buka di Indonesia, Membuka Jendela Baru Untuk Mendengar Lagu Wibu

Susahnya mencari lagu-lagu anime yang sedang tayang atau lagu Jepang secara general menjadi salah satu penyesalan saya hidup di Indonesia. Jarang sekali ada toko CD yang menjual lagu-lagu dari negara matahari tersebut. Belum lagi kita harus bersaing dengan para penggemar lain untuk berebut CD yang stoknya hanya sedikit. Untuk mengimpor sendiri pun seringnya akan terbentur pajak dan regulasi yang membuat harga belanjamu gone through the roof. Saya tidak heran bila kemudian banyak orang yang harus mengambil “jalan belakang untuk mendapatkan dosis lagu mereka.

Namun di era informasi seperti sekarang ini, kamu juga bisa menikmati layanan streaming musik dengan harga yang relatif sangat murah setiap bulannya. Sebut saja di antaranya ada Apple Music dan Joox yang sudah lebih dulu merambah pasar tanah air. Namun layanan tersebut tidak akan lengkap tanpa Spotify, rajanya layanan streaming musik yang baru saja ikut nyemplung di Indonesia.

JOI - spotify buka lagu dengarkan musik (4)

Perusahaan yang bergerak dalam jasa streaming ini sudah didirikan sejak tahun 2006, dan banyak netizen yang menyebutnya sebagai raja streaming karena gudang lagunya yang sangat besar. Mereka mengklaim kalau layanan mereka memiliki lebih dari 30 juta lagu yang dapat kamu dengarkan secara cuma-cuma lewat layanan Spotify Free mereka. Walaupun Apple baru-baru ini juga mengklaim kalau Apple Music mereka juga sudah memiliki lebih dari 30 juta lagu dalam gudang lagunya, namun tidak semua orang menggunakan iTunes, I guess.

Spotify juga memiliki fitur Discover yang memberikan kemudahan bagimu mencari lagu-lagu yang senada dengan yang biasa kamu dengarkan. Mereka juga memiliki fitur Discover Weekly, sebuah playlist yang akan di-update setiap Senin pagi yang disusun oleh staf Spotify sesuai dengan seleramu dan orang-orang di sekitarmu. Namun karena ini belum sampai hari Senin, saya belum mencoba fitur tersebut.

JOI - spotify buka lagu dengarkan musik (3)

Salah satu fitur favorit saya adalah kita mampu melihat lagu apa yang sedang didengar oleh temanmu, jadi bila kamu sedang merasa random dan ingin mendengar lagu baru, cek saja apa yang sedang teman kamu dengarkan. Selain menemukan lagu baru, kamu juga akan mendapatkan topik baru untuk ngobrol di masa mendatang.

Kamu bisa menggunakan Spotify dengan harga yang relatif murah, 49.990 Rupiah saja setiap bulannya. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Spotify Family dan PlayStation. Keduanya menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan bila kamu menggunakan Spotify untuk akun pribadi. Kamu tetap bisa mendengarkan musik dengan akun gratis Spotify Free, namun kualitas lagu yang kamu dapat tentu akan lebih rendah (160 kbps) dibandingkan layanan premium (320 kbps.)

JOI - spotify buka lagu dengarkan musik (2)

Layanan premium Spotify juga menawarkan fitur unduhan bagi lagu-lagu favoritmu supaya bisa didengarkan secara offline dan pastinya, legal.

Pada akhirnya, saya tidak akan mengatakan yang manakah layanan streaming musik yang terbaik. Bila kamu lebih senang menggunakan Apple Music, it’s your choice. Namun kemunculan Spotify yang memiliki gudang lagu super besar ini membuat pengalaman mendengarkan dan mencari musik menjadi lebih seru bersama teman-temanmu.

Gambar: Pixiv

Sorry. No data so far.