[Event Report] Love Live! μ’s Final Love Live!〜μ’sic Forever♪♪♪♪♪♪♪♪♪〜 Day 2

April 4, 2016 4:55 pm
[Event Report] Love Live! μ’s Final Love Live!〜μ’sic Forever♪♪♪♪♪♪♪♪♪〜 Day 2

Finally, I am able to say what Honoka said at the end of the 2nd season – “We’re seeing this through to the very end” – Emi Nitta

Love Live! μ’s Final Love Live!〜μ’sic Forever♪♪♪♪♪♪♪♪♪〜 adalah konser terakhir dari grup μ’s yang diadakan di Tokyo Dome pada tanggal 31 Maret dan 1 April 2016. Selain sebagai konser perpisahan, konser ini  juga merupakan konser yang paling dinanti-nantikan oleh para penggemar dari seluruh penjuru dunia, dengan jumlah bioskop Live Viewing terbanyak sepanjang sejarah Love Live!.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan laporan tentang konser terakhir Love Live! ini. Meski pada akhirnya saya tidak mendapatkan kesempatan untuk menonton langsung di Tokyo Dome, dan akhirnya menontonnya bersama semua teman-teman di Indonesia melalui Live Viewing yang diadakan di Bioskop Senayan XXI Theater 2.

Alasan saya untuk membahas konser hari kedua adalah konser hari tersebut lebih bermakna dibandingkan dengan konser hari pertama, karena sudah tidak ada lagi hari esok. Bagi yang hanya menonton di hari pertama, jangan khawatir karena lagu-lagu yang dibawakan kurang lebih sama.

OPENING SEQUENCE – Where they start their big journey

Event report image 2

Pertunjukan dibuka dengan animasi di layar besar yang menunjukkan Maki sedang membantu persalinan Alpaca yang dibantu oleh Hanayo dan teman-teman lainnya. Setelahnya, Honoka menanyakan kepada para penonton di mana mereka harus mengadakan konser. Semua penonton dengan serentak menjawab “DOME!”. Lalu satu persatu para member di pembukaan tersebut memegang balon berbentuk hati, sambil dioperkan ke member lainnya dengan latar belakang yang bergantian, mulai dari tempat pertama μ’s konser yaitu di Pacifico Yokohama, sampai akhirnya mereka sampai ke Tokyo Dome.

Event report image Bokura Live

Animasi selesai, seluruh member μ’s muncul di atas panggung sambil mengenakan baju sesuai dengan lagu yang dibawakan, Bokura no Life Kimi to no Live, lagu yang menandakan awal perjalanan mereka. Sesudahnya langsung disambung dengan Bokura wa Ima no Naka De, lagu pembuka untuk anime season pertama yang merupakan titik awal dari kesuksesan karir mereka yang melejit. Bila kalian perhatikan, baju tersebut juga dimodifikasi dengan manik-manik di sekujur permukaan, sehingga lebih menarik perhatian daripada sebelumnya.

INTRODUCTION

Setelahnya, kesembilan member berkumpul di depan panggung sambil memperkenalkan diri mereka satu persatu, sambil mengucapkan call and response yang menjadi trademark masing-masing member. Pada saat perkenalan, penonton juga mengubah warna light stick mereka sesuai dengan image color masing-masing member.

Perkenalan dimulai dari member yang berdiri paling kiri yaitu Yurika Kubo (Shikaco) sebagai Hanayo Koizumi. Saat selesai memperkenalkan dirinya dan mengajak semua orang untuk meramaikan acara hari ini, tiba-tiba ia terpeleset lidah, mungkin disebabkan karena ia terlalu tegang. Semua orang spontan langsung tertawa dan menghiburnya.
Selanjutnya disusul dengan Riho Iida sebagai Rin Hoshizora, lalu Pile sebagai Maki Nishikino. Pile tampil beda dengan rambutnya yang berwarna kemerahan serta panjang rambutnya yang disesuaikan dengan Maki.

Setelah pemeran anak-anak kelas 1 selesai memperkenalkan diri, dilanjutkan dengan perkenalan pemeran anak-anak kelas 2. Dimulai dengan perkenalan Mimori Suzuko (Mimorin) sebagai Umi Sonoda yang “menembak” hati semua orang dengan love arrow shoot, disusul dengan perkenalan Emi Nitta (Emitsun) sebagai Honoka Kousaka. Lagi-lagi, seperti layaknya Yurika, ia juga agak terburu-buru pada saat berbicara sehingga dirinya pun salah berbicara. Emitsun langsung tertawa sambil menepuk-nepuk kepalanya dengan malu.

Yang terakhir dari anak kelas 2 adalah perkenalan Aya Uchida sebagai Kotori Minami, yang bermula dengan suaranya yang tiba-tiba menghilang, kemudian matanya mulai berkaca-kaca. Ia berhasil mengucapkan perkenalannya sampai akhir, tetapi terlihat betapa sulit dirinya untuk menahan tangisan karena hari ini adalah hari terakhir mereka untuk tampil.

Selanjutnya disambung dengan perkenalan para anak kelas 3, mulai dari Yoshino Nanjo (Nanjolno) sebagai Eli Ayase yang pada hari kedua ini tidak lupa untuk memperkenalkan dirinya (pada hari pertama, Nanjolno lupa untuk memperkenalkan diri karena terlalu bersemangat), disusul dengan perkenalan Aina Kusuda (Kussun) sebagai Nozomi Tojo, dan Sora Tokui sebagai Nico Yazawa, yang seperti biasa berhasil membuat seluruh penonton tertawa.

Setelah sesi perkenalan selesai, mulailah mereka tampil dengan menyanyikan lagu Natsuiro Egao de 1,2 Jump!, tetapi pada saat ini Nanjolno tidak ikut tampil bersama dengan mereka karena ia masih harus mengistirahatkan dirinya karena cedera pada kakinya. Penampilan dilanjutkan langsung dengan Wonderful Rush dan Yuujou no Change disertai dengan kedatangan Nanjolno di sebuah kereta (dengan membawa boneka-boneka Alpaca) yang kemudian membawa mereka mengelilingi stadium.

μ’s Chronicle – Part 1

μ’s Chronicle adalah tayangan rekaman yang menampilkan sejarah perjalanan μ’s dari awal sampai akhir, yang terbagi dalam lima bagian dan ditayangkan di layar besar. Tayangan ini memungkinkan para member untuk turun ke backstage dan mempersiapkan diri untuk penampilan mereka selanjutnya.

μ’s kembali tampil di atas panggung tanpa Nanjolno, mengenakan baju maid yang baru pertama kali mereka kenakan untuk tampil dan membawakan lagu Mogyutto “Love” de Sekkinchuu! disambung dengan Baby Maybe Koi No Button dan Music S.T.A.R.T!!

Setelah itu, para member μ’s berbicara kepada para penonton tentang baju maid yang mereka kenakan, dan kemudian menyanyikan medley lagu-lagu μ’s, mulai dari Yume no Tobira, Susume Tomorrow, Wonderzone, Korekara no Someday, dan Love Wing Bell. Mulai dari lagu Wonderzone, Nanjolno kembali tampil di panggung dengan kereta yang sama dan ikut bernyanyi bersama.

Selesai bernyanyi, mereka turun dari kereta tersebut dan berbicara kepada para penonton. Panggung kemudian menjadi gelap dan suara-suara serigala mulai terdengar. Pada saat lampu kembali menyala, Nanjolno sudah turun ke backstage, celemek yang mereka kenakan berubah warna menjadi warna oranye dengan motif labu, dan mulai menyanyikan lagu bertema Halloween, Dancing Stars on Me, disusul dengan lagu gembira pada penghujung anime season 2, Happy Maker.

μ’s Chronicle – Part 2

Chronicle kembali ditayangkan, setelahnya Printemps tampil dengan mengenakan baju sesuai dengan cover single pertama mereka dan membawakan lagu WAO WAO Powerful Day!. Dengan penampilan yang ceria dan musik yang gembira, rasanya tidak terbayangkan kalau Ucchi sempat menangis pada saat perkenalan sebelumnya.

Sesi MC para member Printemps mengatakan kalau mereka ingin membawakan lagu yang keren dan jadilah mereka kemudian menyanyikan NO EXIT ORION, yang ditutup dengan salah satu lagu pertama mereka, sweet & sweet holiday.

Trio Printemps turun dari panggung, lalu muncul penampilan dari lily white dengan lagu terbaru mereka, Omoide Ijou ni Naritakute, dilanjutkan dengan salah satu lagu balada andalan, Futari Happiness. Saat menyanyikan lagu ini, terlihat Kussun dengan matanya yang sudah mulai berkaca-kaca.

Sesi MC lily white menyinggung soal baju yang mereka kenakan, yang penuh dengan balon. Yang menarik pada sesi ini adalah mereka mengajak para penonton untuk mengganti seluruh warna light stick mereka menjadi warna pink atau putih, dan menyembunyikannya di belakang punggung sampai nanti mereka memberikan aba-aba untuk mengangkat light stick tersebut. Ya, layaknya cerita zaman dahulu tentang seorang kakek yang bisa memekarkan bunga sakura. Penampilan lily white ditutup dengan lagu Junjou Romantic.

BiBi tampil di stage dengan mengendarai kereta sambil menyanyikan Cutie Panther, dan kemudian Soramaru dan Pile turun untuk berlari ke tengah stage sementara Nanjolno masih mengendarai kereta kecil untuk sampai ke tengah stage. Penampilan mereka dilanjutkan dengan Psychic Fire yang dibawakan dengan sangat enerjik dan diakhiri dengan berdiri di tengah-tengah stage yang diangkat ke atas dengan cukup tinggi.

Sesi MC BiBi meminta penonton untuk mengucapkan BiBi Call, yang kali ini dibawakan oleh Nanjolno, Pile kemudian baru Soramaru, yang secara perlahan-lahan menurunkan mereka dari atas stage. Penampilan ditutup dengan Sakkaku Crossroads, sekaligus mengakhiri penampilan untuk para unit.

μ’s Chronicle – Part 3

event report image Angelic Angel

Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu telah tiba, lagu-lagu dari School Idol Movie mulai dibawakan. Seluruh member μ’s mengenakan baju Angelic Angel sambil mengayunkan kipas dan menyanyikan lagu tersebut. Bila kalian perhatikan, di layar tersebut juga terdapat efek warna kuning dari kipas yang mereka gunakan seperti di dalam film.

Dilanjutkan dengan sesi MC, kemudian disusul dengan penampilan dua macam lagu bertema serupa yaitu Kaguya no Shiro de Odoritai serta Datte Datte Aa Mujou. Lagi, Nanjolno tidak ikut tampil untuk dua lagu ini karena ia masih harus istirahat.

μ’s Chronicle – Part 4

Penampilan kembali dibuka oleh trio anak kelas 1 dengan menyanyikan lagu Hello Hoshi wo Kazoete. Rippi berlari dari atas stage kemudian memutari tiang, disusul dengan Pile yang keluar dari dalam taksi sambil membawa payung, serta Shikaco yang sedang duduk di meja. Pada saat menyanyikan lagu ini, Pile dan Shikaco kemudian membuka baju luar mereka sehingga pada akhirnya mereka mengenakan baju yang sama dengan Rippi.

Selesai penampilan anak kelas 1, dilanjutkan dengan penampilan trio anak kelas 3 yang membawakan ? <– Heartbeat. Mereka berdiri di atas panggung sambil mengenakan kacamata hitam besar, persis dengan di movie. Setelahnya, mereka berlari setelah melepaskan kacamata hitam tersebut dan duduk di atas sofa sambil pura-pura bersantai sampai akhirnya mereka kembali berlari ke tengah-tengah stage dan mengakhiri penampilan mereka dengan mengenakan kacamata yang unik.

Terakhir adalah trio anak kelas 2 yang membawakan lagu Future Style sambil mengenakan baju seragam sekolah Otonokizaka.

μ’s Chronicle – Part 5

Bagian terakhir dari μ’s Chronicle ditayangkan sekaligus menunjukkan betapa pentingnya peranan para penggemar dalam mewujudkan μ’s hingga saat ini.

Event report Image soreboku

Seluruh member μ’s (kecuali Nanjolno) kembali tampil untuk membawakan lagu opening season dua, Sore wa Bokutachi no Kiseki. Setelahnya, Nanjolno kembali dan semua member membawakan lagu mi wa μ’sic no mi, lagu khusus yang dibuat untuk event Fan Meeting 2015, sekaligus juga merupakan pertama kalinya lagu tersebut dibawakan di luar acara Fan Meeting. Dilanjutkan dengan lagu Super LOVE= Super LIVE!, lagu pendamping untuk mi wa μ’sic no mi, lagu yang sangat meriah. Saat ini semua member berpencar ke seluruh bagian dari stage, kemudian berlari ke panggung utama di mana Nanjolno menunggu mereka semua. Seluruh penonton antusias saat Kussun berlari untuk memeluk Nanjolno.

Lagu selanjutnya, No Brand Girls, Nanjolno kembali menghilang. Lagu yang paling meriah dan mungkin merupakan salah satu lagu yang paling ditunggu-tunggu para penggemar, lagi-lagi berhasil mengguncang seisi dome dan membuat suasana menjadi tambah panas. Tanpa istirahat, mereka langsung melanjutkan dengan lagu yang membawa mereka memenangkan Love Live! yaitu Kira-Kira Sensation!

Saat sesi MC, Nanjolno kembali dan mereka akhirnya membawakan lagu Sunny Day Song. Sebelumnya, Rippi sebagai pemimpin μ’s yang baru, diminta untuk mengajarkan tarian yang akan digunakan di dalam lagu ini. Setelah penonton diajak untuk mencobanya bersama, barulah akhirnya mereka mulai menyanyikan lagu ini.

Sunny Day Song disambut dengan sangat meriah oleh para penggemar, yang juga sekaligus merupakan lagu penutup untuk konser utama ini. Setelahnya, seluruh member μ’s mengucapkan terima kasih dan turun ke belakang panggung. Tidak lama setelah itu, langsung para penggemar meneriakkan encore sampai akhirnya ditayangkanlah sebuah video di layar besar.

Encore Video

Encore video kali ini menampilkan cuplikan PV dari single pertama sampai terakhir dan juga lagu opening untuk season 1 dan 2.

Seluruh member μ’s tampil kembali dengan mengenakan baju pertama mereka dan membawakan lagu START:DASH!!, lagu yang menjadi penanda awal mereka bisa berkembang. Lalu dilanjutkan dengan lagu yang sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar yaitu Snow Halation.

Snow Halation kali ini sangat meriah, terutama karena trademark perubahan warna light stick dari putih menjadi warna oranye. Kali ini mereka melakukannya di Tokyo Dome, dan tempat ini akan menjadi tempat yang sangat dikenang oleh mereka.

Event report image Snow Halation

Perbandingan perubahan warna light stick dari putih menjadi orange di setiap live.

Fun Fact: Harga dari 1 Ultra Orange stick yang dipakai khusus untuk salah satu bagian Snow Halation ini adalah 100 Yen. Ada sekitar 50.000 Ultra Orange yang dipakai saat Final Live, jadi ini merupakan pemandangan 5 juta Yen.

Saat menyanyikan lagu Oh! Love&Peace, sebagian dari para member sudah hampir menangis. Kemudian dilanjutkan dengan Donna toki mo Zutto yang dibawakan oleh semua member dengan menaiki kereta.

Lalu tibalah saatnya untuk sesi MC terakhir. Untuk apa yang mereka katakan pada saat MC ini, bisa kalian baca melalui tweet di bawah :

Sangat jelas kalau pada saat ini sebagian besar dari member μ’s menahan tangisnya, terutama Ucchi dan Emitsun. Selanjutnya mereka membawakan final single mereka, Moment Ring.

Event report image moment ring

Moment Ring memiliki banyak momen saat mereka berpelukan satu sama lain dan berkumpul bersama. Meskipun memiliki nada yang bersemangat, liriknya tetap terasa agak sedih.

Setelah μ’s turun, kembali para penonton meneriakkan encore, kemudian mulailah diputar video terakhir

Double Encore Video – How did they feel after all these 6 years

Event report image 3

Video kali ini menceritakan bagaimana perasaan mereka setelah enam tahun bersama dengan seri ini. Bagaimana pada awalnya mereka sangat gugup pada saat bertemu satu sama lain dan betapa inginnya Soramaru agar kita terus mengingat tentang μ’s. Bahkan setelah kita semua sudah tua nanti, ia ingin kita menyanyikan lagu-lagu μ’s di tempat karaoke layaknya lagu anime-anime lawas.

Saat mengingat perjalanan mereka selama ini, Emitsun sudah hampir menangis tetapi akhirnya ia bisa mengatakan kalimat yang sama seperti Honoka – “Akhirnya kami bisa mengantar semuanya sampai akhir.”

Untuk penutup dari video tersebut, ditampilkan cuplikan dari konser pertama sampai konser kelima, diiringi dengan lagu instrumental yang akan membawa orang-orang yang menonton konser-konser mereka kembali mengingat panjangnya perjalanan mereka sampai saat ini.

Tak berapa lama setelahnya, muncul animasi yang persis seperti adegan penutup di Love Live! School Idol Movie, saat mereka semua berkumpul melakukan hitungan 1 sampai 9, yang tentu saja juga diikuti oleh seluruh penonton yang menghitung sampai 10. μ’s Music Start!!

Kelopak bunga raksasa muncul di atas stage, yang kemudian terbuka dan di dalamnya muncul seluruh member μ’s menyanyikan lagu perpisahan, Bokutachi wa Hitotsu no Hikari, yang dibawakan persis sama seperti di filmnya. Saat ini, saya percaya bahwa hampir tidak ada orang yang bisa menahan tangisnya, baik para member maupun seluruh penonton.

Event report the best stage

This is probably the most beautiful stage I have ever seen

Di penghujung lagu, mereka melepaskan bagian atas baju, yang kemudian merubah baju yang mereka kenakan menjadi baju berwarna putih, dengan rok bermotif bunga, sesuai dengan warna mereka masing-masing.

event report image bokuhikari

Setelah lagu ini selesai, versi instrumen lagu ini tetap diputar dan seluruh penonton mulai menyanyikan lagu tersebut bersama-sama. Seluruh member μ’s dengan penuh tangisan berkumpul bersama di tengah sambil mengucapkan terima kasih untuk selama ini, baik kepada sesama member ataupun kepada semua orang yang telah mendukung mereka selama ini sampai akhir.

Setelahnya, pada saat mereka akan diturunkan menggunakan platform ke belakang stage, semuanya ikut menyanyikan bagian “ima ga saikou!” Sesaat sebelum turun, mereka kembali berpegangan tangan dan mengucapkan terima kasih sambil menundukkan badan.

Event report image last

Set List Day 2:

1. Bokura no Life Kimi to No Live
2. Bokura wa Ima no Naka De

Introduction
3. Natsuiro Egao de 1,2 Jump!
4. Wonderful Rush
5. Yuujou no Change

μ’s Chronicle – Part 1
6. Mogyutto “Love” de Sekkinchuu!
7. Baby Maybe Koi no Button
8. Music S.T.A.R.T!!
MC
9. Yume no tobira (medley)
10. Susume tomorrow (medley)
11. Wonderzone (medley)
12. Korekara no someday (medley)
13. Love wing bell (medley)
MC
14. Dancing stars on me
15. Happy maker (Short Ver)

μ’s Chronicle – Part 2
16. WAO WAO Powerful Day! (Printemps)
MC Printemps
17. NO EXIT ORION (Printemps)
18. sweet&sweet holiday (Printemps)
19. Omoide Ijou ni Naritakute (lily white)
20. Futari Happiness (lily white)
MC lily white
21. Shunjou Romatic (lily white)
22. Cutie Panther (BiBi)
23. PSYCHIC FIRE (BiBi)
MC BiBi
24. Sakkaku Crossroads (BiBi)

μ’s Chronicle – Part 3
25. Angelic Angel
MC
26. Kaguya no Shiro de Odoritai
27. Datte Datte Aa Mujou

μ’s Chronicle – Part 4
28. hello hoshi wo kazoete
29. ? <– Heartbeat
30. Future Style

μ’s Chronicle – Part 5
31. Sore wa bokutachi no kiseki
MC
32. mi wa μ’sic no mi
33. Super LOVE=Super LIVE!
34. no brand girls
35. kira kira sensation!
MC
36- SUNNY DAY SONG (Movie Ver.)

Encore Video
37. START:DASH!!
38. Snow Halation
39. Oh,love&peace!
40. Donna Toki mo Zutto
MC
50. MOMENT RING

Double Encore Video – How did they feel after all these 6 years
51- Bokutachi wa Hitotsu no Hikari – END

Set list kali ini bisa dibilang cukup memuaskan, mencakup seluruh single utama μ’s dan juga hampir semua lagu yang dibawakan di TV anime, serta seluruh lagu yang dibawakan di movie tentunya.

Live Viewing di Indonesia

Jadi bagaimana dengan live viewing di Indonesia? Live Viewing diadakan di bioskop Senayan XXI, dan karena live kali ini merupakan live terakhir, tentunya banyak loveliver dari berbagai macam tempat di Indonesia yang meluangkan waktu dan tenaganya untuk pergi ke Jakarta, seperti dari Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan berbagai kota lainnya. Semua penonton sangat antusias dan tidak sedikit dari mereka yang menangis di beberapa lagu, terutama di Bokutachi wa Hitotsu no Hikari.

LL FOREVER01

Group photo hari pertama

LL FOREVER02

Group photo hari kedua

Terima kasih kepada semua teman-teman yang sudah menyaksikan konser terakhir μ’s, kepada pihak bioskop dan juga semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan live viewing ini, dan juga semua staf yang memungkinkan konser tersebut berjalan dengan mulus.

Dengan ini perjalanan μ’s selama enam tahun berakhir. Terima kasih atas segalanya kepada Emi Nitta, Suzuko Mimori, Aya Uchida, Pile, Riho Iida, Yurika Kubo, Nanjo Yoshino, Aina Kusuda, Sora Tokui, Honoka Kousaka, Umi Sonoda, Kotori Minami, Maki Nishikino, Rin Hoshizora, Hanayo Koizumi, Eli Ayase, Nozomi Tojo, dan Nico Yazawa.

 event report last image

Image Source: twitter, mantan-web