Seorang Youtuber Mengadakan Eksperimen Sosial, Seberapa Jujurnya Warga Jepang

April 4, 2016 16:30
Seorang Youtuber Mengadakan Eksperimen Sosial, Seberapa Jujurnya Warga Jepang

Kejujuran merupakan sebuah hal yang sangat dijunjung di Jepang. Banyak orang dari berbagai lapisan yang memiliki kejujuran tinggi. Mungkin hal tersebut adalah sebuah hasil dari cara hidup bushido yang telah ada sejak zaman dahulu dan dibawa sampai sekarang ini. Sehingga tidak heran bila Jepang menjadi salah satu negara dengan tingkat tindak kriminal yang paling rendah di dunia.

Bila kamu pernah mengantri di acara Comiket, pengalaman beberapa teman saya mengatakan kamu dapat meninggalkan tasmu di tempatmu mengantri, membeli makanan, dan tas tersebut akan tetap berada di sana. Pengalaman teman saya yang lain termasuk meninggalkan smartphone-nya di area publik setelah mengisi formulir di sekolah, baru sadar satu jam kemudian, dan smartphone tersebut tetap ada di sana tanpa ada yang mengambil. Tidak bisa dipercaya? Sama dong saya juga takjub.

Namun apalah artinya kata-kata, kalau kita bisa melihat sendiri bagaimana seorang Youtuber bernama Zenim dari channel Monkey Phyton melakukan sebuah eksperimen sosial dalam video di bawah ini.

Dalam videonya, Zenim menjatuhkan dompetnya 15 kali, dan dari 15 percobaan tersebut dompetnya selalu dikembalikan oleh orang-orang yang menyadarinya. Mereka sama sekali tidak ragu untuk langsung mengembalikan dompet Zenim, bahkan tidak jarang mereka mengejarnya hanya untuk mengembalikan dompet tersebut. Sayang, sepertinya Zenim seharusnya melakukan lebih banyak lagi eksperimen, 50-100 kali menjatuhkan dompet misalnya, supaya probabilitasnya makin real.

Bagaimana bila eksperimen tersebut dilakukan di Indonesia katamu? Gampang, berikut adalah video dari channel Katakan Dennis yang melakukan eksperimen serupa di Surabaya. Lihat saja videonya di bawah ini.

Ya, kalau di Indonesia, sayangnya pasti ada saja yang mengambil….

Sumber: Japan Today