[JOI Travel] Mencicipi Uniknya Ramen Bakar di Kyoto

April 6, 2016 18:00
[JOI Travel] Mencicipi Uniknya Ramen Bakar di Kyoto

Halo semua! Kali ini saya sedang di Jepang untuk mencari jati diri lewat wisata. Tentu saya akan menulis hal-hal yang mulai dari yang penting hingga tidak penting mengenai negeri para wibu pada rubrik JOI Travel ini.

Kali ini saya sedang berada di Kyoto dan mencicipi sebuah ramen yang katanya terkenal dan selalu ada antrian di depannya.

JOI - Ramen bakar (3)

Restoran yang bernama Gogyo Kyoto ini menyajikan Ramen yang terbilang unik. Sebuah ramen yang “dibakar.” Antriannya memang lumayan, terbukti 30 menit sebelum buka pun sudah cukup banyak orang mengantri.

JOI - Ramen bakar (2)

Saat masuk tempatnya memang sangat bagus dan tergolong kecil. Tak heran banyak yang mengantri.

JOI - Ramen bakar (6)

Disini saya memesan Kagashi Miso-men atau yang disebut Burned Miso Ramen tanpa daging.

JOI - Ramen bakar (4)

Kesan pertama saya saat melihat kuahnya seperti kuah rawon, nyaris hitam karena gosongnya. Untuk dari segi rasa, ramen ini tergolong unik dan aneh karena ada rasa gosong dicampur dengan rasa miso pada umumnya dan meninggalkan kesan tidak enak di kerongkongan. Bayangkan ayam bakar yang kemudian dijadikan kaldu, kurang lebih seperti itu rasanya. Ramen ini juga memiliki rasa yang kaya karena campuran dan sensasi bakar-nya.

JOI - Ramen bakar (5)

Harga ramen-nya tergolong standar untuk ukuran Jepang dengan harga seporsinya 880 Yen (Sekitar 105.000 Rupiah.) Apakah enak? Sejujurnya saya lebih memilih ramen kuah miso biasa dibandingkan ini. Tetapi jika kalian belum pernah mencoba ramen sejenis ini, tidak ada salahnya mencoba Ramen Bakar ini.