Apa Arti ‘Weeaboo’ Menurut Orang Jepang? Tonton Saja Video Ini

April 8, 2016 4:00 pm
Apa Arti ‘Weeaboo’ Menurut Orang Jepang? Tonton Saja Video Ini

Kamu yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia otaku pasti sudah kenal dengan kata weeaboo, atau yang lebih suka disingkat dengan kata wibu. Kata weeaboo sendiri artinya diperuntukkan bagi orang-orang yang terobsesi kepada semua hal berbau Jepang, serta berusaha untuk bersikap seperti mereka kapanpun dan dimanapun. Jadi bila ada teman kamu yang suka membahas hal-hal berbau Jepang seperti JOI dan ngomongnya ditambah-tambah -desu, –chan, –kun, dan lain sebagainya, kemungkinan sangat besar mereka adalah weeaboo.

Namun, apa arti weeaboo sendiri bagi orang Jepang? Apakah mereka yang bukan otaku pernah mendengar apa itu weeaboo? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, seorang Youtuber That Japanese Man Yuta bertanya kepada beberapa pejalan kaki apakah mereka familiar dengan kata tersebut. Hasilnya dapat kamu lihat di video di bawah ini:

Saya juga tidak heran bila banyak orang Jepang yang tidak tahu kata weeaboo, karena kata tersebut adalah kata yang dipercaya berasal dari 4chan. Menarik sekali melihat tanggapan mereka mengenai kata ini, banyak yang berusaha melihatnya dari sisi positif karena para weeaboo ini dapat menyebarkan hal-hal berbau Jepang kepada dunia. Namun ada juga yang berpendapat kalau mereka tidak terkesan karena para weeaboo ini sepertinya tidak peduli terhadap negaranya sendiri. Tapi ada juga yang bahagia terhadap para weeaboo ini karena mereka dianggap suka dengan Jepang.

Di Indonesia sendiri, kata weeaboo juga sudah mengalami beberapa kali pergeseran makna, sepertinya sekarang kata tersebut lebih mudah untuk digunakan sebagai ejekan kepada orang-orang yang suka menonton anime. Sedikit-sedikit “wibu luh, wibu luh” sehingga maknanya jauh bergeser dari makna awalnya yang lebih sempit. Bahkan tidak jarang saya bertemu orang-orang yang bangga menjadi weeaboo, ada juga yang menamai dirinya Wibu Teladan.

Bagaimana denganmu? Apa pendapatmu tentang weeaboo/wibu?

Sumber: Rocketnews