Editor ‘SAO’ & ‘Index’ Kazuma Miki Tinggalkan Kadokawa untuk Dirikan Perusahaan Baru

April 8, 2016 10:06 am
Editor ‘SAO’ & ‘Index’ Kazuma Miki Tinggalkan Kadokawa untuk Dirikan Perusahaan Baru

Kalau kita berbicara soal light novel, judul-judul yang kalian kenal pasti ada banyak seperti Sword Art Online, To Aru Majutsu no Index, dan masih banyak lainnya. Yang menjadi persamaan dari judul-judul tersebut adalah semuanya diterbitkan oleh Dengeki Bunko dan ditangani oleh editor Kazuma Miki. Sekarang diumumkan bahwa Miki keluar dari Kadokawa yang merupakan induk perusahaan dari Dengeki Bunko untuk mendirikan perusahaan baru.

Kepala editor di Dengeki Bunko ini keluar dari penerbit tersebut pada tanggal 31 Maret dan kemudian mendirikan perusahaan baru bernama Straight Edge pada tanggal 1 April. Selain Miki, Kazutomo Suzuki yang sebelumnya bertugas sebagai executive manager di ASCII Media Works milik Kadokawa juga bergabung ke Straight Edge sebagai anggota dewan.

Perusahaan baru ini akan berfokus untuk menangani talenta dan memproduksi konten, contohnya untuk publikasi atau animasi. Nama perusahaan ini merujuk kepada bagaimana mereka berencana untuk membantu pengarang dengan menawarkan panduan dan bagaimana cara mereka bisa mencapai tujuan mereka. Saat ini mereka masih belum mengumumkan rencana untuk menerbitkan judul dari mereka sendiri.

kazuma-miki-straight-edge

Beberapa pengarang yang sudah dikontrak oleh Straight Edge adalah Kazuma Kamachi (To Aru Majutsu no Index, Heavy Object), Reki Kawahara (Sword Art Online, Accel World), Tsutomu Satou (Mahouka Koukou no Rettousei), dan Tsukasa Fushimi (Ore no Imouto ga Konna ni Kawaii Wake ga Nai, Eromanga Sensei). Sedangkan modal yang dimiliki Straight Edge adalah sebesar 9,9 juta Yen (sekitar 1,2 milyar Rupiah).

Miki bergabung dengan Dengeki Bunko pada tahun 2001 di departemen editorial. Pada saat itu dia menangani Shakugan no Shana dan kemudian diangkat menjadi kepala editor pada tahun 2014. Karya-karya yang ditangani Miki adalah karya-karya yang sukses dan biasanya menjadi anime, contohnya adalah To Aru Majutsu no Index, Sword Art Online, dan Mahouka Koukou no Rettousei. Dia juga menjadi produser untuk ketiga seri tersebut ketika menjadi serial anime. Dia juga pernah merilis buku autobiografi “Omoshirokereba Nandemo Ari: Hakkou Ruikei 6.000-man-bu ― To Aru Henshuu no Life Work” (If It’s Interesting It Can Be Anything: 60 Million Copies in Print ― A Certain Editor’s Life Work).

Sumber: ANN