[Celebrity Sunday] Mana Ashida

April 10, 2016 16:00
[Celebrity Sunday] Mana Ashida

Kalau kalian rajin menonton dorama atau seorang lolicon pecinta anak kecil, kalian pasti mengenal Mana Ashida. Di Celebrity Sunday kali ini, kalian akan berkenalan lebih dekat dengan aktris kecil yang pernah tampil di Hollywood ini.

Mana Ashida lahir pada tanggal 23 Juni 2004 dan pertama kali tampil di televisi pada acara TV ABC Family Lesson Short Movie 2: Daibouken Mama pada tahun 2009. Tetapi sebenarnya Mana masuk ke dunia hiburan ketika umur 3 tahun. Mana masuk ke dunia hiburan atas saran ibunya yang mengatakan, “Karena terlihat menyenangkan, ayo dicoba.”

Karir Mana langsung melejit setelah tampil di dorama Mother yang tayang pada tahun 2010. Berkat dorama yang menceritakan tentang ibu yang melakukan kekerasan kepada anaknya ini, Mana berhasil memenangkan Rookie of the Year di acara penghargaan The Television Dorama Academy Award ke -65.

celeb-sunday-ashida-mana-3

Tahun 2011 adalah masa keemasan Mana. Selain memenangkan Rookie of the Year, dia juga berhasil lolos audisi untuk dorama sejarah di NHK Gou ~Himetachi no Sengoku~ yang dikuti oleh 300 orang. Tidak hanya itu, dia juga tampil di dorama Sayonara Bokutachi no Youchien. Di sana, Mana mencetak rekor sebagai aktris termuda sepanjang sejarah dorama Jepang. Mana terus melanjutkan rekornya dalam berbagai dorama dan variety show sebagai aktris termuda atau MC termuda.

Untuk dorama Marumo no Okite, Mana juga debut sebagai penyanyi. Dia menyanyikan lagu tema dorama tersebut yang berjudul “Maru–Maru–Mori-Mori!” bersama aktor anak yang tampil di dorama tersebut juga yaitu Fuku Suzuki dengan nama unit Kaoru to Tomoki, Tamani Mook.

celeb-sunday-ashida-mana-1

Ternyata lagu tersebut sangat sukses. Tidak hanya berhasil menduduki papan atas ranking Oricon saja, mereka juga berhasil mencetak rekor sebagai grup termuda yang berhasil memasuki 10 besar ranking Oricon. Bahkan mereka juga bisa tampil di acara NHK Kouhaku Uta Gassen, acara musik terbesar di Jepang yang tayang di tiap akhir tahun.

Ternyata kesuksesan Mana Ashida di dunia dorama ini berhasil membawa karirnya semakin luas. Dia mengisi suara untuk film anime Magic Tree House, mengisi suara Agnes untuk versi Jepang dari film Despicable Me, dan juga film China Aftershock. Bahkan, Mana pun sempat tampil di film Pacific Rim sebagai Mako Mori waktu masih kecil.

celeb-sunday-ashida-mana-4

Beberapa fakta menarik mengenai Mana adalah ketika dia pertama kali masuk ke dunia hiburan di umur 3 tahun dan audisinya gagal, dia menangis. Pada saat umur 4 tahun, dia sudah hafal semua hiragana, dan pada saat pindah dari TK ke SD, Mana setiap bulannya membaca buku hingga 60 buku. Salah satu keahlian Mana adalah berbicara logat biasa ketika di Tokyo dan berbicara logat Kansai di kampung halamannya.

Ketika ikut audisi untuk Mother, yang membuat karirnya melejit, Mana awalnya tidak bisa ikut karena dia masih berumur 5 tahun dan persyaratannya adalah 7 tahun. Tetapi agensinya menyarankan untuk tetap ikut audisi meski persyaratan tidak lulus. Pada saat audisi di bagian akting dan wawancara, para staf-nya bisa melihat bahwa Mana berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Mereka merasa tidak boleh melewatkan kesempatan ini dan harus memilih Mana. Karena umurnya kurang, mereka mengubah skripnya agar sesuai dengan Mana.

celeb-sunday-ashida-mana-5

Mana adalah fans berat anime Jewelpet. Ketika dia mendapatkan tawaran untuk menyanyikan lagu tema untuk anime Jewelpet Kira☆Deco!, dia sangat senang. Bahkan dia juga tampil di film anime Jewelpet the Movie: Sweets Dance Princess sebagai karakter Princess Mana.

Mana mengungkapkan bahwa mimpi masa depannya adalah, “Banyak belajar agar bisa menjadi aktris yang populer hingga luar negeri.” Tetapi waktu Mother baru hits dan Mana masih kecil, dia sempat mengungkapkan di variety show bahwa mimpinya adalah, “Banyak mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan banyak uang yang akan ditabung.”

Karena umurnya masih 11 tahun, Mana Ashida masih belum memiliki akun social media yang biasanya minimal umur penggunaannya adalah 13 tahun.