Terlalu Banyak Gambar R18, Pixiv Memperketat Aturan Gambar Ellen Baker

April 11, 2016 1:57 pm
Terlalu Banyak Gambar R18, Pixiv Memperketat Aturan Gambar Ellen Baker

Hanya berselang beberapa hari sejak kemunculan pertamanya, ibu guru favorit internet saat ini, Ellen Baker, juga membanjiri internet dengan ratusan karya-karya penggemar. Karya-karya tersebut pun bermacam-macam, mulai dari yang chibi-chibi imut, innocent lucu, sampai ke yang dewasa mesum. Namun mengetahui kreativitas manusia-manusia di ranah maya, tidak perlu dipungkiri lagi yang dewasa memang lebih banyak daripada yang innocent lucu.

JOI - ellen baker why japanese people (4)(sumber)

Hal ini menyebabkan sebuah rumor beredar kalau para netizen tidak boleh lagi mengunggah gambar karakter Ellen Baker, apalagi dengan pose mesum. Namun, penerbit buku NEW HORIZON menjawab kalau mereka tidak pernah mengatakan hal tersebut.

Untuk mengontrol supaya image Ellen (yang notabene, seorang guru) tidak menjadi lebih mesum lagi, Pixiv menghimbau kepada para penggunanya supaya mereka selalu berhati-hati saat mengunggah gambar mereka. Pixiv meminta kepada semua pengunggah gambar Ellen Baker yang memiliki tag R18 tidak menyertakan tag NEWHORIZON」atau「ニューホライズン」 kepada gambarnya. Hal ini diberlakukan supaya anak-anak di bawah umur tidak melihat gambar mesum ibu guru secara tidak sengaja.

JOI - ellen baker why japanese people (1)

Pixiv juga menspesifikasikan gambar-gambar seperti apa yang sebaiknya tidak dikait-kaitkan dengan NEW HORIZON. Di antaranya seperti gambar Ellen yang hanya memakai pakaian dalam, Ellen yang sedang berganti baju, dan pastinya gambar-gambar lain yang ‘hampir kelihatan’ atau malah kelihatan semua. Terutama gambar-gambar yang bertema erotis dan berfokus pada bagian-bagian tubuh seperti dada dan paha.

Saya mengerti kenapa Pixiv harus memberlakukan aturan ini, karena selain mesum, membuat karakter guru menjadi sebuah obyek seksual memang terasa sedikit melewati batas. Mereka juga tidak ingin buku NEW HORIZON terkait dengan gambar-gambar tersebut. Terlebih Ellen adalah karakter yang muncul dalam sebuah buku pelajaran anak sekolah, berbeda dengan guru-guru dalam anime yang berbeda target pasarnya.

Ellen Baker dibuat untuk mengajarkan bahasa Inggris, bukan untuk dibuat merchandise-nya. Tapi saya gak nolak sih kalau benar ada.

JOI - ellen baker why japanese people (2)(sumber)

Tapi Pixiv juga tidak membatasi kreativitas para penggunanya. Bila kamu mencari gambar mesum Ellen di situs tersebut, gambarnya masih tetap ada. Hanya saja gambar tersebut tidak bisa dilihat oleh mereka yang masih berada di bawah umur. Akan menjadi sebuah masalah dalam skala nasional bila anak-anak di Jepang mulai mengaitkan karakter dalam buku pelajaran mereka dengan sifat-sifat yang tidak baik tersebut. Bahkan ilustratornya sendiri juga minta tolong supaya kamu menggambar Ellen yang normal-normal saja.

Sumber: Hachima Kikou
Gambar: Pixiv