[Waifu Wednesday] Kaga

April 13, 2016 4:30 pm
[Waifu Wednesday] Kaga

Sudah lama rasanya kita tidak menghantarkan waifu hasil moefikasi ke dalam rubrik Waifu Wednesday. Setelah perang heroine dari seri Nisekoi dan rentetan waifu menarik lainnya, sepertinya saya cukup kangen untuk kembali membahas kapal sebagai waifu. Karena itu, mari kita sambut waifu kapal kali ini yang saya yakin sudah ditunggu oleh banyak orang, Kaga.

JOI - waifu wednesday kaga (3)

Kaga pada dasarnya adalah salah satu kapal pembawa pesawat terbang milik Jepang yang berjasa dalam penyerangan Pearl Harbour. Dia juga memiliki kapasitas kapal dan salah satu ukuran dada terbesar dalam game Kantai Collection, sehingga tidak heran bila Kaga memiliki banyak penggemar. Walaupun belum mendapatkan versi Kai Ni, Kaga cukup kuat dan masih menjadi salah satu CV favorit yang paling sering digunakan oleh para admiral.

Lalu alasan apa sajakah yang membuat para admiral mau menjadikan kapal satu ini menjadi waifu? Mari kita bahas di bawah ini.

+ Cocok buat kamu yang suka waifu poker face

Salah satu sifat Kaga yang paling menarik dan menonjol dibandingkan dengan kapal-kapal lain adalah betapa emotionless-nya kapal moe yang satu ini. Ditambah Kaga juga digambar oleh Shibafu, artis yang satu ini sepertinya memang sedikit minim ekspresi dalam menggambar, sehingga Kaga terlihat sangat dingin dari gambar dalam game-nya. Saya yakin muka dingin Kaga akan sangat berguna saat mereka bermain poker, karena tidak ada yang bisa menebak ekspresinya.

JOI - waifu wednesday kaga (8)

Tapi justru karena ekspresinya yang dingin itu dia disukai oleh banyak admiral. Terutama para admiral yang senang mencari pacar yang suka jual mahal, tsundere, atau simply maso.

Kaga yang disuarakan oleh Iguchi Yuka selalu terdengar calm and composed. Sepertinya kapal yang satu ini memang tidak pernah memperlihatkan emosi selain menyangkut kapal favoritnya, Akagi. Bahkan saat event Valentine 2016 pun saya hampir tidak bisa merasakan emosi di suaranya. Suara yang tidak memiliki emosi ini juga dianggap dewasa oleh banyak orang, sehingga banyak doujinka yang menggambarkan Kaga jauh lebih dewasa dibandingkan kapal lain.

Tapi jangan takut, bila kamu menikahi Kaga di dalam gamenya, kamu bisa mendengar sebenarnya dia pun bahagia, baik dari perkataan maupun nada bicaranya.

+ She can cook

Walaupun tidak memiliki banyak emosi, Kaga cukup perhatian bahkan terhadap admiralnya. Setiap jam 7 malam Kaga akan menghidangkan nikujaga, hidangan yang dibuat dari daging dan kentang yang dianggap memiliki tempat khusus bagi pria-pria zaman dulu. Apalagi bila dihidangkan oleh seorang waifu. Mungkin saja nikujaga tersebut adalah kode dari Kaga untuk minta cincin kawin dari kamu.

JOI - waifu wednesday kaga (5)

Sayangnya, sebenarnya nikujaga adalah hidangan buatan koki kapal perang di masa perang dunia kedua. Admiral Tougou Heihachirou ingin makan beef stew seperti yang dimakan oleh armada Inggris. Karena itu dia meminta para koki untuk membuat masakan yang kemudian menjadi salah satu masakan paling populer dari Jepang. Sayang ya, makanan ini ternyata bukan buatan waifu. Tapi tenang saja, apapun yang Kaga hidangkan untukmu pastinya penuh cinta dan bauksit.

Kaga juga terkenal banyak menghabiskan makanan, jadi sering-seringlah kamu cek bahan makanan apa yang tersisa di dapur.

+ Penuh tanggung jawab

JOI - waifu wednesday kaga (6)

Sebagai salah satu kapal dari First Division Carrier, Kaga memiliki harga diri yang sangat tinggi atas posisinya tersebut. Dia sangat disiplin bila menyangkut dirinya dan Akagi, yang seringnya jauh lebih ceroboh walau terlihat proper. Kaga juga terlihat sangat sensitif kepada Shoukaku dan (terutama) Zuikaku karena harga dirinya yang tinggi sebagai kapal dari First Division. Dia ingin supaya kapal-kapal penerusnya memiliki harga diri yang sama dan terus menjunjung tinggi semangat Jepang.

Harga diri yang tinggi dari Kaga tersebut harus dibayar mahal saat melindungi Zuikaku dalam anime-nya. Walaupun sepertinya sangat sinis, ternyata Kaga ternyata tetap memperhatikan ‘adik kelas’ kapalnya.

+ Full of gap moe

JOI - waifu wednesday kaga (7)

Kaga juga penuh dengan gap moe yang membuat impact saat emosinya keluar menjadi luar biasa. Contohnya saat dia ternyata bisa membuat kelinci dari handuk, siapa yang menyangka Kaga punya sisi seperti itu? Juga saat dia diam-diam mengkhawatirkan Fifth Carrier Division saat berendam dalam dock bersama Akagi. Hal-hal kecil seperti ini membuat saya sangat mengapresiasi perasaan Kaga dan membuat banyak orang makin jatuh cinta kepadanya.

Namun apakah Kaga benar-benar cocok untuk menjadi waifu? Halangan apa saja yang harus kamu tempuh untuk bisa meminang kapal tanpa emosi ini? Atau apa yang harus diubah supaya kamu bisa cocok dengannya? Mari kita bahas kelemahan Kaga sebagai waifu di bawah ini.

– Kamu itu bukan Akagi

JOI - waifu wednesday kaga (2)

Ya, sudah jelas salah satu halangan terbesarmu adalah sister ship milik Kaga sendiri, Akagi. Sepertinya tidak berlebihan bila saya menganggap Kaga itu baby sitter Akagi, dan banyak seniman di internet yang juga menganggap Akagi sebagai anak asuh Kaga. Walaupun jelas, Akagi seharusnya adalah kakak dari Kaga, tapi cinta Kaga terhadap Akagi dapat membalik peran tersebut.

Perhatian ini juga diperlihatkan dalam game, dimana pada jam-jam tertentu Kaga senang mengunjungi Akagi, setidaknya 2 kali dalam sehari dia akan meninggalkanmu untuk mendapatkan dosis Akagi harian. Dalam beberapa line, misalnya saat Natal 2015 pun setelah memberimu selamat Natal, dia akan tetap mencari Akagi. Malam Natal berduaan sama Kaga? Selamat mimpi sampai besok.

– Susah dibaca

JOI - waifu wednesday kaga (9)

Saya rasa hampir mustahil bagi seorang manusia biasa bila harus membaca pikiran Kaga, karena dia benar-benar emotionless dan tidak bisa ditebak. Jadi kalau Kaga sedang marah denganmu, saya rasa hampir 100% kamu tidak akan menebaknya. Kamu baru tahu Kaga marah saat kamu ditabrak oleh kapal Ryuusei atau dijatuhi beberapa ton bom. Itu juga kalau kamu selamat dari serangan itu.

Namun itulah tugasmu untuk meluluhlantakkan hati Kaga dan menjadikannya waifu-mu, apakah kamu bisa membuatnya mabuk kepayang dan berpaling dari Akagi?

Kaga adalah seorang wanita yang kuat, baik secara mental maupun secara fisik. Ya jelas lah, dia kan kapal, bego banget sih yang nulis. Dia mampu untuk beradaptasi dengan dirimu dan dapat mendisiplinkan dirimu dimanapun dan kapanpun bila kamu mulai bertingkah aneh-aneh. Tapi mungkin jauh di dalam hatinya dia menyimpan perasaan yang besar sehingga dia mau tetap bekerja di bawah perintahmu.

JOI - waifu wednesday kaga (4)

Bagaimana kamu sebagai admiral dapat menarik perasaan Kaga adalah pertanyaannya. Sebagai seorang waifu, saya yakin Kaga sangat bertanggung jawab, dia bisa melakukan semua pekerjaan istri dengan baik dan masih memberimu perhatian. Hanya saja kamu harus sedikit sensitif dan mulai bisa membedakan emosi Kaga dari hal-hal terkecil seperti nada bicara dan perubahan ekspresi.

Tapi saya yakin dan percaya Kaga dapat menjadi waifu idaman.