[Celebrity Sunday] Hiro Shimono

April 17, 2016 6:00 pm
[Celebrity Sunday] Hiro Shimono

Dalam Celebrity Sunday minggu ini, JOI akan membahas tentang Hiro Shimono, seiyuu yang digemari oleh fans laki-laki karena sering mendapatkan peran kocak dan fans perempuan karena sering mendapatkan peran dalam game dan anime yang ditargetkan untuk perempuan.

Shimono ingin menjadi seiyuu berkat serial anime The Irresponsible Captain Tylor. Dia melihat anime ini pada saat kelas 3 SMP. Karena stres menghadapi ujian dan baru pertama kali ditolak oleh perempuan, dia refreshing dengan menonton anime The Irresponsible Captain Tylor. Setelah menonton anime tersebut, Shimono merasa ingin menjadi orang dewasa seperti Tylor sang tokoh utama.

celeb-sunday-shimono-hiro-1

Selain itu, dia juga mendengarkan acara radio seiyuu dan berpikir, “Ternyata ada dunia yang menyenangkan seperti ini.” Setelah itu, dia memutuskan untuk menjadi seiyuu.

Pada saat SMA, dia bergabung dengan klub teater. Setelah lulus, Shimono masuk ke Nihon Narration Engi Kenkyuujou untuk belajar ilmu-ilmu seiyuu. Pada saat masih belajar di sekolah tersebut, Shimono ikut audisi untuk masuk kantor agensi seiyuu. Dia berhasil diterima di I’m Enterprise, agensi yang cukup terkenal berisikan seiyuu-seiyuu dengan kepribadian yang kocak.

celeb-sunday-shimono-hiro-2

Debut seiyuu Shimono adalah mengisi suara Theo di Atelier Lily: The Alchemist of Salburg 3 yang rilis untuk PlayStation 2 pada tahun 2001. Tidak lama kemudian, di tahun 2002 Shimono langsung debut di anime dengan mengisi suara tokoh utama Ayato Kamina di RahXephon.

Tetapi sebenarnya pada saat terpilih di audisi RahXephon, Shimono belum memiliki pengalaman rekaman suara untuk anime di Nihon Narration Engi Kenkyuujou. Bahkan seminggu sebelum mengisi suara di RahXephon, Shimono baru pertama kali mendapatkan pelajaran soal mikrofon.

celeb-sunday-shimono-hiro-3

Pada saat itu, Shimono juga terus-menerus gagal audisi. Bahkan hingga mengatakan, “Jika audisi ini [RahXepon] gagal juga, saya akan berhenti jadi seiyuu. Saya tidak punya bakat!” Pada saat paruh akhir rekaman, guru di tempat belajarnya mengatakan, “Sebelum memikirkan soal akting, kamu tuh cara hidupnya terlalu putus asa.” Setelah itu, Shimono perlahan-perlahan mulai mempelajari berbagai hal dari seiyuu veteran Ikuya Sawaki.

Hal yang paling disukai oleh Hiro Shimono adalah makanan yang bernama karaage. Rasa cinta Shimono tidak main-main karena dia sering membawa topik karaage ke berbagai pekerjaan dia. Contohnya adalah ketika terpilih sebagai personality di acara radio Voice Crew, dia membuat acara baru bernama “Shimono Hiro no Karaage Teikoku.” Dalam acara ini, Shimono membahas berbagai hal mengenai karaage, mulai dari resep hingga cara makannya.

Tidak hanya itu, dia juga pernah bekerja sama dengan pendiri Japan Karaage Association, Teppei Yasuhisa, dan sahabatnya Hyadain merilis DVD yang berisikan perjalanan mereka bertiga ke berbagai toko karaage yang terkenal di Jepang.

Shimono juga terpilih sebagai ambasador karaage di Lawson yang cukup terkenal dengan karaage-nya. Dia dan Hyadain sempat berkolaborasi membuat lagu “Karaage-kun Ondo 2012 Remix Version.” Shimono juga sempat menjadi campaign character untuk Karaage-kun keluaran Lawson.

Shimono juga mulai debut jadi penyanyi sejak bulan Maret 2016. Dia baru merilis satu single yang berjudul Real.

Kalian bisa mengikuti Hiro Shimono di blog resmi miliknya. Shimono juga memiliki situs dan akun Twitter khusus untuk karir menyanyi dia saja.