Seiyuu Gatchaman Dan Osomatsu-san, Tooru Oohira, Meninggal Dunia

April 17, 2016 20:00
Seiyuu Gatchaman Dan Osomatsu-san, Tooru Oohira, Meninggal Dunia

Situs online Yomiuri, The Yomiuri Shimbun, melaporkan bahwa seiyuu Tooru Oohira telah meninggal dunia pada tanggal 12 April lalu. Oohira berusia 86 tahun ketika ia menghembuskan napas terakhirnya.

Agensi dari Oohira, 81 Produce, memberitahu bahwa penyebab kematiannya adalah pneunomia. Pneunomia adalah penyakit radang paru-paru. Selama ini beliau telah menjalani pengobatan untuk menyembuhkan penyakitnya.

JOI-Tooru-Oohira-02

Oohira lahir di Tokyo pada tanggal 29 September 1929 dan mengawali karir sebagai penyiar radio pada tahun 1956. Beliau kemudian menjadi pengisi suara Superman pada dub film televisi Superman. Oohira menjadi terkenal karena perannya sebagai dubber untuk film-film barat, termasuk menjadi pengisi suara Darth Vader pada film Star Wars Trilogy dan Star Wars Episode III : Revenge of the Sith. Setelah itu, ia juga menjadi pengisi suara Homer Simpson di film The Simpsons, dan menjadi suara pada kaset di film-film Mission Impossible.

JOI-Tooru-Oohira-01

Di dunia anime, Oohira mengisi suara Dr. Kouzaburou Nambu di serial televisi anime Gatchaman, Kagaku Ninja-Tai Gatchaman F, Kagaku Ninja-Tai Gatchaman II, dan juga film Kagaku Ninja-Tai Gatchman. Peran suara lainnya, antara lain adalah Fukuzou Meguro di Warau Salesman, Daimou di  Hakushon Daimaou, Dekapan di anime kedua Osomatsu-Kun, Gaimon di One Piece, Skulldart di Be Forever Yamato, dan Tamagon di Kaiketsu Tamagon, dan masih banyak lagi.

Oohira juga mengisi suara Pete dan Gubernur Kota Halloween di video game Kingdom Hearts setelah mengisi suara untuk peran yang sama di film A Goofy Movie dan film The Nightmare Before Christmas. Ia juga sering menjadi narator bagi seri tokusatsu, terutama dari seri Metal Heroes dan seri Super Sentai.

Kami turut berduka cita atas kepergian Tooru Oohira. Semoga keluarga dan kerabat yang ditinggalkan kuat dalam menghadapi cobaan.

Sumber: ANN