Rumor Terbaru PS4,5: Nama Sandi ‘NEO’ Dengan Spesifikasi yang Ditingkatkan

April 21, 2016 6:30 pm
Rumor Terbaru PS4,5: Nama Sandi ‘NEO’ Dengan Spesifikasi yang Ditingkatkan

Rumor mengenai PlayStation 4,5 kembali beredar. Rumor kali ini didapatkan oleh Giant Bomb yang mengatakan bahwa upgrade dari PS4 ini memiliki nama sandi “NEO.”

NEO akan memiliki clock speed yang lebih cepat, GPU yang ditingkatkan, dan memory bandwidth yang lebih besar daripada PlayStation 4 yang ada saat ini. Hard disk masih akan sama dengan PlayStation 4 sekarang, tetapi masih belum jelas apakah hal tersebut dalam aspek kapasitas atau kecepatan koneksi.

Berikut adalah spesifikasi NEO yang dilaporkan:

  • CPU: 8 Jaguar Cores @ 2,1 GHz (versi sekarang 8 Jaguar Cores @ 1,6 GHz)
  • GPU: AMD GCN yang ditingkatkan, 36 CU @ 911 MHz (versi sekarang AMD GCN, 18 CU @ 800 MHz)
  • Memory: 8 GB GDDR5, 218 GB/s (versi sekarang 8 GB GDDR5, 176 GB/s)

Giant Bomb juga melaporkan bahwa mulai Oktober ini, seluruh game PlayStation 4 harus rilis dalam “Base Mode” yang akan berjalan di PS4 saat ini dan juga “NEO Mode” yang berjalan di model baru. Tetapi ini bukan berarti model barunya akan rilis di bulan Oktober. Dokumen yang diterima Giant Bomb mengatakan bahwa developer diizinkan untuk merilis game-game yang sudah siap dijalankan di NEO meski konsolnya masih belum rilis.

Situs tersebut mengatakan bahwa dokumen yang diterimanya mengungkapkan bahwa tidak boleh ada game yang hanya bisa berjalan di NEO saja. Selain itu, Sony juga tidak mengizinkan pemain NEO dipisahkan dengan pemain PS4 versi sekarang ketika bermain online. Developer tidak diizinkan untuk menghadirkan opsi gameplay atau konten khusus untuk pemain NEO. Tetapi NEO boleh menjalankan versi lebih baik dari fitur yang sama. Contohnya adalah apabila memiliki local co-op hingga 4 pemain di PS4 biasa, di NEO fiturnya akan menjadi local co-op hingga 8 pemain. Tetapi perbedaan ini tidak boleh ada dalam permainan online.

Sumber: Gematsu