[3 Eps Rules] Mayoiga

April 23, 2016 3:30 pm
[3 Eps Rules] Mayoiga

Apa yang kamu lakukan jika kamu bisa memilih untuk menghapus identitas kamu, pergi ke tempat tersembunyi, dan mengulang kehidupan kamu dari nol bersama orang lain? Itulah Mayoiga, sebuah anime orisinal besutan Diomedia.

mayoiga1

Bermula dari sebuah tur bus misterius yang berisikan sekumpulan orang yang memilki keinginan yang sama: memulai hidup baru di tempat baru. Tur tersebut memiliki tujuan akhir sebuah desa tersembunyi yang tidak ada di peta, Nanakimura. Akankah tempat ini sesuai harapan mereka?

Great Mystery Concept

mayoiga5

Setelah tiba di Nanakimura, apa yang mereka temukan adalah sebuah desa kosong yang tidak ada penghuninya. Anehnya, desa tersebut mempunyai tanda-tanda bahwa pernah ada orang yang menempati setidaknya satu tahun yang lalu. Dalam rangka mencari petunjuk, satu per satu insiden mulai muncul dengan sebuah klimaks ada anggota yang menghilang.

mayoiga4

Itulah sinopsis misteri yang ada di Mayoiga yang jujur membuat saya penasaran. Memang saya kira awalnya Mayoiga akan menjadi sebuah anime death game seperti Btoom! atau Mirai Nikki. Tetapi ternyata saya salah karena memang fokus Mayoiga lebih ke misteri. Selain itu diomedia berhasil membuat atmosir anime ini menjadi menegangkan dan gelap, membuat penonton penasaran apa yang akan terjadi berikutnya.

Too Many Characters

mayoiga3

Mayoiga mempunyai banyak sekali karakter, mungkin ada sekitar 30 karakter di anime ini. Masing-masing mempunyai sifat yang berbeda-beda, mulai dari chuuni, psycho, pasangan sok mesra menyebalkan, bitchy 1, bitchy 2, sok pemimpin, hingga protagonis super annoying yang nyaris homo karena mengklaim tidak pernah berhubungan dengan wanita sebelumnya. Memang karakter di Mayoiga banyak yang menyebalkan, tetapi percayalah kalian akan terbiasa lama-lama seiring bertambahnya episode.

Kekurangan lain dari banyaknya karakter ini adalah latar belakang tiap karakter yang kurang dijelaskan dan mungkin tidak semua bisa kebagian porsi. Padahal hal itu cukup krusial karena apa alasan mereka mengikuti tur mencurigakan ini?

mayoiga6

Jangan mengharapkan sebuah friendship, setidaknya selama 3 episode pertama. Karena alih-alih saling bersatu untuk berusaha hidup, pada akhirnya mereka lebih memikirkan diri sendiri.

Verdict: Not A Survival Game / Mystery

mayoiga6 (2)

Memang dari seluruh preview anime musim semi, saya paling tertarik dengan Mayoiga. Misteri yang dihadirkan serta atmosfir yang sangat mendukung dapat menimbulkan banyak spekulasi dan rasa penasaran sehingga saya tidak terlalu mempedulikan kekurangan yang ada. Kabar baiknya anime ini merupakan sebuah karya orisinal, jadi tidak perlu takut spoiler dari media lain kecuali kalian telat menonton dan keburu kena spoiler dari social media. Well, itu lain cerita.

Sayang opening Mayoiga sepertinya cukup obvious mengenai siapa saja yang bertahan hingga akhir, mengingatkan saya akan sebuah karya A1 Pictures yang baru saja tamat season lalu. Semoga itu hanya menjadi prasangka saya saja.

Harapan saya semoga anime ini mempertahankan apa yang sudah dihadirkan dan tidak men-troll penontonnya hingga akhir episode.