Film Pendek Production I.G. Pigtails Memenangkan Penghargaan Di WorldFest Houston

April 23, 2016 14:01
Film Pendek Production I.G. Pigtails Memenangkan Penghargaan Di WorldFest Houston

Pigtails, sebuah film animasi singkat buatan Production I.G adaptasi manga karya Machiko Kyou yang berjudul Mitsuami no Kami-Sama (Braided Pig-Tail Deity), memenangkan penghargaan Platinum Remi untuk kategori animasi klasik pada acara WorldFest Houston International Film Festival yang diadakan dari tanggal 8 hingga 17 April lalu. Pemutaran perdana film ini dilakukan di acara tersebut.

Production I.G mendeskripsikan ceritanya sebagai berikut:

Bumi berguncang. Laut menderu. Dan kemudian… Ada sebuah rumah kecil terpencil berdiri di pinggir laut. Seorang gadis berkuncir tinggal di rumah itu sendirian sejak hari itu. Surat tidak lagi dikirim, tetapi pagi ini, dia tetap menjemur pakaiannya seperti biasa.

Animasi berdurasi 28 menit ini merupakan produksi berbagai media yang dilakukan di Tokyo pada bulan Oktober lalu. Yoshimi Itazu memimpin proses pembuatan film ini untuk debutnya sebagai sutradara. Sebelumnya, Itazu menjadi Kepala Direktur animasi untuk anime Miss Hokusai.

Tahap produksi film ini meliputi pembacaan naskah, animasi, musik, dan sand art untuk membawakan ceritanya. Production I.G adalah co-producer untuk film ini, dan memiliki hak internasional untuk keseluruhan film, tetapi mereka hanya akan fokus di bagian animasi saja.

JOI-Pigtails-01

Manga orisinal karya Kyou, Mitsuami no Kamisama, berpusat pada seorang gadis berkuncir yang tinggal sendirian di rumah terpencil di pinggir laut setelah adanya musibah yang tidak pernah dijelaskan. Manga tersebut adalah refleksi dari perasaan pribadi Kyou mengenai gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada 11 Maret 2011 silam, walaupun hal ini tidak pernah jelas tertulis di cerita, atas pertimbangan untuk mereka yang terkena bencana tersebut.

Kyou menerbitkan manga-nya di majalah Shueisha yang sudah tidak dicetak, Jump X (Jump Kai) pada tahun 2013, dan menerbitkan manga kompilasi volume ke-1 di tahun yang sama. Manga tersebut memenangkan penghargaan tahunan pada Osamu Tezuka Cultural Prize yang ke-18 pada Maret 2014 lalu.

Sumber: ANN