Iklan Lowongan Kerja McDonald Jepang Menggambarkan Susahnya Hidup di Jepang

April 28, 2016 3:00 pm
Iklan Lowongan Kerja McDonald Jepang Menggambarkan Susahnya Hidup di Jepang

Biasanya, iklan lowongan kerja akan dibuat semenarik mungkin supaya pelamar mau datang dan melamar kerja di tempat tersebut. Selain gaji yang tinggi, tunjangan yang menarik, biasanya juga terdaftar waktu kerja yang fleksibel supaya pelamar tidak bingung menentukan waktu mereka. Begitu juga dengan iklan pekerjaan paruh waktu dari McDonald berikut ini.

Mereka mengiklankan beberapa pegawai mereka yang memiliki waktu yang sangat fleksibel, jadi para pelamar dapat menentukan sendiri kapan mereka bisa bekerja. Namun mungkin efeknya berbalik karena iklan tersebut malah memperlihatkan bagaimana susahnya hidup di Jepang.

Melihat iklan tersebut, kita langsung dihadapkan kepada Pekerja Kantor Y-san, seorang pekerja paruh waktu yang bekerja mulai jam 10 malam sampai jam 6 pagi, 3 kali seminggu. Kalau Y-san tidak bekerja di siang hari, mungkin saya bisa mengerti dia mengambil jadwal tersebut, namun dalam iklan tersebut tertulis Y-san adalah seorang pegawai kantor!

Artinya, dia bekerja di siang hari, dan selama 3 kali seminggu, Y-san akan bekerja di McD untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kalau dia beruntung, restorannya akan sepi dan pekerjaannya akan berkurang sehingga bisa istirahat di sela-sela jam kerja, kalau dia tidak beruntung, saya cuma bisa bilang hati-hati terkena tifus.

Reaksi netizen Jepang pun langsung mempertanyakan kesehatan Y-san, antara lain:

  • “Mungkin pekerjaan aslinya tidak menyita banyak waktu?”
  • “Suram sekali.”
  • “Kapan dia tidur?”
  • “Aku rasa tidur adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan beberapa ribu Yen yang akan dibuatnya.”
  • “Itu kombo pekerjaan!”
  • “Masih ada 4 malam yang kosong … dasar pemalas!.”
  • “Sepertinya nyonya Y juga kesusahan.”

Komentar terakhir dilayangkan kepada nyonya Y yang bekerja pada pukul 11 malam sampai 4 pagi untuk 1 hari saja. Sepertinya suaminya tidak akan mendapat ‘jatah’ pada hari itu ketika sang istri terus bekerja semalaman. Tapi jangan takut karena dia akan sempat pulang untuk membuatkanmu sarapan.

Sumber: Rocketnews