[Celebrity Sunday] Aoi Nishimata

May 1, 2016 12:00
[Celebrity Sunday] Aoi Nishimata

Pekan lalu, illustrator Aoi Nishimata dan seiyuu Jun’ichi Miyake mengumumkan bahwa mereka telah menikah. Untuk merayakan milestone tersebut, Celebrity Sunday kali ini membahas Aoi Nishimata yang terkenal mendesain karakter untuk visual novel Shuffle!.

Aoi Nishimata lahir pada tanggal 4 Juni dan sejak kecil sudah bermimpi untuk menjadi mangaka. Terus mengejar mimpinya, Nishimata merilis doujin pertamanya di sebuah event pada saat kelas 2 SMP. Sejak itu, dia terus menjadi pengarang doujin. Di saat yang sama, dia juga aktif sebagai cosplayer dengan nama Yuu Kirishima.

celeb-sunday-aoi-nishimata-magnet

Tidak puas dengan mengarang doujin dan cosplay saja, Nishimata juga membuat manga pendek di majalah manga Comic Jumbo SPEED, berbagai majalah, dan juga anthology. Di tahun 1998, Nishimata merilis manga khusus dewasa “West Again” yang berisikan kumpulan manga-manga, baik doujin atau pun manga resmi, dalam 1 volume.

Dalam sebuah event doujin, Nishimata diajak untuk membuat key frame dalam sebuah game PlayStation. Ini adalah pertama kalinya Nishimata masuk ke industri game. Tetapi karena kualitasnya dibawah ekspektasi, Nishimata tidak lagi menangani key frame di game tersebut dan ditugaskan untuk membuat desain karakter, desain seragam, dan juga gambar untuk marketing. Setelah itu, Nishimata kembali diajak untuk membuat key frame untuk game buatan perusahan lain, tetapi sayangnya tidak jadi karena ada perubahan.

celeb-sunday-aoi-nishimata-cosplay

Pada tahun 2000, Nishimata bersama rekan-rekan yang dia kenal dari acara doujin mendirikan perusahaan BasiL, dan Nishimata menjadi karyawannya. Karya pertama BasiL adalah visual novel khusus dewasa Bless ~ close your eyes, open your mind~. Melalui game ini, Nishimata memulai debut sebagai lead animator.

Pada saat game ketiganya yaitu Sore wa Maichiru Sakura no Youni, nama BasiL semakin terkenal karena game-nya laku. Tetapi karena ada konflik dengan president BasiL, sebagian besar staffnya, temasuk Aoi Nishimata, mengundurkan diri. Bersama dengan staff yang keluar lebih dulu, mereka mendirikan perusahaan Omega Vision serta membuat brand Navel. Di tahun 2004, game pertama mereka adalah Shuffle! yang langsung mencetak rekor ketika rilis, hingga menduduki posisi ketiga dari volume penjualan pada tahun tersebut. Karena kesuksesan ini, Shuffle mendapatkan berbagai macam tawaran adaptasi, mulai dari anime, manga, novel, dan masih banyak lainnya.

celeb-sunday-aoi-nishimata-beras

Tidak hanya membuat key frame dan juga mendesain karakter, Nishimata juga pernah membuat lirik untuk lagu tema visual novel Really? Really! yang rilis di tahun 2006. Tetapi nama Nishimata baru melejit sekali di tahun 2008, ketika dia diminta untuk mendesain karung beras Akita Komachi dari Ugo-Machi yang ada di prefektur Akita. Berita mengenai karung beras yang moe ini menyebar luas, bahkan hingga dibahas di berita televisi. Sejak saat itu, nama Nishimata bahkan hingga dikenal oleh riajuu orang awam.

Bahkan nama Nishimata sampai terdengar oleh Geoge Lucas, kreator Star Wars. Pada tahun 2009, Lucas meminta Nishimata untuk menjadi salah satu illustrator dari 100 illustrator di seluruh dunia untuk membuat ilustrasi di buku yang merayakan seri Star Wars. Buku tersebut sudah rilis sejak tahun 2010 yang berjudul Star Wars Visions.

celeb-sunday-aoi-nishimata-leia

Banyak illustrator Jepang yang menyembunyikan wajah aslinya. Tetapi Nishimata tidak takut untuk menampilkan wajah aslinya meski dia sering membuat game dan manga khusus dewasa. Bahkan dia pernah muncul di acara TV mengenai game yang bernama Ootake Makoto no Tadaima! PC Land. Di sana, dia memamerkan koleksi Ranma 1/2 miliknya. Tidak hanya itu, dia juga sempat tampil di majalah Young Magazine sebagai model gravure yang mengenakan pakaian renang. Tentunya dia tampil di majalah komik tersebut sebagai cosplayer Yuu Kirishima.

celeb-sunday-aoi-nishimata-tahun-baru

Nishimata memang sudah menikah dengan Jun’ichi Miyake, tetapi upacara pernikahannya baru akan diadakan pada tanggal 5 Mei di Tokyo Disneyland, tepatnya di Cinderella Castle. Tidak hanya itu, mereka juga akan merilis buku “Alasan Aoi Nishimata Menikah dengan Seiyuu Laki-laki Jun’ichi Miyake” pada tanggal 24 Juni. Buku ini berisikan foto upacara pernikahan mereka, foto pribadi, ilustrasi, dan juga essay yang menceritakan kisah Nishimata Aoi dengan Jun’ichi Miyake, mulai dari pertemuan hingga memutuskan untuk menikah.

celeb-sunday-aoi-nishimata-buku-kawinan

Kalian bisa mengikuti Aoi Nishimata melalui blog, Twitter, atau pun Pixiv.