Penulis Naskah ‘Dragon Ball Evolution’ Meminta Maaf Kepada Penggemar

May 5, 2016 4:00 pm
Penulis Naskah ‘Dragon Ball Evolution’ Meminta Maaf Kepada Penggemar

Meminta maaf atas sebuah kesalahan adalah sesuatu yang sangat wajar, dan hal tersebut tidak terkecuali saat kamu melakukan kesalahan. Apalagi saat melakukan kesalahan di level internasional seperti yang dilakukan film Dragon Ball Evolution. Film tersebut adalah salah satu yang paling dinanti pada masanya, namun beberapa faktor meragukan seperti pemilihan pemain dan ceritanya menjadi salah satu faktor dimana banyak orang membenci film tersebut.

Saya ngakak lagi lihat Picollonya

Saya ngakak lagi lihat Picollonya

Namun mungkin, bukan kita saja yang merasa film tersebut tidak sesuai ekspektasi para penonton. Derek Padula, penulis buku Dragon Soul yang juga akan mengerjakan film DBZ Amerika. Baru-baru ini dia berbicara kepada penulis naskah DB Evolution, Ben Ramsey dan ternyata Ramsey mengakui kalau ada masalah dengan naskah film tulisannya tersebut.

Aku tahu hari ini akan datang. Dragon Ball Evolution sudah menjadi sebuah titik kreatif yang menyakitkan di dalam hidupku. Karena namaku tertulis sebagai penulis film yang tidak disukai di seluruh dunia, rasanya hancur. Bahkan aku harus menerima banyak email-email penuh kebencian dari seluruh dunia. Aku menghabiskan bertahun-tahun untuk mencoba menepis kesalahan tersebut, tapi pada akhirnya semua kembali pada apa yang tertulis di naskah dan aku akan bertanggung jawab penuh atas kekecewaan dari para penggemar. Aku melakukan semua yang aku bisa, tapi pada akhirnya, ‘aku menjatuhkan Dragon Ball.’

Aku mengejar proyek tersebut karena iming-iming upahnya, bukan sebagai penggemar seri tersebut tapi sebagai seorang pebisnis yang mengerjakan tugasnya. Aku belajar kalau kamu melakukan pekerjaan kreatif tanpa gairah (untuk serinya), maka hasilnya tidak akan optimal, dan terkadang hasilnya sampah. Aku tidak menyalahkan orang lain, hanya aku saja. Sebagai seorang penggemar dari seri lain, aku mengerti bagaimana rasanya saat seri favoritmu diubah menjadi sangat mengecewakan.

Kepada semua penggemar Dragon Ball, aku minta maaf.

Aku harap aku bisa meminta maaf dengan menciptakan sesuatu yang keren dan menghibur dan kalian akan suka, dan karya itu adalah sesuatu yang penuh dengan gairahku. Hanya itulah yang aku kerjakan saat ini.

Dengan hormat,

Ben.

Film Dragon Ball Evolution memang bukan adaptasi yang terbaik, kalau boleh jujur saya pun tidak menikmati film tersebut. Terlalu banyak unsur yang diubah dan bahkan mereka tidak menggunakan orang Jepang sebagai Son Goku. Tolong jangan tanya pendapat saya mengenai rambutnya.

Memaafkan memang selalu lebih sulit daripada meminta maaf, namun saya rasa sudah waktunya kita untuk move on dan memaafkan beliau. Bagaimana menurutmu?

sumber: Crunchyroll