[Celebrity Sunday] Kenichi Suzumura

May 8, 2016 16:00
[Celebrity Sunday] Kenichi Suzumura

Kalau kalian cukup rajin menonton anime, pasti kalian setidaknya pernah mendengar Kenichi Suzumura.  Untuk Celebrity Sunday kali ini, saya akan membahas seiyuu yang terkenal sering mengisi suara karakter ikemen ini.

Suzumura mulai mengejar karirnya menjadi seiyuu setelah lulus SMA. Setelah lulus, dia mulai belajar mengenai seiyuu di Yoyogi Animation Academy dan Nihon Narration Acting Research Institute. Debut Suzumura sebagai seiyuu adalah mengisi suara Morley di Macross 7.

Setelah debutnya, Suzumura mulai banyak mengisi suara anime, tetapi karirnya baru melejit di sekitar tahun 2000-an. Setelah mendapatkan banyak peran, Suzumura mendapatkan perhargaan di Seiyuu Award kedua pada tahun 2008. Tidak tanggung-tanggung, dia langsung memenangkan 2 penghargaan yaitu Best Personality Award dan Synergy Award untuk peran Ryutaros di Kamen Rider Den-O.

celeb-sunday-suzuken-1

Setelah sukses menjadi seiyuu, Suzumura mulai debut sebagai penyanyi di tahun 2008; dia bergabung dengan Lantis untuk karir musiknya. Di tahun 2011, dia memenangkan juara kedua di Music Jacket Award pertama. Di tahun tersebut, dia juga mengumumkan bahwa dia menikah dengan penyanyi/seiyuu Maaya Sakamoto.

Pada tahun 2012, Suzumura kembali memenangkan Seiyuu Award. Di penghargaan keenam ini, dia berhasil mendapatkan penghargaan sebagai anggota ST☆RISH dari Uta no Prince-sama. Di tahun yang sama, dia keluar dari agensi seiyuu Arts Vision dan mendirikan agensi baru Intention bersama manajernya.

Pada tahun 2016, Suzumura sekali lagi memenangkan Seiyuu Award ke-10. Dia langsung mendapatkan 2 penghargaan: Best Actor in Supporting Roles dan Personality Award.

Seiyuu yang akrab dipanggil dengan nama Suzuken ini menulis dalam profilnya bahwa dia berasal dari Osaka, tetapi dia sebenarnya lahir di prefektur Niigata. Tidak hanya itu, karena pekerjaan ayahnya, dia sebenarnya tinggal di berbagai tempat. Dia pernah tinggal di prefektur Okayama, Fukuoka, dan lainnya. Karena itu, sebenarnya dia kurang pintar dalam logat Kansai.

Suzumura sebenarnya mengalami asma sejak kecil, karena itu dia ikut Aikido selama 5 tahun untuk melatih pernafasannya. Dia juga memiliki “kelainan” dalam diet makannya yang membuatnya tidak pernah puas dengan makan siang yang disediakan pada saat SD dan SMP. Hal ini menyebabkan dia menjadi orang yang makannya cukup banyak hingga saat ini.

Suzumura juga sangat menyukai anjing. Bahkan dia sering membahas tentang anjing yang dimilikinya di acara radio. Karena terlalu sering membicarakan tentang anjingnya, para pendengar hingga meminta untuk menghentikan pembicaraan tentang anjingnya.

celeb-sunday-suzuken-2

Suzumura sangat menyukai tokusatsu seperti Kamen Rider dan Super Sentai, bahkan adiknya adalah action director dan sering tampil bersama di acara radio. Saking sukanya dengan tokusatsu, Suzumura sampai membuat acara sendiri berjudul Choujin Tights yang rilis dalam bentuk DVD.

Suzumura pertama kali tampil di acara tokusatsu dalam Kamen Rider Den-O memerankan Ryutaros. Karena mengisi suara Kamen Rider Den-O Gun Form, Suzumura mengatakan “akhirnya bisa mewujudkan mimpi menjadi Kamen Rider.”

Sejak saat itu, dia jadi sering mengisi suara di acara tokusatsu. Bahkan dia pernah tampil di bagian ending Zyuden Sentai Kyoryuger yang menampilkan tarian anak-anak.

Sayangnya Kenichi Suzumura tidak memiliki akun social media, jadi kalian tidak bisa stalking mengikutinya secara langsung.