Poster Militer Bertema ‘Haifuri’ Menuai Kritikan Sarkastik

May 9, 2016 5:00 pm
Poster Militer Bertema ‘Haifuri’ Menuai Kritikan Sarkastik

Sebuah poster angkatan laut yang mengangkat tema anime musim semi, Haifuri, baru saja menuai sebuah kritik sarkastik. Poster ini adalah sebuah kerjasama dengan Japan Self Defense Force provinsi Kanagawa untuk merekrut pelamar bagi militer Jepang. Sejak tanggal 10 April lalu, poster yang digambar oleh desainer karakter Haifuri, Naoto Nakamura, tersebut sudah dipublikasikan di daerah Kanagawa.

JOI - haifuri menuai kritikan sarkasme (2)

Dicari, Angkatan Darat, Laut, dan Udara Self-Defense Force!” adalah bunyi dari poster perekrutan tersebut. Sebuah kritikan sarkasme ditemukan di stasiun Yokohama, Jepang. Kritik tersebut dituliskan dalam secarik kertas dan ditempelkan ke salah satu poster yang ada di stasiun tersebut. Kritik tersebut berbunyi:

JOI - haifuri menuai kritikan sarkasme (3) JOI - haifuri menuai kritikan sarkasme (4)

Itu pekerjaan yang mudah; hanya tinggal membunuh prajurit cilik di Sudan Selatan

Kritik tersebut mengacu kepada misi perdamaian Jepang di Sudan Selatan, yang sudah berlangsung sejak tahun 2012 dan diperpanjang hingga bulan Oktober. Negara Afrika Tengah tersebut masih berada dalam perang saudara sejak mereka merdeka di tahun 2011, namun ada secercah harapan untuk perdamaian setelah pemimpin pemberontak Riek Machar diangkat menjadi wakil presiden di bulan lalu. Kedua belah pihak bangsa Sudan memang merekrut prajurit anak-anak, terhitung ada sekitar 13.000-15.000 prajurit anak-anak di tahun 2015 saja.

Untungnya bukan seri Haifuri yang dikritik olehnya, karena kasihan bila Misaki dan kawan-kawan yang sudah 3 episode laut terombang-ambing di lautan harus menerima kritik di dunia 3D juga.

Sumber: ANN