AFA Telah Mengumumkan Jajaran Lengkap Anisong Untuk AFA ID Tahun Ini! (Part 1)

May 12, 2016 7:45 pm
AFA Telah Mengumumkan Jajaran Lengkap Anisong Untuk AFA ID Tahun Ini! (Part 1)

Masih ingat dengan event anime dan konser anisong terbesar di Indonesia tahun lalu? Melihat ramainya antusias para penonton, wajar jika event ini kembali digelar tahun ini dan jajaran anisong tahun ini pun tidak kalah hebatnya dengan tahun-tahun sebelumnya! 

Setelah tadi dilakukan live stream pengumuman artis anisong di channel YouTube AFA, apakah kalian sudah siap merogoh kocek untuk datang ke event ini? Jika belum, masih ada 4 bulan lagi untuk bersiap-siap menyimpan dana kalian.

Bagi yang ketinggalan pengumumannya, berikut adalah jajaran artis-artis anisong yang akan datang ke AFA ID 2016!

JOI-AFAID-Poster

Pastinya kalian semua sebagai yang gemar menonton anime harusnya sudah tahu dong artis-artis di atas siapa saja. Jika belum, berikut saya berikan sedikit profil mereka.

Aimer

JOI-AFAID-aimer

Aimer bergabung dengan grup “Agehasprings” yang telah bekerja, memproduseri, atau membuat lagu untuk berbagai artis, termasuk YUKI, Mika Nakashima, Flumpool, Superfly, Yuzu, dan Genki Rockets. Pada bulan Mei 2011, ia merilis album konsep berjudul Your favorite things. Album ini meng-cover berbagai karya populer dari berbagai genre seperti jazz dan lagu barat populer. Lagu nomor 1 album ini didasari dari Poker Face nyanyian Lady Gaga, dan menjadi lagu pertama yang muncul di chart album kategori jazz di iTunes Store. Albumnya sendiri berhasil menjadi nomor dua.

Pada tanggal 7 September 2011, ia melakukan debut untuk Defstar Records dengan lagu Rokutousei no Yoru yang dipilih menjadi lagu penutup anime No.6. Single keduanya yang berjudul Re:pray/ Sabishikute Nemurenai Yoru wa dirilis pada tanggal 14 Desember 2011, dan mencapai peringkat 1 di situs download musik Mora. Lagu ini adalah lagu penutup dari anime Bleach.

Pada tahun 2015, Aimer merilis single kedelapannya yang berjudul Brave Shine pada tanggal 3 Juni, dan berhasil menduduki peringkat ke-4 di Oricon chart mingguan. Pada peringkat lagu single di iTunes, lagunya tak hanya mendapat peringkat pertama di Jepang, tetapi juga di beberapa negara Asia lainnya seperti Hong Kong, Singapura, Indonesia dan Thailand.

Di single kesembilannya yang berjudul ninelie, ia tampil bersama chelly yang merupakan vokalis dari EGOIST. Single ini dirilis pada tanggal 11 Mei 2016. Lagu ini merupakan lagu penutup untuk Kabaneri of the Iron Fortress yang tayang di NOITAMINA di saluran Fuji TV. Lagu ini ditulis dan diproduksi oleh Hiroyuki Sawano yang membuat soundtrack untuk anime ini. Berikut adalah lagu yang dimaksud:

 

BLESS4

JOI-AFAID-bless4

Setelah 4 tahun lalu tampil di AFA ID 2012, kali ini Bless4 kembali hadir untuk meramaikan jajaran line up anisong di AFA ID 2016! bless4 adalah kelompok paduan suara dan tari yang terdiri dari empat bersaudara – AKASHI, KANASA, AKINO, dan AIKI.

Mereka secara resmi memulai debutnya pada tahun 2003 dengan BGM Jepang berjudul Good Morning! Mr. Sunshine. Pada tahun 2009, mereka memberikan kontribusi untuk serial animasi Disney, Stitch, dengan lagu penutup Stitch is Coming! dan lagu Hitori Jyanai. bless4 menjuarai Celebrity A Cappella Championship dan mendapatkan juara 3 dalam 7 Selebriti Kaeuta Ou Finals.

AKINO juga memulai debut solo-nya saat ia berumur 15 tahun di tahun 2005 dengan lagu Sousei no Aquarion, lagu pembuka untuk serial anime Sousei no Aquarion. Kalimat populer 一万年と二千年前から愛してる (Aku mencintaimu sejak 12.000 tahun yang lalu) sangat terkenal sampai-sampai setelah 2,5 tahun perilisannya pun lagu tersebut memuncaki tangga lagu Oricon Ring Tone Ranking, iTunes Download Ranking, AMAZON CD Ranking, Karaoke Ranking, dll. Lagu itu juga mendapat penghargaan perak di “2009 JASRAC”.

Selain itu, AKINO juga pernah menyanyikan lagu opening untuk anime Kantai Collection yang cukup menggemparkan fans disaat lagu ini dirilis.

Eir Aoi

JOI-AFAID-eiraoi

Terakhir tampil pada AFA ID 2013 dan 2014, Eir Aoi yang absen pada AFA ID tahun lalu kini tampil kembali. Harusnya banyak dari kalian yang sudah mengenalnya, mengingat ia menyanyikan beberapa lagu di berbagai anime yang menjadi terkenal.

Eir Aoi lahir pada 30 November di Sapporo, Hokkaido. Sejak debut major label di bulan Oktober 2011 dengan single “Memoria,” ia terus menerus mengeluarkan hits terbaru dengan Innocence, Sirius, Ignite, Lapis Lazuli, dan lain-lain. Tiga albumnya sampai saat ini selalu menempati peringkat 10 besar dalam tangga lagu Oricon.

Pada bulan Juli 2015, Eir mulai melakukan tur dunia dari Paris dan London terus menuju San Francisco dan Meksiko. Halaman Facebook dwibahasanya telah mendapatkan 500.000 likes sejauh ini, membangun banyak penggemar di seluruh dunia. Pertunjukan Budoukan pertamanya pada bulan November kemarin sukses besar.

Dengan penampilannya yang indah dan suara yang menakjubkan, ia punya apa yang diperlukan agar lagu-lagunya didengar di seluruh dunia.

IGNITE sendiri sudah ditonton sebanyak 10 juta kali di youtube.

ELISA

JOI-AFAID-elisa

Lahir pada April 14 dan berasal dari Prefektur Kanagawa, ELISA memulai debutnya pada tahun 2007 dengan “euphoric field, lagu pembuka anime ef – a tale of memories. Dengan kemampuan menyanyi yang luar biasa, ia telah merilis banyak lagu yang termasuk lagu-lagu serial TV anime yang populer seperti Hayate Combat Butler dan To Aru Kagaku no Railgun.

ELISA tampil di Animelo Summer Live, salah satu festival anisong terbesar di Jepang, empat tahun berturut-turut sejak tahun 2008. Ia juga telah membuat beberapa pertunjukan solo skala besar yang sukses dan ramai dikunjungi para penonton.

Pada bulan Juni 2014, ELISA merilis album “AS LIFE” yang mengedepankan sebuah single berjudul “Soba ni Iru yo”, “REALISM” (Valvrave the Liberator) dan “Millenario” (Mahouka Koukou no Rettousei), yang diikuti dengan tur konser pada bulan Juli dan Agustus. Berikutnya di bulan November, ia merilis EONIAN, lagu tema untuk film anime Expelled From Paradise.

Tahun 2015 adalah tahun di mana kegiatan luar negeri ELISA semakin intens. Hal ini dibuktikan dengan partisipasinya dalam banyak acara anime luar negeri di Malaysia, Amerika Serikat, Macau, Hong Kong, dan Shanghai.

ELISA baru saja merilis mini album yang berjudul ANICHIRO pada tanggal 23 Maret 2016.

Artikel ini berlanjut ke bagian 2 yang bisa kalian kunjungi di sini.