Kegiatan Belajar Mengajar Mulai Berlangsung di Sekolah Prefektur Kumamoto

May 13, 2016 12:00
Kegiatan Belajar Mengajar Mulai Berlangsung di Sekolah Prefektur Kumamoto

Gempa bumi yang melanda prefektur Kumamoto pada 18 April 2016 menyebabkan kegiatan pembelajaran di 401 dari 614 sekolah negeri tertunda. Untungnya, 62 SD dan SMP negeri di Mashiki, Minamiaso, dan enam kota lainnya di prefektur Kumamoto sudah bisa memulai kegiatan belajar mengajar pada hari 9 Mei. 111 sekolah lainnya, termasuk SMA dan sekolah khusus, dijadwalkan untuk mulai beroperasi kembali pada 11 Mei.

Beberapa aktivitas siswa akan tetap terganggu karena harus berbagi penggunaan fasilitas sekolah dalam situasi tertentu, dan beberapa siswa akan diwajibkan untuk tinggal di asrama agar dapat menghadiri kelas. Sekolah yang telah beroperasi kembali mengonfirmasi keutuhan dari bangunan sekolah mereka, termasuk tenaga listrik dan air.

146302823496409

 

Empat SD di kota Mashiki masih menampung 900 korban gempa bumi. Mereka meminta para korban untuk pindah agar ruang olahraga sekolah (gymnasium) dapat digunakan kembali. Penutupan penampungan kecil yang berada di dalam sekolah sudah dibahas di artikel sebelumnya.

Dengan jalan dan jalur kereta api yang dipenuhi longsoran lumpur akibat gempa, Kyushu Railway Co. mulai mengoperasikan bus sekolah spesial antara Aso dan Otsu untuk membantu siswa SMA datang ke sekolah.

Sumber: JapanTimes