[Exclusive Interview] Zeasonal dan Shine NG

May 19, 2016 21:00
[Exclusive Interview] Zeasonal dan Shine NG

Pada acara Sparks Cosplay Parade, JOI ternyata mendapatkan kesempatan untuk interview eksklusif secara langsung dengan para bintang tamunya! Bagi yang belum tahu, dalam acara tersebut JOI berkesempatan berbicara dengan 4 orang cosplayer internasional, mereka adalah ZeasonalShineNGJiaki Darkness, dan Yuki Godbless. Mereka semua diimpor langsung oleh C2Fiesta untuk mengisi acaranya di Pluit Village minggu lalu.

Untuk kesempatan yang pertama, JOI beruntung bisa mewawancarai Zeasonal, cosplayer yang kadang membingungkan mata saya dia wanita atau pria. Berikut adalah wawancaranya.

Zeasonal

JOI - interview zeasonal dan shine ng (3)

Q: Halo Zeasonal, untuk pertanyaan pertama, boleh tahu apa yang menginspirasi dirimu untuk melakukan cosplay?

A: Apa yang menginspirasi cosplay? Biasanya aku terinspirasi dari adegan di anime atau manga yang aku suka. Atau saat aku melihat seseorang cosplay suatu karakter dan aku berpikir, “Oh, sepertinya aku ingin cosplay jadi dia.” Pada awalnya aku sebenarnya tidak tahu cosplay itu apa, tapi saat melihat orang-orang melakukannya, aku jadi ingin ikut berpartisipasi.

Q: Sejak kapan kamu memulai cosplay?

A: Aku mulai cosplay pada bulan Juni 2007.

Q: Dan sejak saat itu, kostum manakah yang paling sulit dibuat?

A: Kalau paling susah rasanya kostum Zagato dari seri Magic Knight Rayearth. Tahu? Itu adalah kostum armor pertamaku. Aku sampai datang ke rumah temanku, dia seorang prop maker, dan aku minta diajarkan cara bikin armor. Kostum itu menguras banyak uangku, hahaha.

Q: Menurutmu, elemen apa yang terpenting dalam cosplay?

A: Yang paling penting? Bagiku cosplay bukanlah sekadar baju atau kostum, kita juga harus mengekspresikan karakter tersebut dan berperan sebagai dia. Aku senang melakukan cosplay karena aku pasti suka dengan karakternya dan bagaimana aku bisa menyampaikan cintaku terhadap karakter tersebut.

Q: Apakah kamu punya pesan untuk cosplayer Indonesia?

A: Ini pertama kali aku datang ke Indonesia, dan aku sangat senang. Aku telah berbicara kepada beberapa cosplayer dan aku mempelajari komunitas cosplay kalian. Ada yang buruk dan ada yang baik, tapi everything is okay.

Shine NG

JOI - interview zeasonal dan shine ng (2)

Cosplayer yang kedua adalah cosplayer imut dari Malaysia yang senang cosplay sebagai Eli. Cosplay-nya di kedua hari tersebut bahkan membuat salah satu staf kami tidak bisa melepas pandangannya dari dia. Berikut adalah wawancara bersamanya.

Q: Halo Shine, ini pertama kalinya datang ke Indonesia, ya? Menurutmu Indonesia gimana sih?

A: Aku rasa sama saja, kemanapun aku melihat sepertinya orang-orangnya sama seperti di Malaysia, hahaha. Benar-benar terasa seperti di rumah, tidak terasa pergi ke luar negeri.

Q: Kalau boleh tahu sudah berapa lama kamu melakukan cosplay?

A: Ya, aku mulai cosplay sejak tahun 2009, jadi tahun ini adalah tahun keenamku.

Q: Sudah lama juga, ya. Menurutmu apa yang paling berkembang sejak saat itu?

A: Yang paling berkembang menurutku adalah aku jadi lebih baik saat memakai make-up dan aku juga bisa belajar posing saat dalam photoshoot. Ya, kira-kira begitulah.

Q: Kamu sepertinya suka sekali ya cosplay sebagai Eli.

A: Oh ya hahaha, dia adalah karakter favoritku, jadi aku cuma membawa kostum Eli ke Indonesia. Sebelumnya aku pernah cosplay sebagai Maki dan Rin, tapi favoritku masih Eli. Aku suka Eli karena aku senang bagaimana ‘pure’-nya dia, kurasa para penggemar Eli akan mengerti kenapa aku mengatakan hal tersebut.

Q: Apa pendapatmu mengenai cosplayer Indonesia?

A: Yang paling aku suka adalah performance dan properti yang mereka gunakan dalam panggung. Karena aku tahu banyak material cosplay yang bisa didapat dengan relatif murah di Indonesia. Di Malaysia bahan-bahannya lebih mahal.

Q: Apakah kamu punya pesan untuk penggemar di Indonesia?

A: Halo, Indonesia. masih banyak tempat yang ingin aku kunjungi dan aku juga suka makanan lokal di Indonesia. Aku suka sekali masakan pedas. Di Indonesia banyak sekali masakan pedas, sayang makanan di Malaysia banyak yang kurang pedas.

Kira-kira itulah wawancara kami dengan Zeasonal dan Shine NG, tapi jangan lupa kami juga masih punya wawancara eksklusif dengan Jiaki Darkness dan YukiGodBless, jadi jangan lupa untuk mengikuti wawancara berikutnya, ya!

Foto: Facebook OTPcon

Sorry. No data so far.