Uji Coba Lapangan di Amerika Dimulai, ‘Pokemon GO’ Ungkap Detil Gameplay

May 27, 2016 1:00 pm
Uji Coba Lapangan di Amerika Dimulai, ‘Pokemon GO’ Ungkap Detil Gameplay

Menyambut uji coba lapangan di Amerika yang dimulai hari ini, The Pokemon Company telah merilis informasi mendetil mengenai “Pokemon GO.” Game buatan Niantic Labs ini serupa dengan Ingress, kalian harus berkeliling di dunia nyata untuk mencari Pokemon.

Berikut adalah detil yang diungkapkan:

Overview

Dalam Pokemon GO, pemain bisa mencari dan menangkap lebih dari 100 macam Pokemon sambil menjelajahi dunia di sekitar mereka. Ketika pemain mendekati Pokemon liar, ponsel milik pemain akan memberi tahu dan memberi kesempatan untuk mencoba menangkap Pokemon-nya dengan cara melempar PokeBall dengan touch screen. PokeBall dan barang-barang lainnya bisa dibeli dari PokeStop yang berada di berbagai tempat menarik seperti monumen, patung, tempat bersejarah, dan lainnya.

pokemon-go-detil-inggris-3

Pada saat bermain, pemain akan diajak untuk bergabung ke salah satu dari 3 tim yang ada dan kemudian bertarung dalam pertarungan Pokemon Gym melawan pemain lain. Setelah bergabung dengan tim, kalian akan bisa menaruh Pokemon kalian di Gym. Sama seperti PokeStop, Gym bisa ditemukan di lokasi dalam dunia nyata.

Battle

Pertarungan adalah bagian penting dari game Pokemon, dan Pokemon GO pun tidak menjadi pengecualian. Pemain bisa bertarung menggunakan Pokemon yang sudah kalian tangkap demi merebut Gym. Dengan menggunakan serangan Pokemon milik kalian dan menghindari serangan Pokemon lawan dengan swipe ke kiri dan ke kanan di layar, pemain akan bisa mengalahkan Pokemon lawan untuk mengurangi tingkat Prestige di Gym. Saat Prestige mencapai 0, tim yang bertahan tidak lagi menguasai Gym dan pemenang akan menguasai Gym tersebut.

pokemon-go-detil-inggris-2

Anggota tim bisa meningkatkan tingkat Prestige Gym-nya dengan cara melatih Pokemon yang ditugaskan di Gym tersebut bersama Pokemon rekan lainnya. Semakin tinggi level Gym, maka tim yang menguasai Gym bisa menaruh lebih banyak Pokemon di Gym-nya untuk bertahan. Pemain juga bisa bekerjasama dengan pemain lain dan bertarung bersama di Gym lawan untuk mengalahkannya lebih cepat.

Avatar

pokemon-go-detil-inggris-1

Dalam Pokemon GO, pemain akan berinteraksi dengan menggunakan avatar berupa Trainer. Penampilan Trainer bisa dirubah dengan memilih berbagai pakaian dan aksesoris. Trainer akan tampil di layar seiring kalian bergerak, tampil di halaman profil, dan juga di Gym yang dikuasai.

Pokemon GO Plus

pokemon-go-detil-inggris-5

Sebuah perangkat portable bernama Pokemon Go Plus membuat pemain Pokemon GO bisa menikmati game-nya tanpa perlu melihat layar smartphone. Perangkat ini terhubung melalui Bluetooth dan akan memberi tahu pemain ketika terjadi sesuatu di game-nya, seperti kemunculan Pokemon, melalui LED dan getaran. Selain itu, pemain bisa menangkap Pokemon dan melakukan aksi sederhana lainnya hanya dengan menekan tombol di perangkat.

In-App Purchase

pokemon-go-detil-inggris-6

Pokemon GO akan bisa di-download secara gratis dari App Store dan Google Play. Akan ada in-app purchase bagi pemain yang ingin meningkatkan pengalaman bermainnya. Pemain akan bisa membeli PokeCoin, mata uang di Pokemon GO, yang bisa digunakan untuk membeli power-up dan item tambahan.

Pokemon GO akan dirilis untuk Android dan iOS pada tahun 2016.

Sumber: Gematsu