[Celebrity Sunday] Saori Hayami

May 29, 2016 17:00
[Celebrity Sunday] Saori Hayami

Pada hari ini tanggal 29 Mei 2016, Saori Hayami merayakan ulang tahunnya yang ke-25. Untuk merayakannya, Celebrity Sunday kali ini akan membahas tentang seiyuu yang belum lama ini baru debut menjadi penyanyi.

Sebelum memulai membahas seiyuu yang terkenal dengan suaranya yang sangat lembut, saya ingin memperingatkan bahwa saya adalah fans berat Saori Hayami. Jadi kalau artikelnya terasa terlalu fanboy, saya mohon maaf terlebih dahulu.

Seiyuu yang akrab dipanggil dengan nama Hayamin ini baru pertama kali mengetahui ada pekerjaan seiyuu pada saat kelas 4 SD. Karena itu, dia pun menargetkan untuk menjadi seiyuu dan kemudian masuk Junior Seiyuu Class di Nihon Narration Engi Kenkyuujo pada saat kelas 1 SMP.

celeb-sunday-saori-hayami-2

Di saat masih belajar di sekolah seiyuu tersebut, pekerjaan pertama Hayami sebagai seiyuu adalah mengisi suara di drama CD Koharubiyori. Setahun setelah masuk di Nihon Narration Engi Kenkyuujo, Hayami langsung debut di anime, mengisi suara Momoka Kawakabe yang merupakan salah satu tokoh utama di Touka Gettan.

Karena mulai sibuk dengan pekerjaan seiyuu, Hayami hanya bisa datang seminggu sekali ke kelas di sekolah seiyuu. Meski sibuk sebagai seiyuu, Hayami berhasil masuk universitas di tahun 2010 dan lulus di tahun 2014.

Setelah debut jadi seiyuu, Hayami sering diminta menyanyi untuk lagu tema, character song, dan lainnya. Lagu yang dia nyanyikan pun bervariasi, mulai lagu ballad, lagu pop, cover lagu terkenal, hingga lagu berbahasa Inggris. Pada tahun 2009, Hayami bersama Hitomi Yoshida membentuk unit blue drops untuk anime Sora no Otoshimono.

celeb-sunday-saori-hayami-3

Berkat ini, kemampuan menyanyi Hayami sudah terbukti. Tetapi sayangnya dia masih belum debut pada saat itu, dan banyak fans dan orang-orang industri yang menantikan debutnya sebagai penyanyi.

Di tahun 2015, Hayami memberi kejutan lewat acara radionya bahwa dia akhirnya debut sebagai penyanyi. Single debut-nya adalah “Yasashii Kibou” yang menjadi lagu opening dari Akagami no Shirayukihime.

Di luar suaranya, Hayami terlihat pintar dalam hal mengarang lagu. Dalam single pertama, dia menulis lirik musiknya. Di single kedua, dia menulis lirik dan musiknya. Dan dalam album pertamanya yang baru saja rilis, Hayami menulis lirik dan musik untuk berbagai lagu. Dari 11 lagu, lirik untuk 7 lagu dia karang sendiri. Selain itu, dia juga terlihat ambisius dalam karir musiknya. Setelah merilis album pertama tidak lama sejak debutnya, Hayami juga siap mengadakan tur konser perdana di akhir tahun ini.

Tidak aneh apabila Hayami jago menyanyi dan membuat lagu. Hobi dia adalah bermain piano, memasak, menikmati musik dan film. Dia hobi piano karena sejak kecil belajar berbagai hal seperti menggambar, berenang, tenis, dan lainnya. Satu-satunya yang bertahan hingga sekarang adalah piano yang dia pelajari sejak TK. Meski begitu, kemampuan menggambarnya juga cukup hebat, sempat juara 1 dalam kompetisi tingkat Asia waktu SD.

Sebenarnya debut Hayami sebagai penyanyi bisa dibilang pasti akan menjadi kenyataan apa pun yang terjadi. Sejak kecil, Hayami suka menyanyi. Pada saat naik mobil bersama ibunya, Hayami sering bernyanyi dengan suara keras sesuai dengan lagu yang diputar di kaset. Ibunya sering memandu Hayami apabila dia bernyanyi dengan nada yang salah. Karena ibunya adalah vokalis jazz, dia menyarankan Hayami untuk belajar menjadi vokalis jazz pada saat SMP.

Seperti yang dikatakan di atas, Hayami memiliki suara yang lembut. Suaranya sedikit mirip dengan suara Mamiko Noto, jadi kadang suka tertukar pada saat menebak suaranya. Karena suaranya ini, Hayami sering mendapatkan peran karakter Yamato Nadeshiko atau Ojou-sama seperti Miho di Bakuman, Miyuki di Mahouka Koukou no Rettousei, atau Kirika di Shining Resonance.



Meski begitu, Hayami juga sering mendapatkan peran yang sangat bervariasi. Contohnya adalah Musubi di Sekirei yang penuh semangat, Yukino di Oregairu yang cool, Shinoa di Owari no Seraph yang hobi menggoda, dan lainnya. Salah satu karya yang membuat nama Hayami melejit adalah Love Plus. Dalam game tersebut, dia mengisi suara Manaka.
Sedikit trivia: Tomokazu Sugita, yang bisa dibilang sangat otaku, sangat suka dengan suara Hayami. Sugita sering mengungkapkan hal ini dalam berbagai acara radio.

Hayami juga baru saja memenangkan Seiyuu Awards ke-10 yang berlangsung di awal Maret. Dia mendapatkan penghargaan Best Actress in Supporting Roles.