Orang Ini Belah Mesin Gachapon untuk Lihat Isinya

May 29, 2016 7:00 pm
Orang Ini Belah Mesin Gachapon untuk Lihat Isinya

Saat ini nama gacha sudah sinonim dengan game mobile. Buat kalian yang tidak tahu, gacha sebenarnya berasal dari gachapon, sebuah mesin yang akan mengeluarkan barang apabila kalian memutar kenopnya. Channel YouTube What’s Inside yang beranggotakan sepasang ayah dan anak telah memotong mesin gachapon untuk melihat seperti apa dalamnya.

Channel yang beranggotakan Dan sang ayah dan Lincoln sang anak saat ini sedang berkeliling dunia untuk membelah berbagai barang khas masing-masing negara. Ternyata, negara pertama yang mereka kunjungi adalah Jepang. Untuk barang khas Jepang, mereka memilih mesin gachapon karena bisa dibilang adalah barang yang sangat unik dan hanya ada di Jepang.

Seperti biasa, What’s Inside ditemani oleh YouTuber lainnya untuk membantu mereka. Kali ini mereka ditemani oleh John Daub dari channel Only in Japan untuk membantu penjelasan mengenai gachapon. Sebelum memulai membelah mesinnya, mereka bermain mesin gachapon dulu di Gachapon Kaikan, Akihabara, untuk mencoba keberutungan mereka dari RNG-sama.

Ternyata mekanisme mesin gachapon terlihat sangat analog tetapi sangat fungsional. Lubang untuk jatuhnya bola gachapon ketika kalian memutas kenop ternyata dihalangi oleh per untuk menahan bola lain. Selain itu, ketika kalian mengambil bola, jalur bola akan tertutup agar tidak ada orang yang iseng merogoh ke dalam untuk mengambil bola tanpa membayar. Yang paling unik dari mesin gachapon ini adalah sistem untuk mengatur penentuan harga sekali memutar. Ternyata sistemnya sangat sederhana karena koin hanya untuk menggeser pembatasnya saja.

Kalian bisa mengikuti channel What’s Inside untuk melihat isi dan cara kerja dari berbagai macam barang. Sedangkan channel Only in Japan memperkenalkan berbagai hal, mulai dari lokasi, festival, dan lainnya yang khas Jepang.