[Waifu Wednesday] Iowa

June 1, 2016 18:00
[Waifu Wednesday] Iowa

Berbicara mengenai event yang baru saja berakhir, saya ingin membahas mengenai salah satu kanmusu yang menjadi hadiah tertinggi dalam event kali ini. Secara kebetulan, kanmusu tersebut juga menjadi waifu yang akan kami bahas di minggu ini padahal dia termasuk cukup baru di dalam gamenya. Karena itu mari kita bahas Iowa dari game Kantai Collection.

BB-61 Iowa pada dasarnya adalah kapal dari US Navy yang bertarung melawan kapal-kapal Jepang di masa Perang Dunia. Dia adalah lead ship dari kelas battleship dan menjadi salah satu kelas battleship terakhir yang dibuat karena mereka sadar peperangan akan lebih mengandalkan aircraft carrier di masa mendatang. Namun dalam game ini Iowa diubah menjadi seorang kanmusu ceria yang punya level berisik tidak jauh dari Kongou. Menjadi kapal asing, dia juga sering memadukan kata-kata berbahasa Jepang dengan bahasa Inggris.

JOI - waifu wednesday Iowa (2)(sumber)

Iowa saat ini hanya tersedia dalam game Kantai Collection Kai untuk PlayStation Vita, dan bagi mereka yang berhasil menyelesaikan E-7 dalam Spring Event 2016 yang baru saja berakhir. Mari kita mengheningkan cipta sejenak bagi para Teitoku yang tidak berhasil mendapatkan Iowa pada event kali ini.

Sudah selesai mengheningkan cipta? Bagus, ayo kita bahas apa kualitas Iowa sebagai waifu.

+ Overexcited girl

JOI - waifu wednesday Iowa (10)(sumber)

Kalau kamu senang dengan seorang gadis yang tidak bisa diam dan sangat bersemangat setiap harinya, maka Iowa adalah sebuah kapal yang cocok untukmu. Coba saja pasang Iowa sebagai flagship di dalam game dan kamu akan mengerti. Saya rasa dia bahkan jauh lebih semangat daripada Kongou sebagai seorang gadis, walaupun dia tidak seagresif Kongou dalam hal mengejar cinta sang admiral.

Dia juga terlihat murah senyum, dengan pupilnya yang penuh bintang itupun membuatnya terlihat seperti seorang gadis yang memiliki banyak mimpi.

+ American size!

JOI - waifu wednesday Iowa (5)(sumber)

Tentu saya tidak hanya berbicara mengenai burgernya saja, tapi ukuran Iowa secara keseluruhan. Ukuran tersebut jugalah yang membuatnya menjadi sangat kuat dibandingkan dengan kapal battleship lain. Saya yakin kamu akan aman bersama Iowa, terutama karena dia memiliki 2 buah airbag ekstra besar yang dapat melindungimu dari segala macam benturan.

+ Friendly with the others

JOI - waifu wednesday Iowa (3)(sumber)

Dalam hourly lines Iowa dalam gamenya, terlihat sekali kalau kanmusu yang satu ini mudah bergaul dengan kanmusu lain di dalam game. Bahkan sepertinya memiliki sedikit hubungan rival dengan Yamato, walaupun keduanya tetap ramah dalam bergaul. Sayangnya dia tidak mengerti kalau “hotel” adalah sebuah kata yang tabu bila diucapkan di sekitar kapal terbesar Jepang tersebut.

Dengan kepribadiannya yang sangat ceria tersebut juga sepertinya tidak heran bila dia mudah bergaul dengan siapa saja. Permasalahannya adalah apakah kapal-kapalmu yang lain bisa menerima diri Iowa yang begitu terbuka dan blak-blakan? Kebebasan Amerika memang begitu bebas bila dibandingkan dengan banyak orang Jepang yang sopan dan santun.

+ OP stat pls nerf

JOI - waifu wednesday Iowa (1)

Jadi Iowa itu fast battleship, walaupun secara historis dia memang battleship dengan spesifikasi tertinggi di era tersebut, seharusnya di dalam game dia memiliki status yang hampir sama dengan Kongou atau Bismarck, tapi tidak. Status yang dimiliki Iowa adalah status yang dapat merivali bahkan Yamato sekalipun, walaupun dia adalah fast battleship. Luar biasa, bila event selanjutnya kamu butuh sebuah kapal tank yang luar biasa cepat, punya kekuatan nyaris setara dengan kelas Yamato dan status anti air paling baik diantara para battleship lain, jawabannya hanyalah Iowa.

On the other hand, jangan di-nerf deh, biarkan Iowa tetap OP supaya para developer bisa mengubah Yamato dan Nagato ke kelas Kai NiAmin.

Namun setelah meneliti lebih lanjut, tentu ada saja kelemahan dari battleship dengan double cheeseburger ukuran jumbo ini. Apa saja kelemahan dia sebagai seorang waifu? Mari kita bahas di bawah ini.

– Berisik

JOI - waifu wednesday Iowa (6)(sumber)

Kalau dulu gelar kapal paling berisik saya nobatkan kepada Kongou yang memang tidak bisa diam sama sekali, apalagi kalau kamu tinggal beberapa lama tanpa kamu ajak bicara, Iowa sepertinya jauh lebih parah. Apalagi penggunaan bahasa Inggrisnya yang agak, well, aneh karena tidak semua kata dieja dengan sangat baik. Terkadang saya jadi bingung dia ini mau ngomong bahasa Inggris atau kumur-kumur. Mana sepertinya volumenya nyangkut di suara maksimal lagi.

Tapi kelemahan berisik ini sih sepertinya tidak terlalu berat, bila dibandingkan dengan salah satu kelemahan lagi yang bisa membuatmu garuk-garuk kepala.

– Aksen bicaranya agak… berbahaya

JOI - waifu wednesday Iowa (7)(sumber)

Apa yang saya maksud aksen berbicara kali ini bukanlah cara dia mengeja kata atau kebanyakan menggunakan bahasa Inggris. Tapi bagaimana nada dia berbicara yang terdengar agak… menggoda dan sebaiknya tidak didengarkan di tempat umum. Tunggu saja sampai Iowa mendapatkan damage dari kapal musuh, dan dengarkan lenguhan kesakitannya yang lebih seperti desahan nikmat dibanding derita.

Kalau kamu tidak berani membawa Iowa karena resource kamu yang masih terbatas, coba saja kamu ganti equipment dia tanpa berpikir macem-macem. Tapi in general, apapun yang akan dia katakan akan bernada mendesah dan sebaiknya tidak disarankan bermain di dekat orang tua.

JOI - waifu wednesday Iowa (4)

Kira-kira itulah kenapa Iowa cocok untuk kamu jadikan waifu dan kenapa sebaiknya kamu terhindar terlihat di luar dengan dia. Apalagi dengan aksen bicaranya yang terus mendesah dan bisa membuat orang lain salah paham. Bisa-bisa kamu dikira tokoh utama dalam doujinshi mesum yang suka bermain dengan pasanganmu sendiri. Sebaiknya kamu ajari dulu Iowa berbicara dengan baik dan benar sebelum mengajaknya berkencan.

Namun mungkin kelemahan terbesar dari Iowa adalah cara mendapatkannya yang sangat amat susah. Bila kamu ingin mendapatkannya di konsol PS Vita, tentu kamu harus membeli cartridge-nya terlebih dahulu, artinya kamu harus mengorbankan sedikit uang untuknya. Bila kamu ingin mendapatkannya dengan gratis artinya kamu harus melewati neraka yang bernama E-7 dengan semua bos-bos yang bikin kamu pusing kepala. Bagaimana sanity level kamu setelah Spring Event?

Sebenarnya Iowa adalah gadis yang baik, dia mudah diajak bergaul dan tidak takut bertemu dengan orang baru. Tapi sayang, dapetin-nya saja yang susah.

JOI - waifu wednesday Iowa event

Dalam kasus saya sih dapetin Teruzuki lebih susah daripada dapetin Iowa. Tolong jangan tanya apakah saya sudah dapat Graf Zeppelin.