Capcom Ungkap Banyak Detil ‘Monster Hunter Stories’ Lewat Livestream Khusus

June 2, 2016 6:30 pm
Capcom Ungkap Banyak Detil ‘Monster Hunter Stories’ Lewat Livestream Khusus

Livestream Capcom TV episode terbaru adalah berupa episode spesial yang membahas “Monster Hunter Stories” secara mendetil. Dalam livestream yang berdurasi hampir 3 jam ini, Capcom mengungkapkan banyak detil seperti 10 menit pertama dari gameplay-nya, detil mengenai Otomon, permainan online, dan masih banyak lainnya.

Siliconera telah berbaik hati membuat rangkuman dari livestream yang panjang ini:

Latar Belakang, 10 Menit Pertama, dan Kostumisasi Karakter (29:28 – 53:00)

Monster Hunter Stories mengambil setting di dunia yang sama dengan Monster Hunter. Game ini menceritakan tentang sekumpulan orang yang bisa menjalin relasi dengan monster-monster yang dipanggil sebagai Otomon. Mereka mengendarai Otomon dan memanggil diri mereka sebagai Rider. Sampai saat ini Rider tidak pernah ada alasan untuk pergi ke daerah Hunter. Tetapi karena ada kegelapan yang mulai menyebar, mereka pun harus pergi ke daerah Hunter demi mendapatkan bantuan.

– Game ini dimulai ketiga tiga sahabat: Lilia (Rider perempuan), Shuval (Rival), dan kalian yang menjadi tokoh utama pergi ke hutan misterius demi mencari Wyvern Eggs. Awalnya Shuval tidak ingin pergi ke hutan tersebut karena dilarang oleh warga desa, tetapi Lilia mengejeknya sebagai penakut yang membuat Shuval ikut pergi juga. Bahasa yang digunakan dalm Monster Hunter Stories adalah bahasa buatan sendiri yang sama dengan di game Monster Hunter lainnya. Sutradara seri Monster Hunter, Kaname Fujioka, mengatakan bahwa mereka hingga membuat kamus khusus yang berisikan kata-kata bahasa Monster Hunter. Dia hingga bercanda bahwa para seiyuu yang mengisi suara di game ini sudah sering membaca kamus ini hingga mengerti bahasanya.

– Kustomisasi karakter dimulai ketika ketiga sahabat ini menemukan sebuah telur dan Lilia mengatakan bahwa kalian harus memperkenalkan diri kepada monster yang akan segera menetas dan menjadi Otomon. Kalian akan bisa mengubah tampilan wajah, rambut, mata, warna mata, desain mulut, warna kulit, dan suara. Voice 1 adalah suara seiyuu yang mengisi suara tokoh utama di versi anime-nya.

– Telurnya menetas dan muncul bayi Rathalos. Bayi tersebut tiba-tiba menyergap sang tokoh utama, tetapi ternyata tidak menyerang melainkan minta dielus. Setelah kalian kembali ke desa, kalian malah dimarahi oleh Dan yang merupakan pemimpin Rider. Kalian disuruh pergi ke kepala desa untuk dihukum, tetapi sang kepala desa mengubah pikiran setelah mengetahui kalian telah membentuk relasi dengan sang Otomon. Tidak lama kemudian, terompet desa berbunyi yang menandakan serangan monster (menit 50:13).

– Seekor Nargacuga tiba-tiba menyerang desa Rider, kemudian menghancurkan rumah Shuval dan membunuh ibunya. Kalian berhasil menolong Shuval yang hampir diserang Nargacuga. Bayi Rathalos pun ikut membantu kalian dengan menyerang Nargacuga, tetapi dibalas dengan serangan ekor yang membuat mata kirinya terluka. Serangan ini membuat sang bayi Rathalos jatuh ke jurang. Para Rider berhasil mengusir Nargacuga, tetapi Shuval menghampiri rumahnya yang hancur dan menemukan cermin milik ibunya yang rusak. Dia berjanji untuk membalas dendam.

– Pada menit 1:24:20, tim Capcom tidak sengaja memperlihatkan peta dunia dari Monster Hunter Stories. Ternyata game ini menghadirkan peta yang sangat besar dengan berbagai desa. Areanya pun bervariasi; ada daerah pegunungan yang penuh salju, padang pasir, gunung volkano, dan masih banyak lainnya.

monster-hunter-stories-livestream-peta

Kemampuan Otomon, Hunting Horn, Mencari dan Merawat Telur (1:02:19 – 1:24:00)

– Setelah itu, mereka memperlihatkan gameplay di area gunung bersalju. Di field, kalian akan bisa menemukan Monster Cave. Gua ini ada banyak variasi tingkat rarity, contohnya warna abu-abu adalah gua biasa dan warna emas adalah gua yang rare. Semakin tinggi tingkat rarity maka telur di dalam gua berpotensi memiliki status dan gen elemen yang lebih baik. Beberapa area hanya bisa dicapai dengan menggunakan kemampuan monster tertentu. Dalam contoh yang diperlihatkan, sang tokoh utama awalnya mengendarai Qurupeco dan guanya harus dicapai dengan berenang. Karena Qurupeco tidak bisa berenang, monster yang dikeluarkan diganti ke Lagiacrus.

– Kalian akan bisa membawa 6 Otomon sekaligus dan kalian bisa mengganti Otomon yang berjalan bersama kalian dengan menekan tombol kanan bawah di touch screen.

– Masing-masing monster memiliki kemampuan yang unik. Dalam gameplay yang diperlihatkan, Lagiacrus bisa berenang. Tetapi monster ini juga bisa mengaum untuk menakuti monster-monster yang lebih lemah darinya agar tidak menyerang kalian.

– Sang karakter akhirnya tiba di sarang yang ada Khezu yang sedang tidur. Setiap telur memiliki pola yang berbeda, jadi kalian bisa menebak akan mendapatkan monster jenis apa. Uniknya, kalian akan terus bisa mengambil telur secara terus-terusan untuk mencari pola yang kalian inginkan selama monster yang ada masih tidur. Sayangnya Khezu keburu bangun dan mereka telat kabur jadi harus bertarung.

– Dalam pertarungan yang diperlihatkan, sang karakter menggunakan senjata baru yaitu Hunting Horn. Sama seperti dengan di game utamanya, kalian bisa memainkan lagu dengan menggunakan serangan tipe Power, Speed, dan Technique. Ketika serangan yang dilakukan sudah sesuai dengan lagu, kalian akan otomatis mengaktifkan buff/debuff.

– Ketika bertarung, serangan Lagiacrus tidak efektif karena tipe seranganya adalah listrik, sama dengan elemen Khezu. Karena itu, mereka menggantinya dengan Lagombi yang unik karena memiliki elemen api, bukannya es. Ternyata Monster Hunter Stories menghadirkan fitur baru yang berupa gen elemen. Masing-masing monster memiliki Bingo Board yang berisikan gen elemen. Apabila kalian berhasil menyusun warna yang sama, maka elemen monster-nya akan berubah. Karena itu, Lagombi jadi bisa memiliki elemen api yang efekti melawan elemen listrik.

– Kalian bisa memindahkan gen elemen dari 1 Otomon ke Otomon lainnya. Kalian bisa melakukannya dengan cara berbicara dengan Densho Jiichan, yang akrab dipanggil Denji. Karena itu, kalian disarankan untuk mengumpulkan Otomon sebanyak mungkin untuk mencari susunan gen elemen terbarik.

monster-hunter-stories-livestream-denji

My House (1:24:50 – 1:34:00)

– Sama seperti seri utama Monster Hunter, kalian juga memiliki rumah di desa kalian. Dari item chest, kalian bisa mengganti equipment dan juga mengganti pakaian Nabiru. Tetapi pakaian Nabiru hanya merubah tampilan saja, tidak ada efek lainnya.

– Kalian bisa mengganti model rambut, warna rambut, dan warna mata di item chest kapan saja.

– Kalian bisa memilih untuk menghilangkan helm pada saat cutscene. Ini tidak mempengaruhi status kalian dan hanya agar wajah karakter terlihat lebih jelas. Kalian bisa melihat ulang cutscene dari item chest.

– Bonus pre-order dari Monster Hunter Stories adalah kostum Rathalos untuk Nabiru. Apabila kalian memiliki data save Monster Hunter Generations, maka kalian akan mendapatkan kostum Glavenus (Dinovaldo di versi Jepang) untuk Nabiru dan senjata Sword and Shield Glavenus untuk karakter kalian.

Online dan Pertarungan Lokal, amiibo (1:44:10 – 1:56:20)

– Kalian akan bisa bertarung melawan orang lain lewat koneksi lokal atau internet. Kalian bisa membawa berbagai set item, equipment, dan juga Otomon kalian sebanyak 3 ekor.

– Kalian bisa melakukan komunikasi dengan pemain lain menggunakan Stamp, serupa dengan sistem yang ada di The Legend of Zelda: Triforce Heroes.

– Masing-masing pemain memiliki 3 poin hati. 1 hati akan hilang setiap monster atau pemain mati. Setelah itu, monster atau pemain akan langsung bangun kembali untuk bertarung dengan kekuatan penuh.

– Pertarungan melawan pemain lain berhadiah egg shard. Setiap pemain akan mendapatkan egg shard, tetapi pemenang akan mendapatkan jumlah yang lebih banyak. Egg shard bisa dikumpul untuk mendapatkan telur yang berisikan Otomon baru.

– Amiibo untuk Rider versi laki-laki dan perempuan masing-masing dijual dengan harga 1.800 Yen, sedangkan amiibo Nabiru dijual dengan harga 1.200 Yen. Capcom juga berencana untuk merilis latar diorama untuk amiibo Monster Hunter Stories dengan harga 1.500 Yen.

Collector’s Edition (2:21:24)

monster-hunter-stories-livestream-collector

– Collector’s Edition untuk Monster Hunter Stories akan dijual melalui E-Capcom Online Store dan berisikan game-nya, soundtrack CD, art book, kizuna stone, dan kode download untuk Zinogre spesial.

Monster Hunter Stories akan rilis di Jepang pada tanggal 8 Oktober 2016 untuk Nintendo 3DS.

Sumber: Siliconera