‘Persona 5’ Ungkap Detil Cerita, Dungeon, & Lainnya

June 12, 2016 3:00 pm
‘Persona 5’ Ungkap Detil Cerita, Dungeon, & Lainnya

Atlus telah merilis banyak informasi baru seputar “Persona 5.” Informasi yang dirilis kali ini adalah seputar cerita game-nya, dungeon, kehidupan SMA, aktivitas yang bisa dilakukan, dan masih banyak lainnya.

Perkenalan

Phantom Thief yang mencuri hati busuk dari orang jahat!?

Sekelompok Phantom Thief yang penuh misteri membuat keramaian di kota besar!

Sekarang, sebuah kelompok yang menyebut dirinya sebagai “Phantom Thieves of Hearts” membuat keramaian di Tokyo. Mereka “mencuri” hasrat yang kacau dari dalam “hati” para orang-orang dewasa yang jahat.

Peringatan yang dikirimkan Phantom Thief kepada orang-orang dewasa ini meminta mereka untuk “mengakui dosanya secara keseluruhan dan memperbaiki diri.”

Guru-guru yang mencaci muridnya dengan kata-kata kasar, lintah darat yang curang, artis yang menjiplak… Orang-orang dewasa yang seperti adalah target dari Phantom Thief.

Bagaimana para Phantom Thief akan memperbaiki para orang dewasa yang jahat? Cerita reformasi dunia yang menarik dan menegangkan dimulai.

Cerita

“Ketika saya melindungi seorang perempuan dari seorang lelaki yang mengganggunya, sang lelaki terluka dan menuntut saya.”

Baik itu adalah rasa keadilan yang kecil, atau alasan lainnya, kebenaran selalu dirubah oleh perlindungan diri dan kenyamanan orang-orang dewasa yang busuk. Dikatakan bahwa sang tokoh utama memiliki “sejarah pribadi” dengan kelakukan-kelakuan jahat ini. Suatu hari, ketika dia sedang menjalankan masa percobaannya di sebuah kafe tua di Tokyo, dia mendapatkan mimpi aneh yang nyata.

Berpakaian napi, dia bangun di sebuah penjara berwarna biru. Di sisi luar jeruji terdapat penjaga yang kembar dan seorang kakek dengan wajah yang aneh. Ketika sang tokoh utama tidur, dia dipanggil ke penjara biru yang dikenal sebagai Velvet Room. Tempat ini berada di antara mimpi dan dunia nyata, dan arwah dan wujud. Ruangan ini hanya bisa dikunjungi oleh orang-orang yang terikat sebuah kontrak.

Sang tokoh utama terjebak dalam penjara di dalam Velvet Room, tetapi sang kakek mengatakan, “Kondisi ruangan ini adalah kondisi pikiran sang kontraktor,” dan sang tokoh utama adalah “napi takdir.”

Kehancuran menantikan sang tokoh utama di masa depan yang tidak terlalu jauh. Tidak ada yang bisa dilakukan kecuali melakukan “rehabilitasi.” “Jalan menuju kebebebasan berasal dari rehabilitasi…” adalah satu-satunya cara untuk menghidari kehancuran.

Kakek yang bernama Igor bertanya kepada sang tokoh utama, “Apakah kau sudah siap menghadapi tantangan ini? Tantangan menghadapi dunia yang kacau?”

persona-5-banyak-detil-2Penjaga kembar di Velvet Room. Mereka mengaku hadir untuk “menolong tokoh utama yang ditangkap mencapai tujuannya yaitu rehabilitasi.”


persona-5-banyak-detil-3Igor, seorang kakek yang membebankan jalan “rehabilitasi” ke tokoh utama.


persona-5-banyak-detil-4Sewaktu-waktu, kalian akan mengunjungi Velvet Room. Kalian juga bisa berinteraksi dengan warganya yang misterius.

Awal dari Phantom Thief

“Rehabilitasi kebebasan” yang diberikan oleh Igor kepada tokoh utama adalah untuk menjadi pencuri yang handal. Dari sinilah awal Phantom Thief akan merubah dunia dengan mencuri hati dari orang dewasa yang jahat.


persona-5-banyak-detil-5Tugasnya: Mencuri hasrat yang kacau dari orang dewasa dan memperbaiki semua target.


persona-5-banyak-detil-6Tidak lama kemudian, kejahatan Phantom Thief mulai diketahui oleh para polisi dan pemerintah di seluruh dunia, yang menjadi insiden besar.

persona-5-banyak-detil-7


persona-5-banyak-detil-8Dikatakan bahwa orang-orang mulai menjadi gila. Apakah ini berhubungan dengan apa yang diincar Phantom Thief?

Palace

Sang tokoh utama dan kawan-kawannya menggunakan aplikasi smartphone misterius yang diberikan Igor bernama “Isekai Navi” (Other World Navi). Mereka harus menyusup dunia lain dari hati yang bernama Palace untuk memperbaiki orang dewasa yang jahat.

Di dunia lain dari hati, Palace, “adalah realita lain dari orang jahat dengan hati yang busuk. Di dalamnya dunia lain dengan desain yang bervariasi seperti kastil kuno, museum seni, dan piramida, sang tokoh utama mencari hasrat yang tersembunyi bernama “harta karun.”


persona-5-banyak-detil-9Tujuan para Phantom Thief adalah mencuri hasrat yang kacau dalam bentuk “harta karun” di kedalaman Palace. Berbagai rintangan akan menghadapi mereka.


persona-5-banyak-detil-10Di dalam Palace bergaya museum, akan ada banyak jalan dan banyak yang buntu. Kalian harus berjalan melalui lukisan untuk memecahkan teka-teki dan mencari jalan yang benar.


persona-5-banyak-detil-11Cari area yang mencurigakan dengan mata Phantom Thief yang bisa mencari kebenaran dan bersembunyi dari mata musuh dengan menyamar. Dari jalan rahasia dan lainnya, akan ada banyak gimmick di dungeon.


persona-5-banyak-detil-12Melalui aksi stealth, kalian bisa bersembunyi dan melakukan serangan dadakan dan juga menyusup. Dalam Palace bertema bank, kalian akan bisa menyusup tanpa ketahuan atau menghadapi musuh secara terang-terangan. Ini adalah salah satu dari banyak gimmick di dungeon Persona 5.

Murid di Siang Hari, Pencuri di Malam Hari

Meski tokoh utama dan teman-temannya adalah Phantom Thief, mereka adalah murid SMA yang harus menghadiri kelas dan kegiatan klub. Kalian juga akan bisa menggunakan waktu yang kosong untuk kencan, kerja paruh waktu, belajar, atau bermain game. Kalian akan bisa menikmati waktu setahun penuh sebagai siswa SMA, termasuk berbagai acara di tiap musim seperti berenang, festival sekolah, dan field trip.


persona-5-banyak-detil-13Kamar sang tokoh utama adalah loteng dari kafe tempat tinggalnya. Dia bisa mengundang teman untuk melakukan berbagai aktivitas seperti bermain game.


persona-5-banyak-detil-14Sama seperti dengan game Persona sebelumnya, belajar dengan serius akan menambah ilmu kalian. Sesuatu yang baik mungkin terjadi apabila kalian mendapatkan skor yang baik di ujian.


persona-5-banyak-detil-15Sepanjang cerita game-nya, akan ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti field trip ke luar negeri, festival, dan lainnya!


persona-5-banyak-detil-16Pemain bisa bebas menentukan kegiatan pulang sekolah. Mulai dari berjalan-jalan dengan para gadis di Shibuya, menonton film di Akihabara, dan lainnya.


persona-5-banyak-detil-17Sistem relasi yang serupa dengan Persona 3 dan Persona 4 masih ada di Persona 5. Kalian juga bisa menjadi pasangan.


persona-5-banyak-detil-18Akan ada banyak kesempatan untuk meningkatkan diri, termasuk berbagai macam kerja paruh waktu. Bahkan kalian bisa membantu membuat pidato pemilihan ketua OSIS.

Episode Format Omnibus

Episode cerita di Persona 5 menggunakan format omnibus. Masing-masing cerita adalah cerita independen, dan tidak lama kemudian semua insiden akan dijelaskan hubungannya. Akhir cerita akan bergantung pada aktivitas tokoh utama.

persona-5-banyak-detil-19

Karakter Baru: Velvet Room

Igor (pengisi suara: Masane Tsukayama)

persona-5-banyak-detil-3

Di sisi lain jeruji adalah seorang kakek dengan wajah yang aneh. Dia memaksakan “rehabilitasi kebebasan” kepada sang tokoh utama dan memberikan “Isekai Navi” kepadanya. Dia akan menyaksikan apakah sang tokoh utama bisa menggunakan kemampuannya untuk membebaskan dirinya dari penjara atau tidak.

Caroline dan Justine (pengisi suara: Aki Toyosaki)

persona-5-banyak-detil-20

Penjaga kembar yang menemani Igor. Mereka terlihat sama, dan masing-masing menggunakan penutup mata di mata yang berbeda. Mereka berdua menyebut dirinya sebagai penjaga Velvet Room dan menghadapi sang tokoh utama dengan kasar. Tetapi mereka sering berdebat menentukan perlakukan dari tokoh utama.

Persona 5 – Screenshot


Persona 5 akan rilis di Jepang pada tanggal 15 September untuk PlayStation 4 dan PlayStation 3. Versi Inggrisnya baru akan dirilis pada tanggal 14 Februari 2017. Atlus mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan livestream Persona 5 spesial untuk E3 2016 yang mengungkapkan informasi baru dan juga “video yang dirahasiakan.” Livestream akan ditayangkan lewat Niconico pada tanggal 15 Juni pukul 19:00 WIB.

Sumber: Gematsu (1, 2)