Pamerkan Gameplay ‘Kingdom Hearts HD 2.8,’ Square Enix Ungkap Banyak Info Seputar Serinya

June 16, 2016 16:30
Pamerkan Gameplay ‘Kingdom Hearts HD 2.8,’ Square Enix Ungkap Banyak Info Seputar Serinya

Square Enix telah merilis video gameplay dari “Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue” dalam E3 2016. Video yang dipamerkan sama dengan demo yang bisa dimainkan dalam acara pameran game terbesar tersebut. Selain itu, terungkap banyak informasi mengenai seri Kingdom Hearts melalui wawancara bersama berbagai media.

Video gameplay yang dipamerkan berpusat pada Kingdom Hearts 0.2 Birth by Sleep: A Fragmentary Passage, cerita tambahan setelah Birth by Sleep dengan tokoh utama Aqua dan menghubungkan cerita ke Kingdom Hearts III. Porsi ini juga merupakan cuplikan gameplay dari Kingdom Hearts III.

Selain Kingdom Hearts 0.2 Birth by Sleep: A Fragmentary Passage, Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue juga berisikan Kingdom Hearts: Dream Drop Distance yang berjalan di frame rate 60 fps dan Kingdom Hearts Chi: Back Cover yang merupakan sinematik baru yang mengungkapkan kisah di balik Foretellers.

Sedangkan detil yang terungkap dalam wawancara, GameSpot bertanya kepada co-director Tai Yasue mengenai apakah mungkin Kingdom Hearts HD 1.5 Remix dan Kingdom Hearts HD 2.5 Remix akan dibawa ke PlayStation 4. Game ini berisikan hampir semua game-game Kingdom Hearts yang sudah dirilis dan hanya tersedia di PlayStation 3 saja.

Yasue menjawab, “Kami belum memutuskannya dan belum ada yang bisa diumumkan. Kami mendengarkan fans kami dan juga para pemain, dan ingin melihat apa pendapat mereka mengenai hal ini. Saya tidak menutup kemungkinannya, tetapi belum ada yang bisa diumumkan.”

Sedangkan dalam wawancara bersama Famitsu, Tetsuya Nomura yang merupakan sutradara seri Kingdom Hearts membahas tentang berbagai proyek yang mereka kerjakan. Berikut adalah rangkumannya:

Kingdom Hearts 0.2 Birth by Sleep: A Fragmentary Passage

  • Nomura membahas bagaimana mereka dapat mengubah game-nya dengan mudah berkat Unreal Engine 4, terutama mengenai lighting.
  • Apa yang dipamerkan di E3 2016 akan hadir dalam versi akhir game-nya. Nomura ingin memberi pemain kesempatan untuk menjelajahinya, naik ke tempat tinggi untuk melihat areanya. Nomura mengatakan bahwa Kingdom Hearts III akan memiliki feel yang sama, free-running ke tempat tinggi, dan menyusun peta adalah hal yang penting.
  • Nomura mengatakan bahwa waktu berhenti hanya di tempat tersebut saja. Dan apabila kalian pergi ke tempat lain akan ada “efek” yang berbeda.
  • Mengenai sistem pertarungan, Nomura mengatakan bahwa konsep Command Style dari Birth by Sleep sekarang berubah menjadi Keyblade Transformation di Kingdom Hearts III.
  • Nomura menyebut Heartless Swarm sebagai “Devil’s Wave.” Mereka sudah terlihat sejak trailer pertama Kingdom Hearts III di E3 2013 dan kekuatan mereka masih belum penuh.
  • Aqua hanya bisa menjadi kuat dengan naik level. Tidak ada Keyblade yang bisa didapatkan.
  • Mengenai durasi Kingdom Hearts 0.2 Birth by Sleep: A Fragmentary Passage, Nomura mengatakan akan ada banyak cutscene.
  • Menurut Nomura, urutan mainnya adalah Dream Drop Distance, A Fragmentary Passage, kemudian Kingdom Hearts III.
  • Kingdom Hearts 0.2 Birth by Sleep: A Fragmentary Passage bukanlah konten yang dihapus dari Kingdom Hearts III. Game tersebut adalah sesuatu yang Nomura rasa harus dibuat, tetapi dia tidak ingin memperlambat penceritaan di Kingdom Hearts III dengan banyak cerita latar. Jadi dia memotongnya dan membuat game yang berbeda berdasarkan konten tersebut.
  • Kingdom Hearts III akan memiliki cerita pembuka pendek sebelum game-nya dimulai untuk memastikan semua orang tidak ketinggalan ceritanya.

Kingdom Hearts: Dream Drop Distance HD

  • Nomura membahas tentang Catanuki, makhluk ini adalah sesuatu yang sangat ingin dimasukkan ke dalam game-nya oleh  tim Osaka.
  • Selain ada PlayStation 4 Trophies, game-nya sekarang berjalan di frame rate 60 fps.
  • Terdapat kesulitan mengubah Kingdom Hearts: Dream Drop Distance menjadi game tanpa 2 layar.
  • “Semangat” membuat elemen unik di versi 3DS sekarang berubah menjadi membuat elemen unik untuk versi PlayStation 4.

kingdom-hearts-e3-2016-2

Kingdom Hearts χ: Back Cover

  • Kingdom Hearts χ: Back Cover dibuat menggunakan teknologi yang sama dengan Kingdom Hearts III.
  • Famitsu bertanya apakah Black Coat adalah Master para Foreteller. Nomura mengatakan hal itu benar. Dia adalah “lem unik” antar Foreteller dan memiliki nama panggilan untuk masing-masing Foreteller.
  • Kingdom Hearts: Unchained χ baru-baru ini mencapai 4 juta download di Amerika, dan banyak permintaan untuk dirilis di Eropa juga. Dia bahagia karena game Kingdom Hearts ini bisa dihadirkan untuk fans di seluruh dunia.
  • Nomura memberi sinyal bahwa cerita dari Kingdom Hearts: Unchained χ akan berpisah sebentar lagi dari kisah Kingdom Hearts χ. Kingdom Hearts χ sudah selesai, tetapi Kingdom Hearts: Unchained χ bisa dianggap sebagai bagian kedua.
  • Nomura mengatakan bahwa rilis Kingdom Hearts III di Jepang bisa rilis lebih cepat daripada di luar Jepang, tetapi jarak rilisnya tidak begitu jauh dan hampir bersamaan.
  • Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue sudah memasuki tahap akhir produksi, dan voiceover dalam bahasa Inggris sekarang sedang di-master dan di-timing. Dia berharap fans bersama-sama menunggu hingga musim dingin untuk informasi baru Kingdom Hearts III. Untuk saat ini, mereka bisa fokus pada Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue.
  • Tahun depan adalah perayaan ulang tahun ke-15 dari Kingdom Hearts dan ke-30 untuk Final Fantasy. Dia mengatakan akan ada banyak perayaan tahun depan mengenai kedua seri tersebut, dan dia ingin meramaikan suasana perayaan dimulai dengan Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue.

kingdom-hearts-e3-2016-3

Final Fantasy VII Remake

  • Nomura mengatakan bahwa game-nya masih jauh dari selesai, tetapi memastikan bahwa proses pengerjaan berjalan lancar. Dia juga mengatakan bahwa informasi jelas mengenai game-nya akan diungkapkan dalam waktu yang akan datang, dan ketika dipamerkan, dia akan tampil di hadapan publik.

Mengenai Potensi Sekuel The World Ends With You

  • Nomura mengatakan mengenai The World Ends With You, fans-nya sangat banyak di luar Jepang. Dia juga mengatakan bahwa banyak orang, terutama dari luar Jepang, meminta untuk sekuelnya dibuat. Nomura menjelaskan bahwa itu bukanlah hal mudah, tetapi kemungkin judul baru tetap terbuka. Dia ingin memastikan bahwa dia memiliki staf dan tim yang diperlukan untuk membuat game yang setara dengan game pertamanya.

Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue akan dirilis pada tanggal 4 Desember untuk PlayStation 4. Sedangkan Kingdom Hearts III akan dirilis untuk PlayStation 4 dan Xbox One, tetapi tanggal rilisnya masih penuh misteri.

Sumber: Gematsu (1, 2, 3)