Resmikan Judul, ‘The Legend of Zelda: Breath of the Wild’ Pamerkan Banyak Gameplay

June 16, 2016 7:00 pm
Resmikan Judul, ‘The Legend of Zelda: Breath of the Wild’ Pamerkan Banyak Gameplay

Dalam E3 2016, Nintendo akhirnya meresmikan judul The Legend of Zelda terbaru yang akan hadir di Wii U dan konsol terbaru Nintendo yang memiliki kode nama NX. “The Legend of Zelda: Breath of the Wild” menghancurkan berbagai tradisi seri Zelda dan menghadirkan dunia yang benar-benar bebas.

Cerita akan dimulai ketika Link bangun di suatu tempat setelah mendengar suara misterius. Setelah keluar dari Shrine of the Resurrection, kalian akan bisa bebas mengelilingi dunia Breath of the Wind. Link akan bisa melakukan banyak aksi seperti memanjat menara, tebing, dan lainnya, mengumpulkan berbagai barang, hingga memasak.

Sesuai dengan judulnya, Breath of the Wind akan menghadirkan dunia yang liar. Kalian harus mengumpulkan berbagai makanan untuk menyembuhkan health, harus bertahan hidup dari suhu yang sangat rendah atau sangat tinggi dengan berbagai cara dan masih banyak lainnya. Yang menjadi sorotan utama dari game Zelda terbaru ini adalah kebebasan dan juga physics. Semua benda dalam Breath of the Wild memiliki physics dan bisa mempengaruhi dunia sekitarnya.

Contohnya adalah kalian akan bisa mendorong batu besar dan batunya akan menggelinding ke bawah sesuai dengan hukum fisika. Contoh lainnya adalah kalian bisa membakar rumput dan apinya akan menyebar sesuai dengan arah angin. Api juga akan bisa membuat updraft yang akan menolong kalian ketika menggunakan paraglider, dan masih banyak lainnya.

Berikut adalah detil-detil yang diungkapkan Nintendo mengenai gameplay-nya:

Shrine of Trial

Akan ada lebih dari 100 Shrine yang bisa pemain temukan. Bahkan, mencari lokasi Shrine bisa menjadi puzzle juga. Shrine menawarkan tantangan yang sederhana dan bisa diselesaikan dengan berbagai cara. Demi mendapatkan Spirit Orb dari biksu yang mendesain tantangannya, kalian harus bisa menyelesaikan tantangan yang diberikan.

Rune

Ketika menjelajahi Shrine, kalian akan mendapatkan Rune. Contoh Rune adalah Magnesis Rune yang bisa membuat Link mengangkat benda metal. Remote Bomb terdiri dari dua macam: bentuk bulat yang bisa bergelinding dan yang berbentuk kotak yang bisa diam di satu tempat. Stasis Rune bisa menghentikan obyek sementara, sedangkan Cryonis dapat membekukan air dan membuat pilar es yang bisa dinaiki.

Weapon & Combat

Game ini menghadirkan banyak variasi senjata dan banyak senjata yang baru. Kalian harus mencari senjata-senjata ini atau merebut dari musuh, tetapi senjata memiliki durabilitas. Kalian juga akan bisa melakukan manuver serangan atau menghidar dengan timing yang tepat untuk memperlambat waktu dan melakukan serangan beruntun.

Food

Menghancurkan tradisi Zelda lagi, sekarang kalian tidak mendapatkan health dan rupee dengan mudah hanya dengan memotong rumput. Link akan bisa mencari berbagai makanan dari lingkungan sekitar seperti apel dan jamur. Link juga bisa berburu makanan. Makanan yang tidak dimasak akan menyembuhkan health sedikit saja, tetapi apabila dimasak dan mencampurkan bahannya, kalian akan mendapatkan masakan yang memberikan efek yang berbeda seperti tahan terhadap suhu panas atau dingin dalam waktu terbatas.

Climate

Dari area penuh salju hingga padang pasir yang panas, Link harus mengenakan pakaian yang sesuai dengan kondisi areanya. Jika Link harus tetap hangat, dia harus mengenakan pakaian yang tebal, menyalakan obor, atau memakan makanan dengan efek yang sesuai. Link juga harus berhati-hati pada saat badai petir. Jika Link mengenakan equipment bahan metal, dia bisa kena sambaran petir.

Amiibo

Seri amiibo baru khusus untuk game ini ada tiga macam yaitu Link dengan busur (Archer), Link naik kuda (Rider), dan Guardian yang dilengkapi dengan bagian yang fleksibel. Masih belum diketahui apa fitur yang dihadirkan oleh ketiga amiibo ini.

Nintendo juga mengungkapkan bagaimana amiibo Wolf Link dari The Legend of Zelda: Twilight Princess HD terhubung dengan game ini. Ketika kalian menyentuh amiibo Wolf Link ke Wii U GamePad, Wolf Link akan menemani petualangan kalian. Awalnya Wolf Link hanya memiliki 3 hati, tetapi kalian bisa menambahkannya dengan menyelesaikan Cave of Shadow dari Twilight Princess HD. Wolf Link hanya bisa dipanggil sekali saja setiap harinya dan akan menghilang ketika HP-nya habis.

The Legend of Zelda: Breath of the Wild akan rilis pada tahun 2017 untuk Wii U dan NX.

Sumber: Gematsu (1, 2)