‘Final Fantasy XV’ Pamerkan kota Altissia & Regalia Type-F

June 18, 2016 19:00
‘Final Fantasy XV’ Pamerkan kota Altissia & Regalia Type-F

Dalam presentasi di E3 2016, Square Enix telah merilis info terbaru mengenai kota Altissia dan Regalia Type-F dalam “Final Fantasy XV.” Selain itu, Square Enix juga melakukan sesi tanya-jawab antar fans dan sutradara Hajime Tabata di akhir sesi livestream khusus E3 2016.

Yang pertama diperlihatkan adalah Altissia, kota yang dikelilingi air dan didesain berdasarkan kota Venesia di Italia. Kalian akan bisa mengelilingi kotanya dengan menggunakan gondola, digambar oleh artis jalanan, mencari pertarungan yang tersembunyi, mengambil quest, dan mengunjungi colosseum.

Setelah itu, Square Enix memperlihatkan modifikasi Type-F untuk Regalia, mobil yang kalian gunakan untuk transportasi. Modifikasi Type-F mengubah Regalia menjadi mobil yang bisa terbang. Hal ini hanya bisa kalian lakukan ketika sudah mendekati akhir game, tetapi akan ada area yang hanya bisa dicapai menggunakan Type-F. Karena mobilnya terbang secara realistis, Square Enix juga ingin proses mendaratnya realistis. Kalian akan mendapatkan komplain dari anggota party ketika mendaratnya tidak mulus.

Untuk sesi tanya jawabnya, Hajime Tabata menjawab 16 pertanyaan. Berikut adalah isi sesinya:

Apakah ada opsi untuk mematikan HUD untuk menghadirkan pengalaman bermain yang lebih immersive?

Ada opsi tersebut. Pemain mungkin ingin mengambil screenshot ketika bermain, jadi kami menghadirkan opsi tersebut.

Apakah akan ada camera mode, theater mode, atau colosseum mode?

Camera mode: Ya. Fans mungkin tahu bahwa Prompto selalu mengambil foto, tetapi kalian juga akan bisa mengambil foto sendiri. Prompto akan semakin pintar mengambil foto secara perlahan-lahan, tetapi apabila kalian tidak ingin menunggunya, kalian akan bisa mengambil fotonya sendiri.

Theater mode: Tidak. Terlalu banyak yang harus ditangani, seperti waktu loading.

Pertanyaan colosseum mungkin karena melihat video Altissia. Ada mini-game dalam colosseum di Altissia. Ini bukan colosseum mode yang kalian masuk dan bertarung melawan musuh, tetapi akan ada battle colosseum pertarungan antar monster, dan kalian bisa ikut berpartisipasi dengan cara bertaruh pada monster mana yang akan menang.

Jadi dengan adanya colosseum mode ini memungkinkan kami untuk, mungkin setelah game-nya rilis, melakukan hal tambahan. Selama 3 hari di E3 ini kami mendapatkan banyak pertanyaan soal DLC dan rencana setelah game-nya rilis, jadi kami sedang mempertimbangkannya.

final-fantasy-xv-altissia-1

Apakah akan ada opsi untuk mengatur jarak kamera?

Untuk saat ini tidak ada. Saat ini kameranya bergerak secara otomatis, tergantung pada situasinya (jika kalian dekat musuh atau jauh dari musuh). Kami menggunakan waktu sebanyak mungkin untuk mengatur kontrol kameranya, tetapi kami nantinya akan harus menentukan apakah pemain bisa mengendalikan kameranya atau tidak.

Karena Final Fantasy XV memiliki sistem pertarungan berbasis action, bagaimana strateginya masuk ke sistem pertarungan, terutama pada saat bertarung melawan boss? Apakah akan menjadi mudah apabila level karakter terlalu tinggi?

Jika level kalian sudah cukup tinggi, kalian akan bisa membunuh lawan dalam satu serangan. Menurut saya, itu bukan aspek negatif dari naik level. Salah satu aspek dari RPG yang saya rasa banyak orang nikmati adalah untuk menghadapi musuh atau boss yang sulit, jadi kalian mulai grinding untuk meningkatkan level dan pada saat bertarung melawan musuhnya, kalian akan bisa mengalahkannya dengan mudah, saya rasa orang-orang menikmati hal tersebut. Saya pribadi menikmatinya. Tetapi dalam game ini, salah satu cara kalian bisa menikmati hal tersebut adalah ketika menghadapi boss yang lebih kuat, kalian bisa melawannya dengan teknik kalian atau dengan skill. Bagi kalian yang tidak ingin level karakter terlalu tinggi atau ingin membatasi level kalian, akan ada item yang bisa membantu kalian. Item ini didesain khusus untuk pemain yang ingin menamatkan game-nya dengan level rendah.

Mengenai UI terbaru, saya lebih suka UI dari Episode Duscae. Kontrolnya lebih terasa intuitif untuk defend dengan menggunakan LB/L1, dan juga RB/R1 untuk lock-on ke musuh secara manual. Apakah akan ada berbagai layout kontrol yang bisa kita pilih?

Desain UI akan diubah sekali lagi. Saat ini kami sedang mengerjakan fungsionalitas dan estetika dari UI-nya. Mengenai kondisi pengerjaan saat ini, proses pengerajan UI dan elemen NPC belum sejauh hal lainnya, jadi saat ini kami menggunakan beberapa placeholder untuk hal yang belum ditetapkan. Mengenai layout kontrol, kami menyiapkan layout normal dan layout dari Episode Duscae, dan kami mungkin akan menghadirkan layout ketiga. Tetapi pemain akan bisa memilih antar dua layout ini kapan saja. Sudah banyak pemain yang terbiasa dengan kontrol Episode Duscae, jadi kami ingin memberikan opsi tersebut ke mereka.

final-fantasy-xv-altissia-2

Adegan terakhir dari trailer E3 itu di bagian mana game-nya? Pakaian yang dikenakan Noctis dan kawan-kawan terlihat seperti pakaian yang dikenakan oleh glaive dalam Kingsglaive.

Adegan terakhir di trailer berada di bagian akhir perjalanan kalian setelah kembali ke Insomnia. Dan anda benar mengenai pakaian untuk glaive. Keempat karakternya mengenakan pakaian yang dikenakan glaive dalam Kingsglaive, tetapi tidak akan menjelaskannya kenapa karena akan menjadi spoiler.

Apakah area Shinjuku adalah kota yang bisa dijelajahi dalam game-nya?

Insomnia bukanlah kota yang bisa dijelajahi dalam game ini, tetapi berupa arena pertarungan. Bukan hanya di depan balai kota yang kita perlihatkan saja, tetapi area yang jauh lebih luas. Ini bukan kota yang bisa dijelajahi secara maksimal seperti Altissia, tetapi lokasi pertarungan. Kalian akan mengerti setelah menonton Kingsglaive.

Durasi permainannya berapa lama? Selain cerita utama, apakah akan ada banyak side quest?

Untuk menyelesaikan cerita utamanya, kami memperkirakan sekitar 40-50 jam. Tetapi akan ada banyak side quest dan hal lainnya. Untuk itu saja, waktu permainannya menjadi lebih dari 100 jam. Jadi total durasinya lebih dari 200 jam jika kalian menyelesaikan seluruhnya. Fans sudah lama menunggu, jadi kami ingin ada banyak hal yang bisa mereka nikmati.

Apakah game-nya akan memiliki frame rate yang stabil dan peningkatan anti-aliasing di game versi ritel? Optimasi apa saja yang dilakukan untuk memaksimalkan kualitas visual sambil mempertahankan frame rate?

Sulit untuk memberi jawaban yang pasti untuk versi ritelnya karena kami masih melakukan optimasi, tetapi kami bisa memberikan spesifikasi dari demo E3. Ada sedikit perbedaan antara versi Xbox One dan PS4.

Untuk demo E3 di Xbox One, resolusi dinamisnya berubah antara 800p dan 900p, biasanya lebih dekat 900p dan frame rate konstan 30 fps. Jadi demo-nya berjalan lebih stabil dan lebih bagus dari Episode Duscae dan Platinum Demo. Kadang-kadang frame rate akan turun ke 26-27 fps, biasanya pada saat menentukan aksi teman, tetapi tidak akan menganggu pengalaman bermain. Karena kami bisa mencapai kualitas ini di demo E3, kami cukup positif akan versi ritel akhirnya.

Untuk demo E3 di PS4, resolusi dinamisnya berubah antara 900p dan 1080p. Sebagian besar, demo-nya berjalan di 1080p dengan frame rate 30 fps. Kadang-kadang frame rate-nya akan turun, sama seperti demo di Xbox One, karena GPU-nya tidak bisa memproses apa yang terjadi di layar dengan cepat, tetapi sebagian besar game-nya di 30 fps. Tetapi kami akan terus mengoptimalkan game-nya selama mungkin.

final-fantasy-xv-altissia-5

Apakah kecepatan berjalan dan durasi berlari akan naik seiring karakter naik level? Meski sudah ada Chocobo dan Regalia, saya rasa hal tersebut akan berguna mengingat field-nya sangat besar.

Untuk memperjelas, ada perbedaan antara kecepatan jalan normal dan pada saat lari. Berjalan tidak menggunakan stamina, tetapi berlari menggunakan stamina. Durasi stamina akan dipengaruhi oleh apa yang kalian makan di camp. Hal ini sama seperti dengan di Episode Duscae. Level kalian tidak akan berpengaruh. Di demo E3, kalian bisa terus melihat stamina bar, tetapi dalam versi ritelnya, kalian akan bisa mematikan stamina bar agar tidak terlihat. Kami ingin memberi pemain pilihan, bermain sambil mengetahui kapan stamina akan habis, atau bermain tanpa ada gangguan di layar.

Sekarang lagu “Stand by Me” sudah menjadi lagu tema resmi, apa yang terjadi dengan lagu “Somnus?” Apakah game-nya akan memiliki elemen tragedi seperti di Versus XIII?

“Stand by Me” sudah menjadi lagu tema, tetapi “Somnus” tetap ada dalam game ini dan digunakan dengan penting. Mengenai pertanyaan kedua, akan ada adegan serius, adegan tragedi, dan kami membuat ceritanya agar pantas menjadi entri terbaru Final Fantasy. Ceritanya akan memiliki berbagai elemen yang bisa dinikmati banyak orang. Game ini tidak menghadirkan cerita road trip yang menyenangkan.

Berapa banyak Astral (summon) dalam game ini, dan bagaimana mereka akan terhubung dengan ceritanya? Apakah mereka adalah guardian untuk negara-negara tertentu?

Mengenai jumlahnya, kami tidak harus mengatakan jumlah pastinya. Astral jumlahnya tidak banyak, dan angka kecil. Beberapa fans mungkin merasa jumlah Astral-nya kurang memuaskan, tetapi kami membuat masing-masing Astral penuh dampak agar pemain bisa merasa memiliki relasi dengan mereka pada saat game-nya berakhir. Sepanjang cerita, Noctis harus meminjam kekuatan Astral, jadi seiring ceritanya berjalan, Noctis harus bertarung melawan mereka. Akan ada juga Astral lainnya, contohnya Carbuncle dari Platinum Demo. Jadi daripada berfokus pada jumlahnya, kami ingin orang-orang fokus pada kepribadian para Astral. Astral bukanlah guardian untuk negara tertentu, tetapi guardian untuk seluruh dunia.

Dalam Episode Dusace, satu-satunya cara untuk memanggil Astral adalah dalam kondisi kritikal. Apakah game-nya nanti juga sama?

Kondisi untuk memanggil Astral tidak hanya 1 cara saja. Ada Astral yang bisa dipanggil ketika Noctis dalam keadaan berbahaya, ada juga yang bisa dipanggil ketika karakter-karakter kawan dalam bahaya. Tentu ada juga Astral yang bisa dipanggil di luar 2 kondisi tersebut. Masing-masing Astral memiliki kepribadian, jadi aksi mereka akan bervariasi. Contohnya, Leviathan tidak bisa dipanggil apabila tidak ada air di sekitar kalian. Atau ketika kalian dalam dungeon dan memanggil Ramuh, dia tidak bisa menggunakan sihirnya di dalam dungeon, jadi dia akan melemparkan tongkatnya dari jauh.

Apakah Airstep Sword, Engine Sword, dan senjata lainnya dari Versus XIII tetap ada dalam game ini?

Airstep Sword sudah tersedia dalam game versi sekarang. Engine Sword juga akan tetap bertahan di game ini dan memiliki fungsi spesial. Nama resminya adalah Engine Sword.

Apakah ada rencana untuk DLC? Saya penasaran mengenai konten cerita dan kostum tambahan.

Mungkin karena kami sudah mengumumkan tanggal rilisnya, tetapi selama E3 ini kami mendapatkan banyak pertanyaan mengenai DLC. Saat ini kami sudah mulai membereskan rencana DLC, dan konsep kami untuk seluruh DLC kami adalah memastikan fans yang membeli game-nya merasa puas sudah membeli game-nya. Untuk rencana DLC, ada banyak hal yang saya sudah tidak sabar untuk bagikan ke fans, tetapi saat ini bukanlah saat yang tepat untuk mengungkapkan detilnya.

Akan ada konten cerita tambahan, kostum, dan juga berbagai hal yang tidak masuk kategori itu. Saya tahu kami memperlihatkan demo PlayStation VR di E3 dan kami berencana untuk merilisnya sebagai DLC. Tetapi tentu saat ini kami fokus agar bisa merilis game-nya pada tanggal 30 September, jadi prioritas kami ada di sana. Hanya beberapa tim inti saja yang mengerjakan DLC-nya.

Apakah kalian bisa mengubah kelakukan anggota party pada saat bertarung?

Kelakuan anggota party di pertarungan bergantung pada senjata yang kalian gunakan dan ability yang kalian pasang. Senjata yang kalian gunakan akan mempengaruhi aksi mereka, sedangkan ability yang sudah kalian miliki akan mempengaruhi AI anggota party.

Untuk ability pemain, dengan menekan LB/L1, UI di kiri bawah layar, yang biasanya menampilkan senjata, akan berubah jadi memilih ability dari anggota party. Dan dari situ, kalian akan bisa memilih ability untuk masing-masing anggota party. Akan ada cooldown timer untuk ability ini, jadi kalian harus menunggu dulu setelah menggunakannya.

Ada juga ability dan aksi otomatis yang anggota party lakukan, jadi apa yang kalian miliki pada saat tertentu akan mempengaruhi bagaimana mereka menggunakan apa yang mereka miliki. Kami sudah memperlihatkan bagaimana penggunaan magic, tetapi anggota party juga bisa menggunakan magic sebagai item yang digunakan. Saya rasa kami sudah mendapatkan keseimbangan yang bagus. Noctis adalah tokoh utamanya, tetapi dengan bisa memberi perintah ke anggota party, kalian akan merasa mengendalikan seluruh anggota party.

Final Fantasy XV akan dirilis pada tanggal 30 September untuk PlayStation 4 dan Xbox One.

Sumber: Gematsu (1, 2)