Gaya Berpakaian Otaku Menjadi Sebuah Tren di Antara Remaja Wanita Jepang

June 21, 2016 6:00 pm
Gaya Berpakaian Otaku Menjadi Sebuah Tren di Antara Remaja Wanita Jepang

Apakah kamu pernah berpikir kalau gaya berpakaian otaku hanya boleh dipakai oleh sesama otaku lain saja? Apakah menurutmu gaya tersebut sangat tidak menarik sehingga tidak ada orang yang ingin berpakaian seperti itu? Mungkin ya, tapi mungkin juga tidak. Karena sejak tahun lalu, sebuah tren berpakaian dengan nama “ヲタクコーデ,” atau “otaku coordinate” menjadi satu hal yang nyata.

Seperti namanya, gaya berpakaian ini sangat kental dengan bau otaku, terutama gambaran otaku yang selama ini beredar di Akihabara. Otaku yang biasa kamu lihat di seri-seri anime dengan pernak-pernik mereka seperti bandana, kemeja kotak-kotak culun, kacamata, dan tas penuh merchandise anime. Baru-baru ini, remaja wanita Jepang mulai mencoba untuk bergaya seperti itu dan pergi bersama teman-temannya.

JOI - fashion otaku wanita (2)

Mahasiswi berusia 19 tahun, Kazuki Kaki, diwawancara saat berbelanja baju di toko diskon di daerah Shinjuku pada akhir bulan lalu. Dia berkata, “Itu adalah gaya yang unik dan tidak banyak terlihat, secara pribadi aku rasa memang tidak menarik. Tapi menyenangkan untuk menjadi tidak fashionable sekali-kali.”

JOI - fashion otaku wanita (3) JOI - fashion otaku wanita (4)

Kamu dapat melihat lebih banyak contoh para remaja wanita dengan gaya tersebut dengan mencari hashtag #ヲタクコーデ di Twitter dan Instagram.

Harapan saya sekarang hanyalah bila mereka semua ‘dikupas’, isinya akan mirip dengan Saori dari Oreimo.

JOI - fashion otaku wanita (5)

Sumber: ANN