Generasi Muda Terlalu Banyak Pakai Smartphone? Mungkin Tidak Juga

June 23, 2016 8:00 pm
Generasi Muda Terlalu Banyak Pakai Smartphone? Mungkin Tidak Juga

Di zaman modern ini, smartphone telah menjadi salah satu alat yang tidak terpisahkan dari hidup masing-masing penggunanya. Kenyamanan memiliki komputer kecil seukuran genggaman tangan yang terhubung ke internet dan dapat digunakan di mana-mana selama sinyal sampai membuat banyak orang tidak bisa lepas darinya. Apalagi generasi muda yang melek teknologi dan selalu ingin up-to-date dengan perkembangan dunia sekitarnya.

Namun bagi para orang tua, kata-kata “Anak jaman sekarang ini kerjanya main handphone saja!” sepertinya bukan kata yang asing. Saya pun kadang merasa anak-anak zaman sekarang lebih sering menggunakan iPad atau smartphone mereka untuk bermain. Sepertinya mereka sudah tidak lagi mengindahkan permainan fisik seperti yang dilakukan semasa saya kecil.

Namun seorang pengguna Twitter @jetsetloo berpendapat lain, menurutnya orang-orang bukannya menjadi kecanduan smartphone, hanya saja kini smartphone berhasil menjadi pengganti berbagai macam benda yang ada di jaman dulu. Menurutnya smartphone bisa menggantikan GameBoy, VCR, kalkulator, kamera, TV, dan masih banyak lagi. Tweet tersebut cukup populer bahkan sampai di-retweet oleh 19 ribu orang saat artikel ini ditulis.


“‘Anak muda zaman sekarang menghabiskan banyak waktunya memainkan smartphone.’ Aku rasa mereka yang berpikir seperti ini sebenarnya salah. Yang terjadi itu seharusnya seperti ini kan?.”

Ada juga orang yang mengunggah sebuah perbandingan visual bagaimana orang-orang zaman dulu sepertinya kecanduan dengan koran dan tidak berbeda dengan mereka yang menggunakan smartphone. Walaupun ada juga generasi muda yang masih bertahan dengan keitai mereka dan memiliki tahun 2016 yang lebih variatif.



Memang, tidak semua orang menggunakan smartphone semaksimal mungkin, saya pun lebih sering menggunakannya untuk memutar gacha dibandingkan memutar musik. Karena saya punya player lain untuk musik yang lebih baik. Tapi tidak bisa disangkal pula kalau smartphone memiliki semua yang dapat mengganti kebutuhan seseorang beberapa dekade lalu. That’s just how convenient it is.

Bagaimana cara kamu menggunakan smartphone kamu?

sumber: Rocketnews
gambar: Pixiv