‘Final Fantasy XV’ Ungkap Detil Alur Permainan & Sistem Pertarungan

June 25, 2016 10:13
‘Final Fantasy XV’ Ungkap Detil Alur Permainan & Sistem Pertarungan

Square Enix telah mengungkapkan detil terbaru mengenai “Final Fantasy XV” yang menjelaskan alur game-nya dan juga sistem pertarungannya.

Tidak perlu lama-lama, berikut adalah detil-detilnya:

Titan & Niflheim Army Battle (Bisa Dimainkan di E3 2016)

Dalam dunia Final Fantasy XV, ada makhluk raksasa yang dikenal sebagai “Astral.” Dengan membuktikan kemampuan kalian kepada mereka, Astral akan meminjamkan kekuatannya kepada kalian ketika bertarung.

final-fantasy-xv-battle-2

Astral Titan, yang membawa batu besar di punggungnya, hidup dengan tenang. Tetapi pasukan Niflheim berniat untuk membunuhnya menggunakan kekuatan militer mereka. Noctis dan kawan-kawan langsung terjun ke pertarungan antara pasukan Niflheim dan Titan yang mengamuk. Jika mereka bisa membuktikan kekuatan mereka, Titan akan meminjamkan kekuatannya.

Game Flow

1. Ambil Quest

Pergi ke area yang ditujukan di peta.

final-fantasy-xv-battle-3

2. Jalankan Quest

Dengan menjalankan quest utama, ceritanya akan maju.

final-fantasy-xv-battle-4

3. Ambil Jalan Memutar

Meski mengikuti jalan cerita tidak ada masalah, ada banyak sub-quest dan misi mengalahkan monster. Kalian akan bebas memainkan game-nya.

final-fantasy-xv-battle-5

4. Berkemah dan Naik Level

Dalam dunia Final Fantasy XV, waktu dan cuaca akan berubah secara real time. Karena malam hari berbahaya, kalian harus berkemah setelah matahari terbenam. Ketika berkemah, kalian akan bisa melihat experience point yang kalian kumpulkan di siang hari dan naik level.

final-fantasy-xv-battle-6

5. Memasak untuk Mendapatkan Keunggulan di Pertarungan

Kalian akan mendapatkan buff dengan memakan makanan yang dimasak Ignis ketika berkemah. Efek yang diberikan bervariasi tergantung pada makanannya.

final-fantasy-xv-battle-7

6. Berjalan dengan Berbagai Cara

Ada banyak cara berjalan di dunia Final Fantasy XV yang luas, seperti jalan kaki, mobil, chocobo, perahu, dan masih banyak lainnya.

final-fantasy-xv-battle-8

Pertarungan / Shift

Keluarga kerajaan Lucis memiliki kemampuan Shift yang memungkinan mereka bisa warp. Meski kemampuan ini bisa digunakan secara bebas di pertarungan, warp memakan MP.

Map Shift

Ketika bertarung, kalian bisa melempar senjata dan langsung Shift ke tempat senjatanya. Tempat yang bisa dikunjungi dengan Shift ditandai dengan icon, dan Shift bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan satu tombol saja. Kalian bisa menggunakan Shift untuk berlindung di tempat tinggi demi memulihkan HP dan MP.

final-fantasy-xv-battle-9

Shift Break

Kalian juga bisa Shift untuk menyerang musuh yang sudah ditarget.

final-fantasy-xv-battle-10

Pertarungan / Assault

Kalian bisa otomatis menyerang musuh hanya dengan menahan 1 tombol saja. Pertarungan akan semakin cepat ketika kalian menukar senjata secara real time.

Assault

Tekan dan tahan tombol serang untuk menyerang.

Weapon Summon

Kalian bisa mengatur berbagai senjata sebelum pertarungan yang bisa digunakan dan ditukar ketika bertarung.

D-Pad Weapon Switch

Ada banyak senjata di Final Fantasy XV. Kalian bisa menukar senjata secara instan, sesuai dengan musuh dan kondisi pertarungan. Ada juga senjata misterius yang belum diungkapkan.

Pertarungan / Tipe Senjata

One-handed Sword

Senjata dengan serangan yang cepat cocok untuk menyerang musuh secara berantai. Pedang ini sangat mudah untuk digunakan.

final-fantasy-xv-battle-11

Great Sword

Pedang besar yang sangat berat. Gerakannya lambat karena ukurannya, tetapi bisa membantai banyak musuh dalam sekali tebas dan menyebabkan damage yang besar.

final-fantasy-xv-battle-12

Daggers

Gunakan dagger di masing-masing tangan untuk menyerang musuh dengan cepat. Meski serangan daggers lebih lemah, gerakan kalian akan menjadi lebih cepat.

final-fantasy-xv-battle-13

Spear

Menyerang musuh dengan tombak yang panjang. Serangan Shift Break dengan tombak akan membuat kalian merasa menjadi Dragoon.

final-fantasy-xv-battle-14

Shield

Perisai bisa digunakan sambil menggunakan one-handed sword. Dengan menggunakan perisai dan menangkis serangan musuh, kalian akan bisa menghancurkan kuda-kuda lawan.

final-fantasy-xv-battle-15

Magic

Serangan magic, seperti Fire, dianggap sebagai senjata dalam Final Fantasy XV. Dengan melempar senjata magic berbentuk bola ke musuh, magic-nya akan aktif.

final-fantasy-xv-battle-16

Phantom Sword / Shuriken

Kalian bisa menggunakan shuriken besar yang harus digunakan oleh kedua tangan. Kalian bisa menggunakan senjata ini untuk menyerang musuh dari jauh, tetapi serangannya menggunakan MP.

final-fantasy-xv-battle-17

Pertarungan / Guard Mode dan Dodge Roll

Kalian akan otomatis menangkis hanya dengan menekan dan menahan 1 tombol.

Guard

Ketika menahan tombol menangkis, kalian akan otomatis masuk ke Guard Mode. Kalian tetap akan menerima damage ketika menangkis serangan yang kuat.

final-fantasy-xv-battle-18

Evasion

Jika sudah mendapatkan kemampuan Evade, kalian akan otomatis menghindari serangan musuh pada saat Guard Mode aktif, tetapi memakan MP. Apabila kalian menghindari serangan musuh dengan timing yang pas, kalian bisa menghindari serangannya tanpa memakan MP dan mengaktifkan Just Guard.

final-fantasy-xv-battle-19

Dodge Roll

Dengan menekan tombol menangkis dengan cepat, kalian akan melakukan dodge roll untuk menghindari serangan musuh.

final-fantasy-xv-battle-20

Pertarungan / Parry

Ketika kalian berhasil menangkis serangan musuh, tanda untuk melakukan parry akan langsung muncul. Dengan mengaktifkan parry di timing yang tepat, kalian akan bisa melakukan serangan counter yang kuat.

final-fantasy-xv-battle-21

Pertarungan / Link

Bergantung pada situasi, kalian akan bisa melakukan serangan kooperatif Link bersama kawan.

Link Attack

Dengan melakukan parry dan parry counter, Link Attack juga bisa diaktifkan. Ada berbagai kondisi yang diperlukan untuk mengaktifkan Link Attack.

final-fantasy-xv-battle-22

Back Link Attack

Ketika kalian berhasil menyerang musuh dari belakang, yang damage-nya 1,5 kali lipat dari serangan bisa, kalian akan bisa mengaktifkan Back Attack Link bersama karakter kawan untuk damage yang lebih besar.

Final Fantasy XV akan dirilis pada tanggal 30 September untuk PlayStation 4 dan Xbox One.

Sumber: Gematsu

Sorry. No data so far.